Kamis, 02 Mei 2013

PREDIKSI LANJUTAN PILKADA MAMASA PERTARUNGAN SENGIT DALAM DUA PUTARAN

Opini Oleh : MUHAMMAD NUR ( OKT ) - MAMUJU


 Pasangan Rudy - Hapri Foto : BBM
Mamuju 2 April 2013 Pilkada Mamasa yang akan digelar pada awal Juni 2013 sebagaimana yang Saya tulis di Warta Warga Sulbar sebelumnya di Prediksi akan berlangsung dalam 2 putaran ini prediksi Saya berdasarkan hasil pengamatan dan penelusuran dari berbagai imformasi yang relevan ada 7 pasang kandidat yang maju untuk memperebutkan kursi 01 dan 02 di Pucuk Pemerintahan Kabupaten Mamasa.

Persyaratan setiap pasangan calon yang akan memenangkan pertarungan dalam satu putaran harus meraup 30 pct plus 1 dari jumlah suara yang sah, banyaknya pasangan yang ikut bertarung  ( 7 pasangan ) kandidat membuat persyaratan 30 pct yang harus diraih  untuk menang dalam satu putaran Pilkada Mamasa menjadi lebih sulit , sehingga nanti akan berlangsung alot dan sengit, bagaimana sengitnya kita lihat saja nanti ? Saya telah memprediksi sebelumnya bahwa 2 pasangan kandidat Pa Ramlan Badawi dan Pa Rudiyanto akan bertarung habis habisan di putaran kedua bila pasangan ini masih tetap konsisten memaentenance massa pendukung dan simpatisan .
Dan tentu prediksi ini tidak menutup kemungkinan ada kandidat lain yang berhasil menyodok bila calon yang diunggulkan lalai dalam menjaga elektabilitas. 

Karena Saya bukan Ilmuwan juga bukan pula paranormal yang punya keakhlian meramal masa depan mereka, hanya dengan berbekal pengamatan dan pengalaman disetiap Pilkada yang pernah ada Saya punya prediksi kalau bahasa jadulnya  tebak tebak buah manggis kalau ketebak jangan meringis, prediksi Saya sebagaimana yang telah Saya sebutkan pada alinea pertama akan berlangsung dalam 2 putaran boleh percaya boleh tidak dalam 2 putaran.

Membuat prediksi bukan berspekulasi akan tetapi atas dasar analisa sederhana sangat sederhana sehingga anak SD juga bisa membaca dan mengerti maksud Saya seperti ini :
  1. Tidak adanya kandidat yang terlalu menonjol dari yang lain, 3 teratas berdasarkan Survey sebelum ditetapkan sebagai calon Pa Ramlan Badawi, Mantan Bupati Obednego dan Rudiyanto dengan pasangannya masing masing mendapat penilaian dan ekspektasi masyarakat cukup tinggi pada awalnya namun setelah ditetapkannya 7 pasangan yang pasti ikut bertarung di Pilkada Oleh KPU kemungkinan suara masyarakat menjadi terbagi 7 dengan begitu Kekuatan mereka akan terbagi disemua kandidat sehingg relatif sama, tidak ada yang terlalu hebat dan terlalu lemah.
  2. Setiap pasangan kandidat tentu sudah menguasai basis massa yang ada di daerah kelahirannya jauh hari sebelumnya sebagai lumbung untuk meraup suara, dan  untuk lebih memperkokoh elektabilitas dan popularitas, diakhir akhir masa  kampanye semua kandidat  akan  mengoptimalkan dengan bekerja keras melibatkan semua unsur Tim Sukses, Partai Pendukung, pemuka agama dan Pemuka masyarakat  untuk menelusup kesetiap penjuru Negeri diatas awan bergerilya kedaerah daerah basis lawan dan daerah yang netral menjual nilai visi dan misi serta janji janji yang akan dipenuhi bila nanti terpilih jadi Bupati/Wakil Bupati Mamasa. 
  3. Kalau demikian maka sulit rasanya setiap calon  untuk merauf suara yang signifikan karena semua calon sudah memiliki basis massa yang fanatik.
  4. Pertarungan Pilkada adalah Pertarungan Gengsi dan harga diri, Tahta dan Harta  untuk itu setiap pasangan  kandidat akan berjuang  mempertaruhkan harta demi martabat dan harga diri di Tanah Sendiri, apalagi 7 pasangan dalam Pilkada Mamasa mayoritas adalah Penduduk Asli yang berasal dari Tanah Kondo Sapata Kabupaten Mamasa, sehingga perolehan suara akan terbagi dan kecil kemungkinan dapat mencapai ambang batas yang ditentukan.
Saya juga berpendapat bahwa Pilkada  Mamasa akan berlangsung LUBER, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia ( jujur dan  sportif ) , suara suara rakyat yang mencoblos dengan  tulus pilihannya tidak akan dipolitisasi, diutak atik , di goreng hingga garing  di PPK atau KPU, sehingga suara yang telah disampaikan dan diumumkan  di TPS akan berbeda dengan hasil rekapan di KPU seperti yang pernah terjadi dibeberapa daerah lain  untuk memenangkan salah satu kandidat. Kerja maksimal semua unsur terkait dan pihak pengamanan akan membuahkan Pilkada bersih dan Jujur.di Mamasa nanti.

Pilkada Jujur akan membuahkan Pemimpin yang amanah, Pemimpin yang cerdas dan berkharisma yang akan berjuang untuk mencerdaskan kehidupan Rakyatnya bukan Pemimpin yang arogan yang hanya memetingkan diri sendiri dan koleganya

Keyakinan Saya tentang Pilkada  yang jujur tanpa masalah di Mamasa sangat beralasan bila mencermati  5 Pilkada di Sulbar sebelumnya yang berjalan aman dan terkendali walau ada sedikit riak riak kecil tapi tak sampai ada perselisihan yang mendalam yang mengakibatkan rusaknya sendi sendi kebersamaan dan keutuhan masyarakat Sulbar, Semoga Damai selalu menyelimuti Masyarakat Mamasa  Damai di  hati , Damai dibumi, dan Damailah  diakhirat Nanti, AMIN.***

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar