Kamis, 15 Agustus 2013

PREDIKSI PILKADA LUWU PERTARUNGAN KETAT BASMIN - SYUKUR VS CAKKA - AMRU DALAM SATU PUTARAN

EPISODE DUA
PREDIKSI OLEH : MUHAMMAD NUR ( INNO )


 Bupati dan Wakil Bupati Luwu Priode 2009-2014 Ir.H.Andi Mudzakkar dan Syukur Bija ( sumber Situs resmi Pemerintah Kabupaten Luwu ) masih akur.


Prediksi Saya Pilkada Luwu yang akan digelar pada 18 September 2013 sebagaimana yang Saya tulis di Warta Warga Sulbar sebelumnya, Saya Prediksi akan berlangsung dalam 1 putaran  prediksi Saya berdasarkan hasil pengamatan dan penelusuran dari berbagai imformasi yang relevan dari  3 pasang kandidat yang maju untuk memperebutkan kursi 01 dan 02 di Pucuk Pemerintahan Kabupaten Luwu.

Mari kita amati peta kekuatan dari tiga pasang Calon yang akan memperebutkan Puncak kepemimpinan di Tanah Luwu dari masyarakat Pemilih yang tinggal di 22 Kecamatan, 15 Kecamatan berada sebahagian besar di wilayah Selatan dan 7 Kecamatan yang diantarai oleh Kotamadya Palopo berada di Utara, unik memang karena Ibukota Kabupaten Luwu Belopa dengan 13 Kecamatan  terletak diselatan Kota Palopo ( Ibukota sebelumnya yang telah menjadi Daerah Otonomi sendiri ) sedang 7 Kecamatan Kabupaten Luwu berada di utara Kota Palopo yang berarti Wilayah Pemerintahan Kabupaten Luwu berada diantara Kota Madya Palopo.

Berikut Daftar Kecamatan di Kabupaten Luwu ( sumber portal resmi Pemerintah Kabupaten Luwu ) No urut 1 s/d 15 di wilayah Bagian Selatan 16 s/d 22 berada di bagian utara Ibukota Belopa.

  1. Kecamatan Larompong Selatan
  2. Kecamatan Larompong
  3. Kecamatan Suli
  4. Kecamatan Suli Barat
  5. Kecamatan Belopa
  6. Kecamatan Belopa Utara
  7. Kecamatan Bajo
  8. Kecamatan Bajo Barat
  9. Kecamatan Kamanre
  10. Kecamatan Ponrang Selatan
  11. Kecamatan Ponrang
  12. Kecamatan Bupon
  13. Kecamatan Bua
  14. Kecamatan Bastem
  15. Kecamatan Latimojong
  16. Kecamatan Walenrang==
  17. Kecamatan Walenrang Barat
  18. Kecamatan Walenrang Utara
  19. Kecamatan Walenrang Timur
  20. Kecamatan Lamasi
  21. Kecamatan Lamasi Timur
  22. Kecamatan Bastem Utara

Sebelum kita lanjut untuk menganalisa letak peta kekuatan para kandidat mungkin sebaiknya lebih dulu melihat profil sederhana ( penampilan ) tiga pasang kandidat secara singkat dan ringkas dari yang Saya tahu : 

  •  Ir. H. Andi Mudzakkar Bupati Petahana priode 2009 - 2014, Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Luwu, Putra pasangan Kahar Mudzakkar dengan Andi Halia, menyebut Nama Kahar Mudzakkar hampir sebahagian besar penduduk di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia mengenal Tokoh Pejuang yang kemudian menjadi Pemimpin DI/TII di Sulawesi Selatan, dengan begitu sebagai basis perjuangan dan tanah kelahiran Kahar di Daerah Selatan utamanya Kecamatan Bajo, Ponrang Selatan, Ponrang, Suli dan Larompong akan menjadi basis pemilih yang cukup signifikan bagi pasangan Nomor dua ini.
  • H.M. Basmin Mattayang Matan Bupati priode 2004-2009, Beliau ini adalah Putra asli yang berasal dari Palopo Selatan tepatnya di Desa Cilallang Kecamatan Kamanre tetangga Desa dengan saingan terdekatnya  Andi Mudzakkar ( Cakka ) pertarungan akan semakin seru karena kedua kandidat Calon Bupati ini berasal dari Selatan dengan basis massa yang sulit di identifikasi. Patut diketahui bahwa Ketua DPRD Kabupaten Luwu Hj. Hayarna Basmin, SH,MSi  ( Isteri dari Pa Basmin )  adalah Wakil Ketua DPC Partai Golkar yang mendukung Andi Mudzakkar melawan suaminya.
  • Kolonel Purnawirawan Basri Suli..........
Yang lebih unik lagi dari Pilkada Luwu kali ini bahwa ketiga Kandidat Calon Wakil Bupati berasal dari Daerah yang sama yaitu di bagian utara Ibukota Kabupaten Luwu, ditenggarai beberapa orang kandidat dalam Pilkada ini berasal dari satu rumpun.

Membuat prediksi bukanlah berspekulasi akan tetapi didasari atas analisa walau bentuknya sederhana dari sumber yang netral dan layak dipercaya, menggunakan kalimat yang sesederhana mungkin agar muda dipahami sekaligus dimengerti mulai dari segmen pembaca yang hanya bisa mengeja hingga masyarakat berpendidikan, prediksi Saya seperti ini :

  1. Diantara tiga pasang kandidat tidak terdapat kandidat yang sangat menonjol dua pasangan pertama dan kedua adalah mereka yang sudah populer dan mempunyai basis massa dimasing-masing wilayah sebagai Bupati dan Mantan Bupati , Dua teratas berdasarkan Survey yang diadakan jauh sebelum penetapan Peserta ( Kandidat ), misalnya hasil Survey  pada bulan Pebruari 2013 Oleh Lembaga Survey Celebes \Research Center ( CRC ) untuk elektabilitas, hasilnya mengejutkan Basmin Mattayang Mantan Bupati memperoleh 59,75 % sedang Elektabilitas Bupati Petahana Andi Mudzakkar hanya  26,25 %, sedang ketika dilakukan simulasi untuk 3 nama calon presentase yang diperoleh menjadi Basmin Mattayang memperoleh hasil tertinggi dengan prosentase 52,50 %, diurutan kedua Petahana Andi Mudzakkar dengan 24 % dan Syukur Bijak 12,25 %, untuk jelasnya BACA DISINI .
  2. Untuk saat sekarang ini menurut hemat Saya hasil survey tersebut belum bisa dijadikan indikator atau data untuk melakukan prediksi awal jelas sekali bahwa pada saat survey dilakukan belum ada kepastian yang mempunyai kekuatan hukum yang tetap siapa saja Kandidat dan pasangannya yang akan bertarung di Pilkada Luwu 2013, dapat diprediksi bahwa  Mantan Bupati Basri Mattayang dan Bupati Petahana Andi Mudzakkar dengan pasangannya masing masing saat ini akan mendapat penilaian dan ekspektasi masyarakat cukup tinggi setelah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Luwu sebagai pasangan yang pasti ikut bertarung di Pilkada, tidak menutup kemungkinan pula  suara masyarakat menjadi terbagi tiga di tiga pasangan dengan begitu Kekuatan mereka akan terbagi disemua kandidat sehingg relatif sama, tidak ada yang terlalu hebat dan terlalu lemah.
  3. Setiap pasangan kandidat tentu sudah menguasai basis massa yang ada di daerah kelahirannya jauh hari sebelumnya sebagai lumbung untuk meraup suara, dan  untuk lebih memperkokoh elektabilitas dan popularitas, diakhir akhir masa  kampanye semua kandidat  akan  mengoptimalkan dengan bekerja keras melibatkan semua unsur Tim Sukses, Partai Pendukung, pemuka agama dan Pemuka masyarakat  untuk menelusup kesetiap penjuru Tanah Sawerigading bergerilya kedaerah daerah basis lawan dan daerah yang netral menjual nilai visi dan misi serta janji janji yang akan dipenuhi bila nanti terpilih jadi Bupati/Wakil Bupati Luwu.
  4. Pertarungan Pilkada adalah Pertarungan Gengsi dan harga diri, Tahta dan Harta  untuk itu setiap pasangan  kandidat akan berjuang  mempertaruhkan harta demi martabat dan harga diri di Tanah Sendiri, apalagi 3 pasangan dalam Pilkada Luwu kali ini  adalah Putra asli terbaik yang berasal dari Tanah Luwu  Kabupaten Luwu, sehingga perolehan suara akan terbagi tiga, namun Calon Nomor urut satu dan nomor urut dua akan bertarung ketat dalam satu putaran.... artikel terkait DISINI.
Keyakinan Saya tentang Pilkada  yang jujur tanpa masalah di Luwu sangat beralasan bila mencermati masyarakatnya yang beretika, ramah tamah, terdidik dengan mengutamakan kekeluargaan dan musyawarah , mencintai perdamaian dan ketentraman Insya Allah semua proses dalam Pilkada 2013 akan berjalan aman terkendali,  walau ada sedikit riak riak kecil namanya Demokrasi dan kompetisi, tapi tak akan  sampai ada perselisihan yang mendalam yang mengakibatkan rusaknya sendi sendi kebersamaan dan keutuhan masyarakat LUWU, Semoga Damai selalu menyelimuti Masyarakat lUWU  Damai di  hati , Damai dibumi, dan Damailah  diakhirat Nanti, AMIN**   

Artikel terkait  Basmin atau Cakka Pemenang Pilkada Luwu 2013 
Siapa yang bakal keluar sebagai pemenang tunggu prediski selanjutnya... 

INSYA ALLAH SAYA KAN TULIS DALAM 5 BAGIAN SECARA BERSAMBUNG, akan terus di update dan di  edit untuk mencapai kesempurnaan dan keakuratan data netral( independen )  dari hasil turun langsung ke lapang, via telepon dan sms responden di Luwu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar