Kamis, 19 September 2013

BIOGRAFI ISRAN NOOR KETUA APKASI BUPATI KUTAI TIMUR SEBAGAI JURKAM NAIB-KAMIL DI PILKADA POLMAN

Dihimpun Oleh : MUHAMMAD NUR INNO
Pa Isran Noor Bupati Kutai Timur Kalimantan Timur ( foto sumber kaltim.tribunnews.com )

Kampanye Pilkada Polman 2013 tinggal menghitung jam karena sesuai rencana akan digelar mulai tanggal 20 September 2013 hingga tanggal 4 Oktober 2013, dipastikan semua kandidat telah mempersiapkan jurus kampanye, menyusun daftar serta juru kampanye yang akan tampil berorasi didepan massa pendukungn para simpatisan dan masyarakat Polman baik dalam  kampanye akbar  kampanye terbuka maupun dalam kampanye dialogis.

Pasangan No. Urut 2 ( dua ) NAIB-KAMIL  yang didukung Partai Demokrat, PDP akan menampilkan 3 Orang Tokoh  Jurkam andalan dari Internal Partai Demokrat yang berbobot Nasional dari luar Daerah Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) 2011-2015  Bupati Kutai Timur Isran Noor  yang pernah dijuluiki oleh Media sebagai kepala daerah yang paling berani di era otonomi daerah.  Selanjutnya Tokoh masyarakat Sulbar anggora DPR RI Bapak Mayor Jenderal Purnawirawan TNI Salim S Mengga dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat Bupati Mamuju H.SUHARDI DUKA, MM.

Dua dari tiga Tokoh yang Saya sebutkan diatas sudah sangat dekat dengan masyarakat Sulbar menyebut nama Pa SDK atau Pa Salim Mengga hampir seluruh penduduk yang bediam di jazirah tanah mandar sudah mengenal Beliau, kecuali Pa Isran Noor  yang saat ini menjabat Ketua APKASI dan Bupati Kutai Timur, walau namanya sudah kerap menjadi bahan perbincangan antara Bupati dan Media namun masyarakat Sulbar masih banyak yang belum mengenal Beliau, untuk itu saya sengaja menampilkan ptofil singkat Beliau sebelum tampil di depan Anda sebagai Jurkam pasangan NAIB - KAMIL di Kampanye Pilkada Polman 2013, berikut ini  ( Dikutip dari isrannoor.otoda.com ) :

NAMA :  Ir. H. Irsan Noor, M.Si,
Tempat/ tanggal lahir : Sangkuriang 20 September 1957 ( Saat kampanye Pilkada Polman di mulai tanggal 20 September 2013 Beliau sedang berulang tahun yang ke- 56 Tahun ),  Warta Warga Sulbar sekaligus menyampaikan selamat Milad yang ke-56 Tahun  Allah senantiasa memberi kesehatan dan kesuksesan. Amin. )






Alamat : Bukit Pelangi, Perumahan
Pemerintahan, Kab. Kutai Timur
Pekerjaan : Bupati Kutai Timur
Ketua DPD Partai Demokrat
Kalimantan Timur
Istri : Noerbaiti
Anak : M. Rahman Isran (Rais)
S. Rahmawati Isran (Rahmi)
S. Annissa Isran (Anis)


Pendidikan :
2003 - S2, Jur. Komunikasi Pembangunan, Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.
1981 - S1, Jur. Sosial Ekonomi Pertanian, Universitas Mulawarman, Samarinda.
1976 - SMA I Samarinda
1972 - SMP JPS Sangkulirang
1970 - SDN I Sangkulirang

Pengalaman Organisasi :
Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Se Indonesia (ICMI) Daerah Wilayah KALTIM
1996 - 2000, Sekretaris Harian Brunei-Indonesia-Malaysia-The Phillipines East Asean Growth Area (BIMP-EAGA)
1986 - 2000, Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) Provinsi Kaltim
1991 - 1992, Anggota Pengurus KOSGORO Kaltim
1979 - 1980, Anggota Pengurus Badang Koordinasi Kemahasiswaan (BKK) UNMUL
1978 - 1979, Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fakultas Pertanian UNMUL

Riwayat Pekerjaan :
PPS Provinsi 1981-1995 (Golongan III/a - IV-a)
Kepala Bidang Usaha Pertanian 1996 - 2000 (Gol IV/b) Ass. Ekbang Kutai Timur 2001 - Juli 2004 (Gol IV/c)
Jerman - Belajar (18 Bulan) Sponsor Pemerintah Perancis
Jepang - Pelatihan Perencanaan (3 Bulan) Sponsor GTZ Filipina - Lokakarya (15 hari)
Filipina - Pertemuan BIMP-EAGA (7 Hari) Sponsor Pemda Kaltim
Northern Territory - Promosi Dagang / Expo Darwin (5 Hari) Sponsor Pemda Kaltim
Filipina - Road Show Invetasi (7 Hari) Sponsor Pemda Kaltim

Penguasaan Bahasa :
Bahasa Inggris (Aktif)
Bahasa Perancis (Aktif)
Bahasa Jerman (Aktif).


Ada beberapa hal yang perlu diketahui dari sosok Bupati Kutai Timur yang pernah digadang-gadang untuk menjadi salah satu calon peserta Komvensi Partai Demokrat 2013, sebuah ter
obosan sebagai Kepala Daerah otonomi membeli kapal patroli untuk kemudian diserahkan kepada TNI AL sebagai armada patroli di perairan Kutai Timur dan sekitarnya. Awalnya mengundang kontroversi, termasuk dari kalangan TNI AL sendiri. Namun setelah Isran menjelaskannya langsung, semua pihak terkait akhirnya mendukungnya.

Isran menggagas bantuan untuk TKI yang tertimpa kasus hukum di luar negeri, terutama hukuman berat seperti hukuman mati. APKASI  memberikan sumbangan Rp5 miliar untuk advokasi TKI yang tengah menghadapi hukuman berat.

Isran juga berani mengkritik Pemerintah Pusat terkait keberadaan Undang-undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara yang dianggapnya belum menguntungkan daerah.
Banyak gebrakan yang telah dilakukan oleh Pa Irsan Noor namun tak mungkinlah Saya tuliskan dalam perkenalan singkat ini namanya Biografi Sungkat tidak mungkin dibuat panjang, harapan Saya Semoga bermanfaat ***

 
Dari berbagai sumber yang sangat terpercaya ***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar