Senin, 04 Januari 2016

LONGSOR NYARIS LUMPUHKAN LAYANAN AIR BERSIH WILAYAH SELATAN KOTA MAMUJU



Hujan deras yang mengguyur kota Mamuju Minggu tanggal 3 Januari 2016 sekitar jam 15.30 Sore hari menyebabkan tanah sepanjang 35 - 40 meter dari bibir jurang disekitar Instalasi Pengelolaan air Patiddi 2 berkapasitas 20 liter / detik di Desa Patiddi Kecamatan Simboro Longsor berat dan nyaris menyapu sarana dan prasarana bak penampungan dan Reservoir berkapasitas 300 M3 Air bersih yang tinggal sejengkal lagi dari bibir jurang yang mulai retak.

Direktur PDAM TM Mamuju Muh. Nur, Se yang ditemui di Ruang kantornya Jl. Kurungan Bassi Mamuju ( Senin 4 Januari 2016 mengatakan bahwa " Apabila hujan deras turun lagi berlarut larut seperti kemarin maka Kemungkinan Bangunan Serta Bak Penampungan Dan Reservoir IPA Patiddi II akan tersapu longsor karena tanah disekitar  bangunan itu sudah retak dan kalau itu terjadi berarti layanan Air bersih untuk Wilayah Selatan Kota Mamuju Kec. Simboro, meliputi Mutiara Gading dan Koromana akan terputus total " Ungkap Pa Muh. Nur, Se.

Perlu diketahui bahwa IPA Patiddi II dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Cipta Karya melalui Sistim Penyediaan Air Minum BPP SPAM Tahun 2011 untuk Hibah Pemda Kabupaten Mamuju untuk digunakan dan dipelihara dengan baik guna terselenggaranya pelayanan air bersih bagi msyarakat Mamuju.



"  Untuk menyelematkan IPA Patiddi berkapasitas 20 liter/ Detik dan sarana prasarana yang ada diatasnya dari Bahaya tanah Longsor yang setiap saat dapat melululantakkan bangunan bernilai Milyaran Rupiah itu solusinya adalah dengan membangun Talud atau dalam waktu dekat beronjong di Daerah Longsoran, gunanya menahan jatuhnya longsoran tanah diarea perbukitan dimana Bangunan IPA yang mulai retak itu berdiri. Domain Pihak yang berkompeten ( Pemilik )  dapat segera menindak lanjuti Pembuatan Talud atau Bronjong ,  jangan sampai kondisi ini dibiarkan berlarutlarut yang membuat kita kehilangan asset bernilai sangat tingngi " Ungkap Salah seorang Pemuka Masyarakat Pengguna Air Bersih di Mamuju berkomentar menanggapi masaalah Longsor Ipa Pattiddi II Serius.***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar