Rabu, 05 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Sekilas kOTA HALIFAX dalam Mission Study Public Servis "

13546723891815815562
Halifax Nova Scotia
novascotiatravel.ca

Sesungguhnya tulisan mengenai sekilas tentang Mission Study Public Servis diposting dibagian pertama tapi karena hanya selintas,  maka penulis menaruhnya dibagian ini sebagai selingan yang perlu diketahui dari  program menurut Pa SDK dalam catatannya bahwa " Mission Study Public Servis "  adalah kerjasama antara Indonesia dan Kanada, merupakan upaya kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Dalam Negeri dengan tujuan Peningkatan Pelayanan Public dan Demokrasi di Indonesia, Program kerja sama ini di pimpin oleh Pejabat eselon I dari Kementrian Dalam Negeri RI Dr. Saut Situmorang. 

13546716571763015934
 Ibukota Provinsi Nova Scotia Halifax
thewestinnovascotian.com)

Para Peserta Bupati dari 5 Kabupaten yang turut dalam Program Study Public ini diajak untuk dapat mengetahui sekaligus agar dapat mengimplementasikan kebijakan public yang sesuai dan dapat diterapkan,  yang dilihat, didengar dan dirasakan selama di Kanada dengan fokus pada sektor Kesehatan dan pendidikan ( dua sektor ini merupakan sektor yang sejak dari dulu menjadi atensi Bupati Mamuju Pa Drs. Suhardi Duka ).

Menurut Pa SDK dalam misi study Public Servis para peserta diperlihatkan bagaimana Kanada mengelola air dengan standard minimal, Pemerintah Lokal ( Daerah ) bekerja sama dengan Pemerinrah Federal ( Pusat ) dengan melibtakan swasta yang didukung oleh masyarakat.

Program ini bertujuan agar para peserta mendapatkan imformasi yang bisa di analisa dengan tujuan  dapat membuat kebijakan sesuai dengan kondisi Daerah masing-masing. Pada intinya Program  agar  Hak masyarakat dapat terpenuhi secara berkelanjutan dapat menjamin kehidupan yang lebih baik dengan sistim layanan yang mendunia.

13546729871795384047
 Halifax foto : isabelleweidemann-project-geo.blogspot.com

Daerah  pertama yang menjadi sasaran Progran Mission Study Public adalah Provinsi Nova Scotia yang beribukota Di Halifax  dengan penduduk lebih dari 400.000 jiwa, rombongan Study Public Servis tiba di Kota Halifax pada Senin 19 Nopember 2012, dan pada hari itu juga acara dibuka oleh Menteri Kerjasama antara Kota Provinsi Nova Scotia ( Kadis Provinsi ) yang dilanjutkan dengan acara diskusi dengan pejabat dari Dinas Ksehatan dan Pendidikan , Badan Pengelolaan Air minum,  badan pengawasan pelyanan public, beberapa orang Guru besar dari Universitas Dalhaousie acara diskusi ini berlangsung  selama 2 hari.

Dalam diskusi ini secara bergantian para Bupati yang ikut dalam program ini mempresentasikan kondisi daerah dan Pelayanan Public-Nya. Dan Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka diberi kesempatan Pertama untuk melakukan Presentasi ) seperti apa yang telah penulis posting sebelumnya.

Artikel terkait : Souvenir From Kanada

BERSAMBUNG............


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar