Jumat, 27 September 2013

KENALI PROFIL SINGKAT BAPAK JENDRAL ( PURN ) PRAMONO EDHIE WIBOWO

 Dihimpun oleh : Muhammad Nur Inno
Pa Pramono Edhie ( foto : news.liputan6.com )

JENDRAL PURNAWIRAWAN PRAMONO EDIE WIBOWO

Nama lengkap : Pramono Edie Wibowo,
Alias   : Pa Pramono Edhie,
Tempat/tanggal lahir : Magelang Jawa Tengah, Kamis 5 Mei 1955,
Zodiac : Taurus
Pendidikan :
1. Akademi Angkatan Bersenjata RI ( 1980 ),
2. Sesko Angkatan Darat 1995,
3. Sesko TNI 2001
Profesi : Politisi Partai Demokrat ( Dewan Pembina )
Kewarganegaraan : Indonesia, Suku Jawa,
Nama Ayah : Jenderal ( Purn )  Sarwo Edhie Wibowo,
Nama Ibu :
Nama Istri : Kiki Gayatri Soepono,
Anak-Anak : Ayu Ratna Pratiwi, Yusuf Putra Pramono,
Saudara:Hj.  Ani Yudhoyono.

BIOGRAFI SINGKAT ( KUTIPAN DARI PROFIL MERDEKA.COM )


Pramono Edhie Wibowo adalah seorang Jenderal Purnawirawan ) Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI) dengan jabatan terakhur KASAD . Tentu saja, gelar yang didapat oleh Pramono tidak melalui proses dan perjuangan yang ringan. Apabila menilik latar belakang keluarga Pramono, maka bisa dibilang bahwa Pramono terinspirasi oleh ayahnya, yaitu Letjen Purnawirawan Sarwo Edhie Wibowo; Sang Panglima Kopashanda yang punya  andil dalam penumpasan G 30 S PKI.

Alumni AKABRI pada tahun1980, ( lulusan terbaik Akabri Tahun 1980 )  setamatnya dari AKABRI  Pa Pramono ditunjuk sebagai Komandan Pleton Grup I Kopassandha. Berkat prestasinya , karir  Pa  Pramono berkembang. Pada tahun 1984, setelah menjadi perwira Operasi grp I Kopassandha pada tahun 1981, lalu ditugaskan sebagai Komandan Kompi 112/11 grup I Kopassandha.

Pada tahun 1995,  Pa Pramono ditugasi untuk mengikuti  Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Sesko AD). Setelah selesai  kemudian Pa  Pramono menjabat sebagai Perwira Intel Operasi grup I Kopassus. tak lama setelah itu Pa, Pramono diberi tanggung jawab sebagai wakil Komandan Operasi grup I Kopassus pada tahun 1996, dan terpilih menjadi Komandan Operasi grup I Kopasus pada tahun 1998.

Pa Pramono Edhie pernah mengemban tugas sebagai Ajudan Presiden RI di masa Ibu Megawati Soekarno Putri, namun tak lama setelah itu pada tahun yang sama 2001  Pa Pramonoditugasi menempuh Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), setelah selesai kemudian diangkat sebagai Perwira Tinggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Sesko TNI 2004.

 Karier Pa Pramono terus melejit pada tahun 2005  Beliau menjabat Wakil Danjen Kopassus , 2 tahun kemudian ditahun 2007 mendapat tugas baru sebagai Kasdam IV/ Diponegoro, 2 tahun setelah itu tepatnya 2008 hingga tahun 2009 Pa Pramono menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI AD, pada tahun 2009  Beliau diangkat sebagai Pangdam III Siliwangi, kemudian Panglima Kostrad..

Pada tahun 2011 Beliau dipercayakan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan pensiun dengan pangkat jenderal pada bulan Mei 2013.mengamati perjalanan karier Beliau yang tanpa cacat dengan deretan pengalaman yang menakjubkan maka sangat pantas Bila Pa Pramono Edhie dicalonkan oleh Partai Demokrat sebagai salah satu Calon Presiden yang diusung Partai Demokrat dalam Pilpres 2014 yang akan datang, Bravo Pa Pramono semoga sehat and sukses selalu ***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar