Kamis, 06 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " MANA YANG BISA DILAKSANAKAN DI MAMUJU ??!

13547941311704690824
Pa SDK sedang melakukan Presentasi di Universitas Dalhaousie Nova Scotia ( foto : Facebook )

Dari wikipedia  penulis mengetahui bahwa " Nova Scotia adalah sebuah Provinsi di Kanada letaknya di pesisir Timur dengan Ibukota Halifax, berpenduduk  kurang dari satu juta orang, Provinsi Nova Scotia mempunyai tempat-tempat wisata yang terkenal di dunia tersebar di berbagai kota dan pulau  yang meliputi pantai, lembah, wisata bawah laut dan wisata kuliner ".

Halifax memiliki tempat wisata kuliner dan wisata kota yang cukup indah. Di kota ini tersedia beragam masakan internasional dan tempat-tempat bersejarah di Amerika Utara dan yang paling mengasikkan kalau anda datang  ke sebuah Pulau bernama  Cape preton merupakan pulau yang memiliki garis pantai terpanjang di kanada. Beberapa objek wisata di pulau ini,  Benteng Louisbourg, biola terbesar di dunia dan rumah bagi trail cabot.

Ingin mengunjungi tempat lain yang mengasikkan datang ke Lunenberg ditempat ini ada situs yang telah ditetapkan Oleh Unesco sebagai situs warisan dunia. Tempat wisata di kota Lunenberg ini terdiri dari kota tua yang menggambarkan kehidupan kolonial mengembalikan imajinasi kita pada kehidupan dan tradisi pada jaman kolonial sekitar Tahun 1800-an yang lalu, mengasikkan bukan ?

13547946582050939269
Fortress Nova Scotia foto : tripadvisor.com


Inilah sekilas tentang Parawisata di Nova Scotia tempat dimana Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka dan rombongan melaksanakan Mission Study Public Servise selama 15 hari yaitu dari tanggal 19 Nopember 2012 s/d 2 Desember 2012. Siapa Tahu ada dari pembaca yang beruntung mendapatkan kesempatan berikutnya.

Dari  hasil mengikuti Program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Kanada Pa SDK memberikan gambaran tentang apa saja memungkinan bisa di Implementasikan di Daerah berikut kami susun dalam bentuk ringkasan dalam daftar agar dapat selesai dibaca dalam satu kali klik serta  memudahkan pembaca menyimaknya ( penjelasan akan penulis buat dalam satu bagian ) terpisah  :

  1. Menciptakan pelayanan yang adil dan baik bagi Warga Negara ( masyarakat ) yang telah membayar pajak dengan menunjukkan Kartu Tanda Pelunasan PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan ). Fasilitas rumah sakit perlu terus dibenahi, Tata cara dan kwalitas pelayanan perlu terus ditingkatkan, jumlah dokter dan dokter akhli, tenaga medis, obat-obatan dan sarana prasarana penunjang   juga harus sesui dengan standard umum pelayanan di rumah sakit sesuai type.
  2. Dibidang Pendidikan diperlukan penguatan Komite Sekolah untuk diikut sertakan dalam penyusunan Perencanaan Program di setiap Sekolah, dengan harapan Komite Sekolah dapat mengetahui besaran anggaran yang dikelola sekolah, karena mereka ikut dalam Penyusunan Program mereka dapat dengan mudah terlibat  untuk mengawasi serta ikut bertanggung jawab atas pelaksanaan anggaran.
  3. Dalam hal pengelolaan air minum dan kebersihan ( persampahan ), Listrik, Parkir,  Cleaning Servis dan angkutan umum  di urus oleh pihak Swasta dengan standard kinerja yang ditentukan oleh Pemerintah.
  4. Manajemen pengelolaan Anggaran baik di Institusi Pemerintah maupun Swasta menggunakan ukuran kinerja yang disebut dengan methode Coorporate Balance Coorvard ( CBC ) sistim pembukuan yang seimbang antara pengeluaran dan pemasukaan , methode ini dapat mengukur secara obyektif, efektif dan Efisien anggaran yang digunakan dalam kurun waktu tertentu di sebuah lembaga Pemerintah atau swasta, dengan menggunakan methode ini akan memperoleh hasil yang sangat terukur antara input ( masukan ) dan output ( keluaran ) hingga ke Outcome ( hasil akhir ). Dalam soal penggunaan CBC Pa SDK mengomentari bahwa " Bila output ( keluaran ) tidak nampak maka akan mengganggu keseimbangan ( sehingga mudah dideteksi dimana yang bermasalah ) dan akan berpengaruh pada output untuk mendapatkan masukan ( input ) berikutnya.

BERSAMBUNG......

2 komentar: