Minggu, 02 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis Bagian (2) Rumah Sakit.

Disusun Oleh : MUHAMMAD NUR OKT
1354415770969413801
Bupati Mamuju Bapak Drs.H.Suhardi Duka,MM di salah satu kamar rumah sakit Bridge Water.
Bridge Water ( Jembatan dan tentu Saja Air ) kemungkinan besar Nama Kota di Nova Scotia diberi nama Bridge Water karena  dibelah oleh Sungai Lehave ( Water ) dimana wilayah Barat dan Timur dihubungkan oleh 2 jembatan ( Bridge ) itu perkiraan Saja dengan menyimpulkannya dari bukti-bukit yang ada.

RUMAH SAKIT DI NOVA SCOTIA.

Dari Catatan yang dikirimkan Oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat, Bupati Mamuju Bapak Drs. Suhardi Duka, MM ( Pa' SDK )  tertanggal 26 Nopember 2012 dari Nova Scotia Kanada beliau menuliskan Tentang Pelayanan Publik dalam tajuknya " Bayar Pajak Adil, Layanan Publik Juga Adil ".

Setelah pada Bagian (1) tulisan ini Pa SDK menceritrakan tentang Tenaga Media ( Perawat, Bidan ) dan Dokter maka pada bagian (2) yang merupakan satu rangkaian dari Bagian (1) secara bersambung ini Pa SDK menyampaikan tentang Rumah Sakit Di Bridge water Nova Scotia  menurut Beliau " Umumnya Rumah Sakit Di Kanada memiliki SOP ( standard operating prosedure ) yang sama ditentukan oleh Pemerintah Federal ( Pusat ) dan Pemerintah Lokal ( Daerah ), di Nova Scotia sebuah Rumah sakit mempunyai kelas ( ruang perawatan ) yang sama untuk semua orang, dengan memberlakukan standard pelayanan yang ketat  tak ada Ruangan  khusus ( Ruangan Kelas I,II atau III ) bagi pasien kelas bawah atau ruangan VIP, VVIP  bagi golongan menengah dan High Class di Negeri dimana Perdana Menteri memerintah.

Intinya pelayanan yang sama untuk setiap Orang pasien yang datang ke Rumah Sakit untuk berobat samarata sama-sama rasa tak ada perbedaan dalam pelayanan dilayani oleh Dokter, perawat dan bidan serta kamar yang sama, tak ada obat generik bagi orang kurang mampu atau obat patent bagi mereka yang berduit semua gratis  ( Adil Namanya )".

Pa SDK mengungkapkan ada tanya yang mungkin  muncul dibenak pembaca, apakah Kanada menganut sistem Liberal, mengingat pelayanan publik-nya yang adil dan samarata ? Jawabannya Tentu Saja Liberal karena Kanada adalah Negera yang menganut sistim liberal.

13545541631292291314

                       
Salah Satu Hotel di Nova Scotia Kanada( Foto From Google )

Pertanyaan kembali muncul ketika mengetahui bahwa Pelayanan Publik itu menganut paham samarasa semua memperoleh kesempatan dan pelayanan yang sama adil dan merata, mengapa bisa begitu ?
Ya..karena dalam membayar pajak juga adil dan pastinya merata untuk setiap Warga Negara.

Masyarakat Kanada sadar betul bagaimana pemtignya arti pajak bahwa bila mereka membayar pajak tepat waktu  dengan baik dan lancar maka akan mendapatkan pelayanan yang baik, tapi bila mereka tak membayar pajak niscaya mereka tak akan memperoleh pelayanan hal ini berlaku tentu untuk setiap Warga Negara  tanpa perbedaan tanpa pandang bulu.

Bagi Masyarakat Nova Scotia Kanada kewajiban membayar Pajak berkisar antara 20 sampai 30 pct setiap tahun berdasarkan tingkat penghasilan setiap warganya. Bagi kita di Indonesia presentasi yang diberlakukan untuk pejak penghasilan di Nova Scotia sangat tinggi,  dengan memotong 20 pct hingga 30 pct penghasilan, dengan asumsi atau contoh berikut ini " Bila Gaji seorang PNS Guru berinisial A hanya sekitar Rp. 2.000.000,- lalu dipotong untuk pajak sebesar 20 pct yang berarti 1/5 x Rp. 2.000.000,- = Rp. 400.000,- maka sisa yang akan diterima Oleh PNS Guru Berinisial A perbulan hanya Rp. 1.600.000,-( dalam catatan beliau menggunakan USD ).
1354596072930691311
     Lokasi Dalhousie Nova Scotia (  foto : otago.ac.nz )


Bagi Warga Negara Kanada yang sudah sejahtera potongan pajak sekitar 20% sampai dengan 30% bukanlah masalah dan wajar-wajat saja itu karena tingkat kesadaran mereka akan dampak yang akan diterima berupa pelayanan prima dari Pemerintah yang dananya bersumber dari pembayaran pajak. Public Servis ( Pelayanan maksimal ) yang didapatkan oleh Masyarakat mulai dari pelayanan standard air bersih sampai pada proteksi ( pencegahan )  terhadap komsumsi memiliki standard kesehatan yang tinggi. Masyarakat tentu tidak sia-sia membayar pajak tinggi.

Ada beberapa penggal kata dari catatan Pa SDK yang kami robah dan tambahi karena catatan Beliau sangat Ilmiah untuk komsumsi Majalah atau Media Cetak sedang kami menggunakan kata-kata yang sesuai dan cocok  untuk Blog.

BIDANG PEMERINTAHAN...

BERSAMBUNG.................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar