Rabu, 05 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis " Bag (4)Pemerintahan Liberal dengan Sistem Humanis


13545528001848580824
Foto : Facebook
Hari ketiga di Kanada,  setelah 2 hari mengikuti diskusi dilanjutkan dengan acara study lapangan di hari ketiga mengunjungi Sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA, dan  di hari keempat peserta program mengunjungi Rumah Sakit dan pengeloloaan air mimun, hari kelima Pa SDK dan rombongan peserta program Mission study Public berkunjung ke Kantor Walikota dan obyek Public Privat Partnership.( ruang khusus bagi masyarakat untuk bersosialisasi menjalin kebersamaan ).

Setelah selesai melakukan kunjungan lapangan menurut Pa SDK  ada beberapa kesimpulan awal yang bisa ditarik dari program ini yaitu bahwa Pemerintah Kanada adalah Negara yang sangat protektif ( melindungi ) terhadap sistim pendidikan mereka, Pemerintahannya Liberal namun sistem yang dibagun justru adalah sistem humanis ( kemanusiaan ).

Campur tangan Pemerintahnya sangat besar, anak pada usia 4 tahun masuk ke TK proses pembelajaran di tingkat TK hanya menanamkan nilai, pengembangan otak, sentuhan seni dan cara bekerjasama menjadi pokok pembelajaran pada tingkat TK.

Pada tingkat Sekolah lanjutan atas siswa-siswi mulai diajarkan untuk bagaimana cara untuk bisa dan menghargai kemandirian dan Profesi untuk pilihan masa depan mereka, setiap provinsi menentukan sendiri kurikulum yang artinya setiap provinsi mempunyai kurikulum sendiri, tidak berlaku secara Nasional untuk provinsi Nova Scotia dan Provinsi Toronto misalnya terdapat perbedaan walau tidak terlalu menyolok.

Di Provinsi Nova Scotia mulai dari elementary ( sekolah dasar ) hingga High School ( Sekolah menengah ) pendidikan Gratis bagi semua murid dan siswa biaya pendidikan ditanggung oleh Pemerintah Kota dan Daerah  dengan subsidi dari Pemerintah Federal ( Pusat )   adapaun keberadaan sekolah Swasta di Provinsi ini tidak berkembang dengan baik. Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa Undang-Undang  yang mengatur Pendidikan di buat di Provinsi karena otonomi daerah ada di Provinsi bukan di Kota atau kabupaten.

135470010993314196
Siswa-siswi Sekolah Lanjutan di Nova Scotia ( Foto : ucdsb.on.ca )

Perlu diketahui bahwa Rasio antara Guru dan murid sangat baik untuk setiap kelas hanya terdapat 25 murid atau siswa, sedang 5 orang setiap kelas untuk TK, sebagaimana disebutkan bahwa semua tingkatan mulai dari sekolah dasar sampai kesekolah menengah gratis biayanya diambil dari pajak adapun jenis pajak untuk pembiayaan pendidikan adalah Panajak Tanah dan rumah ( Indonesia PBB ).

Menurut Pa SDK Gaji untuk guru S1 dengan masa kerja 7 tahun mencapai USD 50.000/ Tahun ( kalau di kurs dengan rupiah saat ini USD 1 = Rp. 9.563,- ) berarti gaji seorang guru pendidikan S1 dengan masa kerja 7 tahun bisa mencapai Rp.478.150.000,- ( hampir setengah M ) . sedang Untuk Guru dengan pendidikan S2  gajinya mencapai  USD 60.000/ Tahun  .( sekitar lebih dari setengah Milyar Rupiah ), bagi mereka yang masa kerjanya lebih dari 10 Tahun USD 80.000,- bayangkan sekitar  800 Juta Rupiah.itu dalam satu tahun, untuk satu bulan mereka bisa mendapatkan gaji sebesar 52 Juta Rupiah setiap bulannya.

Pemerintah tak akan rugi menggaji Guru mereka sangat disiplin dan menyadari bahwa masa depan Kanada ada ditangan mereka, di Kanada Profesi Guru dianggap  sangat mulia dan dihormati, kita bisa bercermin dari Kanada masaalah kedisiplinan dan penghormatan pada profesi Guru karena tanpa Guru kita bukan siapa-siapa, tapi dalam soal gaji kita segenap masyarakat harus  bekerja keras saling membantu untuk meningkatkan pajak pendapatan demi  mengejar ketinggalan kita dengan Kanada, dengan persatuan dan kesatuan diiringi kerja keras Insya Allah semua mimpi bisa digapai***

BERSAMBUNG.....


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar