Sabtu, 24 Agustus 2013

MEMBACA HASIL SURVEY DALAM PERTARUNGAN AIM Benar VS NAIB-KA DI PILKADA POLMAN 8 OKTOBER 2013

 OPINI OLEH : MUHAMMAD NUR INNO-MAMUJU ( Di Ilhami Oleh Pesan-Pesan Pa SDK di Sapota )


 Ilustrasi foto :
platmerahonline.com

Hasil Survey yang diselenggarakan dari tanggal 18 s/d 22 Juli 2013  Oleh JSI ( Jaringan Suara Indonesia ) dengan melibatkan 440  Orang responden ( margion of eror 4,8 % ) , sayang Sekali rilis tidak menyebutkan  dengan menggunakan methode apa survey itu dilakuklan apakah kualitatif atau sample dengan pendalaman substansi pertanyaan,  riset,  atau dengan menggunakan metode diskusi mendalam dengan dipandu fasilitator atau bagaimana ? Siapa yang menyelenggarakan apakah pihak Independen atau survey pesanan salahsatu kandidat !? entahlah Saya pun tidak tahu.! yang pasti rilis hasil survey akan sangat menentukan elektabilitas kandidat yang hasil survey-Nya tinggi.

Sumber SindoNews.com edisi 31 Juli 2013  menyebutkan bahwa hasil survey JSI ( jaringan suara Indonesia ) menempatkan pasangan Bakal Calon Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar berpasangan dengan  M Natsir Rahmat (AIM Benar) merupakan kandidat terkuat elektabilitasnya diantara 7  calon, mari kita urut berdasarkan hasil perolehan masing-masing pasangan kandidat seperti ini yang diurut berdasarkan hasil perolehan suara paling tinggi : ( Pilkada Polman dalam satu Putaran ).
  1. ANDI IBRAHIM MASDAR - M. NATSIR RAHMAT ( AIM ) , memperoleh 57,9 %,
  2. NAJAMUDDIN IBRAHIM - ERFAN KAMIL ( NAIB - KA ) ditempat kedua dengan elektabilitas sekitar 14,6 %,
  3. MUH. ASRI ANAS - CHUDURIAH SAHABUDDIN  (MAA-CS) 8,4 persen
  4. M UJRIN  M YAMIN – HASAN BADO  (MMY-HB) 6,8 persen,
  5.  MUNARFA ATJO– ANDI BEBAS MANGGASALI (Mabes) 3,0 persen.
  6. Naharuddin – Abdi Manaf (Nahar MengABDI) meraih 1,4 persen,
  7. Andi Padly – Rahman Rasyak 1,1 persen,
  8. Suardi – Syaharuddin Haruna 0,0 persen.
***Sementara 5,7 % tidak menentukan sikap ( massa mengambang ) dan 4,8 % Margin of eror. **

Dengan hasil survey yang didakan oleh sebuah lembaga berdasarkan keilmuan ( dengan asumsi Independen dan kredibel )  pantaslah kalau Partai Pendukung AIM optimis Pilkada Polman akan berakhir dalam satu putaran, namun hal ini  masih mengganjal dalam alam  pikiran Saya terlalu pagi untuk membuat prediski memenangkan calon, adalah bahwa Survey dilakukan oleh JSI sekitar bulan Juli 2013,    dalam tenggang waktu yang singkat hanya 4 hari dari tanggal 18 - 22 Juli 2013 ( tak perlu Saya komentari lebih jauh ) sedang  Pilkada baru akan digelar pada bulan Oktober 2013 yang akan datang,  waktu 3 bulan bukanlah waktu yang pendek untuk mengejar ketertinggalan oleh  7 Calon Kandidat lainnya, kita tahu bahwa hampir semua kandidat adalah Putra asli Daerah Mandar yang tentu saja punya basis massa yang kuat di tanah kelahirannya. Waktu 3 bulan itu akan digunakan Oleh para Kandidat untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada merebut  perhatian dan empaty masyarakat untuk menjatuhkan pilihannya di Hari H Pilkada nanti. Sekedar berbagi pengalaman berikut ini Klik dan baca  " Ini 7 Alasan Masyarakat Memilih Kandidat di hari H Nanti "

Ada beberapa hal yang membuat saya perlu memutar otak untuk membuat Artikel tentang pengamatan sederhana akan Pilkada Polman 2013, bocoran yang Saya terima dari Pendukung NAIB - KA ( NAJAMUDDIN - ERFAN KAMIL ) berdasarkan hasil Survey yang diadakan oleh TimSes pasangan ini yang dilaksanakan hampir bersamaan waktunya dengan Survey JSI menyebutkan bahwa Pasangan NAIB - KA Hanya berselisih Tipis sekitar 3 % dengan pasangan AIM, namun Kubu NAIB - KA tak memberikan penjelasan  yang rinci soal itu dengan alasan masih akan terus bergerilya, bekerja dan bekerja keras hingga mencapai elektabilitas yang sangat signifikan  melampaui para Kandidat lainnya barulah diumumkan . Tak menutup kemungkinan 6 pasangan kandidat lainnya juga melakukan Survey yang sama mengenai elektabiltas dan kepopuleran yang hasilnya bisa juga menguntungkan mereka, siapa tahu ? sampai saat ini Saya belum dapat menemukan hasil Survey yang dirilis oleh 6 pasamg Kandidat  selain pasangan AIM dan NAIB-KA.

Kesulitan Saya dalam mengolah presepsi membuat prediksi di Blog Pribadi   adalah kurangnya imformasi yang akurat yang Saya terima dari para Kandidat atau Timses Kandidat baik data, foto atau fakta lapangan yang harus Saya cari sendiri padahal media ini telah tersebar, dibaca dan dibuka sekitar 30  ribu kali oleh para pembaca  terbanyak di Provinsi Sulawesi Barat dalam tenggang waktu rilis yang demikian singkat dan   bisa dijadikan ajang promosi dalam kampanye Pilkada dan Caleg, tugas Saya menulis untuk Sharing dan Conection ( berbagi dan terhubung melalui Media Online ).

PILKADA Polman  tinggal menghitung hari, karena sesuai rencana akan digelar pada tanggal 18 Oktober 2013 yang akan datang,  8 pasang kandidat yang akan bertarung memperebutkan Simpati dari  298.683 wajib pilih berdasarkan DPT ,  dalam Pilkada di Kabupaten Polman  Provinsi Sulawesi Barat tentu telah mempersiapkan diri dengan baik untuk maju dan berharap bisa memenangkan Kursi Orang No.1 di Tanah Mandar  tersebut.
Baca juga artikel terkait " Inilah 7 Pasang Kandidat yang akan bertarung di Pilkada Polman Oktober 2013 " 

Bersambung...... 

1 komentar: