Kamis, 22 Agustus 2013

7 ALASAN MASYARAKAT MEMILIH KANDIDAT / CALEG !?

OPINI OLEH : MUHAMMAD NUR INNO-MAMUJU ( Di Ilhami Oleh Pesan-Pesan Pa SDK di Sapota )

 Ilustrasi Lapangan Upacaea Mamuju ( foto : Muhammad Nur )

Pemilu 2014 sudah semakin dekat, dan Pilkada di beberapa Daerah seperti Jawa Timur, Luwu, Makassar dan Polman sudah diambang pintu menuju hari H, pada moment-moment seperti ini masyarakat yang mempunyai Hak pilih akan menjatuhkan pilihnya pada Caleg atau kandidat  karena terdorong oleh motivasi yang kuat untuk memenangkan Tokoh atau kandidat idaman  , berikut 7 alasan  mengapa masyarakat ( Pemilih )  menjatuhkan Pilihannya pada seorang Kandidat atau Calon seperti berikut ini :
  1. Karena Calon  memiliki program yang mampu meyakinkan masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya pada mereka,
  2. Adanya rasa ketertarikan dan kepuasan terhadap calon kandidat. Dalam hal ini pemilih melihat kandidat tersebut mampu  memberikan harapan perubahan,  harapan itu bisa muncul karena kuatnya daya tarik ketokohan kandidat.
  3. Visi dan misi  Kandidat menurut mereka  pro Rakyat Visioner dan relistis.
  4. Tokoh atau  kandidat sangat  populer dimata mereka dibanding Calon lainnya,
  5.  Mereka memiliki hubungan kekeluargaan, atau hubungan emosional dengan Kandidat pilihannya, dibanding dengan Kandidat atau calon lainnya. Dalam hal ini hubungan emosional akan lebih berpengaruh bila dalam Pilkada atau Pemilu semua kandidat berasal dari daerah yang sama ( putra asli Daerah ).
  6. Tokoh atau kandidat  pro terhadap jender ( perempuan ).
  7. Karena ketertarikan mereka pada Tayangan Media ( promosi Kandidat/ Caleg melalui Media ) yang menyajikan hasl-hal yang positif terhadap Tokoh atau Kandidat, promosi ( iklan ) media  akan sangat berpengaruh terhadap kepopuleran dan elektabilitas Kandidat
Sahabat, teman-teman Pembaca itulah 7 ( tujuh ) alasan masyarakat Memilih Kandidat atau Calon  yang bisa Saya sumbangan untuk para Pembaca yang budiman  , bukan mengajari karena Saya bukan Ilmuwan, Guru,  bukan pula kandidat , ini menurut Saya yang bertolak dari pengamatan dan pengalaman, masih banyak pendapat lain yang mungkin jauh lebih kredibel dan meyakinkan silakan saja, sekedar sharing dan conection  ( berbagi dan terhubung melalui dunia maya ) ,  dan kalau oleh para pembaca dianggap tidak relevan dan tidak bermanfaat jangan disimpan dihati buang saja jauh dan lupakan.
agar tulisan ini bisa habis terbaca dalam sekali buka sebelum pembaca jenuh, penulis posting langsung pada subyek bukan dalan bentuk makalah, berharap semoga bermanfaat.***

1 komentar: