Rabu, 01 Mei 2013

HARI INI WILLEM ALEXANDER RESMI JADI RAJA SETELAH 120 TAHUN BELANDA DIPERINTAH OLEH RATU



Raja Belanda Willem Alexander dan Keluarga ( foto : www.sunstar.com.ph )

Willem-Alexander Claus George Ferdinand yang  lahir di Utrecht 27 April 1967 adalah Putra Mahkota )( Putra Pertama )  pasangan Putri Beatrix ( Mantan Ratu Belanda ) dengan Claus Von Amsberg dari Kerajaan Belanda yang terdiri dari Belanda, Curacao, Aruba dan Sint Marten, Beliau ini adalah Pemimpin dari Wangsa Amsberg.

Hari ini Selasa tanggal 30 April 2013 Pangeran Willem Alexander resmi dilantik menggantikan Ibundanya Putri Beatrix ( 75 Tahun ) setelah Ratu  memerintah Negeri Kincir Angin  selama 33 Tahun, Putri Beatrix dilantik jadi Ratu Belanda pada 30 April 1980 menggantikan Ibundanya Putri Yuliana bertepatan dengan itu Willem Alexander resmi menjadi Putra Mahkota ( Pangeran Oranye ).

Selama 33 Tahun Pangeran Willem  menanti saat penting itu tiba lulusan sejarah di Universitas Leiden ini menekuni berbagai ragam profesi sebagai Anggota Dewan Kehormatan dari Komisi Dunia tentang Air untuk Abad ke-21 dan pendukung Kemitraan Air Global Bank Dunia, sebagai Ketua Dewan Penasihat Sekretaris Jenderal PBB tentang Air dan Sanitasi pada tanggal 12 Desember 2006, sebagai Anggota, sebagai dewan tertinggi pemerintahan Belanda yang diketuai oleh ibunya, Ratu Beatrix. Pangeran Willem Alexander juga ,  memegang komisi di Angkatan Darat Belanda (sebagai brigadir), Angkatan Laut (sebagai komandan) dan Angkatan Udara (sebagai komodor),  diantara tugas-tugas lainnya.

Pangeran Willem Alexander ( 46 Tahun )  menikahi Maxima Zorrequeita Cerruti ( 42 Tahun ) keturunan Argentina dan Spanyol  pada tanggal 2 Pebruari 2002 dan resmi menjadi Ratu Belanda mendampingi Raja Willem Alexander hari ini selasa 30 April 2013 saat suaminya resmi menjadi Raja Belanda.

Dari perkawinan Raja Willem Alexander dan Ratu Maxima lahir 3 Orang Putri masing-masing Putri Mahkota Oranye Catarina Amalia Beatrix Carmen Victoria lahir 7 Desember 2003 yang sejak 30 April 2013 resmi menjadi Pewaris tahta kerajaan Belanda selanjutnya, kemudian Putri kedua Putri Alexia Juliana Marcella Laurentien lahir pada tanggal 26 Juni 2005, dan yang ketiga Putri Ariane Wilehelmina Maxima yang lahir pada 10 April 2007.

Pangeran Willem Alexander adalah Raja pertama sejak 120 Tahun  Kerajaan  Belanda selama itu dipimpin oleh seorang ratu, Puitri Beatrix dalam pernyataannya di TV mengatakan bahwa ” Raja Wiilem Alexander sangat mampu untuk memimpin kerajaan Belanda kedepan, dan mengatakan Dirinya ingin pensiun, setelah pensiun jadi Ratu Belanda Beliau bergelar Putri Beatrix.

Dalam agenda pertama menjalankan tugasnya sebagai Raja Willem Alexander akan menggunakan kapal pesiar melewati sungai untuk menemui masyarakatnya, Selamat untuk paduka Raja baru Belanda Yang Mulia  Raja Willem Alexander ***

Dari berbagai sumber terpercaya**

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar