Rabu, 02 Januari 2013

REPUTASI PA SDK DAN ALIBI PENULIS

Opini Oleh : Muhammad Nur ( OKT  )_.


                                               Pa SDK ( Foto : Facebook )

Saya yakin para pembaca yang budiman lebih faham daripada penulis apa itu Reputasi dan apa itu alibi ?  namun sebagai pembuka Sebelum memulai penulisan Artikel ini Saya akan menyampaikan secuil dari apa yang Saya ketahui walau terbatas dari hasil membaca buku-buku maklum Hobbi membaca adalah bagian dari hidup,  menurut akhlinya Reputasi adalah tujuan sekaligus merupakan prestasi yang hendak dicapai bagi seseorang baik yang bergelut di Birokrasi, dunia Politik maupun Sawasta tentu dalam bidang masing-masing. Bagi Seseorang, Birokrat, Politisi atau Swasta reputasi merupakan  titipan kepercayaan dari masyarakat. Namun bila ternyata sesorang   mengalami krisis kepercayaan dari publik maka akan membawa dampak negatif terhadap reputasi dan akan memerlukan usaha keras untuk menumbuhkan dan membangun kembali kepercayaan.

Tugas seorang Pemimpin, Baik Politisi, Birokrasi, maupun Swasta yang ingin tetap eksis dan mendapat kepercayaan adalah dengan memelihara kepercayaan Public, ( salah satu cara yang cukup efektif untuk membangung komunikasi intens dengan masyarakat Untuk seorang Pemimpin yang Politisi saat sekarang ini dengan melalui media center yang dikelola dengan profesional, Birokrasi dengan membangun Humas yang tangguh, sedangkan Swasta Pengusaha tentu dengan mengandalkan public relation ( Sekertaris ) untuk  ‘mengelola presepsi ’ masyarakat agar mengarah kepada citra yang diinginkan atau diharapkan (wished image) melalui strategi yang tepat dan aktivitas komunikasi yang efektif.
 
Untuk memelihara Citra Pemimpin agar Lebih efektif tentu dibutuhkan partisipasi dengan melibatkan segenap anggota organisasi secara lintas  fungsional, dan harus dilakukan secara terus menerus. Harus ada sebuah sistem yang eksis untuk menopang citra dengan prilaku dan tindakan yang bijak bukankah ada kata bijak pendahulu kita bahwa " setetes Tinta bisa merusakkan air sebelanga ". Hanya satu yang berbuat semua kena getahnya, mungkin itulah artinya ?!

Alibi ini juga kata-kata Lumrah yang sudah hampir semua Orang Tahu tapi sekedar mengingatkan Saja Alibi menurut Orang Pintar " Adalah suatu keterangan yang menyatakan bahwa subjek berada di tempat lain ketika suatu kejadian terjadi. Alibi. Dengan kata lain alibi adalah tidak berada di tempat kejadian, namun kejadian itu ada dan diwujudkan.

Mengapa Penulis memberi judul Artikel ini REPUTASI PA SDK DAN ALIBI PENULIS, menurut Saya sebagai Masyarakat Mamuju melihat dari sisi kenyataan dan wujud yang ada sekarang namun tidak termasuk didalam bagian kejadian atau mengetahui rencana, dan bagaimana gagasan  untuk membangun presepsi masyarakat pada saat itu untuk ikut berpartisipasi Aktif dalam Program yang dicanangkan Oleh Pa SDK.


Sumber Foto Majalah Forbes edisi Agustus 2013 Volume 3

Kenyataan jadi bukti walau benda Dia bisa berceritra bahwa Pa SDK telah memberi yang terbaik yang belum pernah dilakukan Oleh Pendahulunya berupa  Karya Nyata dari Pemikiran yang beriliyant yang harus disadari oleh masyarakat  baik berupa Program nyata dan bangunan monumental yang telah diwujudkan Pa SDK sebagai bukti sejarah dimasa yang akan datang.

Beceritra panjang lebar tanpa memberi bukti namanya  mendongeng ada banyak bukti yang telah nampak pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ditunjang inprastruktur , sarana dan prasarana jauh lebih baik berlipat-lipat kali dibanding 15 atau 10 Tahun yang Silam, Walau Data-nya ada tak cukup waktu dan ruang untuk menuliskan data-data secara lengkap apa saja kemajuan yang telah dicapai Pa SDK dalam masa Pemerintahannya.


Sumber foto Majalah Forbes edisi Agutus 2012 Volume 3

Diantara sekian banyak hal ( Program yang sudah terlaksana ) hanya ada delapan hal yang bisa Penulis catat dalam artikel ini, bagaimana Pa SDK membangun sebuah Prestasi utuk mencapai Reputasi yang akan tercatat dalam sejarah bagi anak-anak cucu kita dikemudian Hari yang menyentuh langsung ditengah-tengah masyarakat.

Selain membangun imfrastruktur Pa SDK beberapa tahun terakhir  ini melaksanakan Pengobatan Gratis dan Pendidikan Gratis, perihal ini  telah Saya terjemahkan dari sebuah Majalah bertarap Internasional yang hanya memuat Orang-Orang Penting Indonesia yang berprestasi seperti antara lain Chaerul Tanjung dalam sebuah artikel di Kompasiana ( klik Link-Nya  " Majalah Forbes Menulis Keberhasilan Bupati Mamuju Pa SDK ".

Untuk mengingatkan Masyarakat Mamuju agar tidak melupakan Sejarah ( dalam hal ini Penulis meyakini bahwa  Artikel ini akan tersimpan dengan baik di Blog ini  selama dunia masih berputar dan Pemilik Blog tak menghapus ( delete, restore bahasa kerennya, juga bisa ditemukan kapan Saja manusia ingin membacanya dengan menggunakan share di google mengetik judulnya ), Ada beberapa bangunan monumental yang nanti akan menjadi Peninggalan Sejarah ratusan tahun yang akan datang buah Pemikiran Pa SDK diantaranya :

1. Mesjid Raya Syuhada Mamuju dibangun sejak 2007 s/d 2009,
2. Stadion Kebanggaan Mamuju bekerja sama dengan Pemprov. Sulbar
3. Rumah Jabatan Refsentatif  Bupati Mamuju diatas bukit Anjoro Pitu,
4. Reklamasi Pantai dengan mengajak investor Daerah membangun Hotel bintang 4 D'Maleo.
5. Terminal antar Kota antar daerah di Simbuang.
6. Pasar  tradisional Regional Mamuju,

Tentu masih ada bangunan monumental yang terlupa atau penulis tidak masukkan dalam artikel ini baik yang sudah ada maupun yang sementara dalam tahapan pembangunan, agar dimaklumi karena keterbatasan waktu untuk melakukan audience ataupun melakukan hunting sampai ditingkat Kecamatan, harapan penulis artikel ini sudah  memuat sedikit dari banyak hal  tentang reputasi Pa SDK.sebagai Bupati Mamuju.

Mungkin ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Pa SDK ataupun Pembaca berkenan dengan tulisan ini sekedar imformasi tulisan Saya ini buat langsung di Dashbord seketika tanpa konsep, mengalir begitu Saja,  Saya yakin sedikit dari banyak Penulis Ceritra, Blogger yang menulis seperti Saya karena penulis profesional selalu menulis karya-karyanya lewat Mickrosoft  dengan menggunakan peralatan yang lebih canggih dan kemudian meng upload ke Dashboard sehingga tidak ada satupun kalimat, foto, maupun vidio yang salah ketik atau salah letak komputer akan membenarkan secara otomat. Kami mohon maaf dan koreksi untuk pembetulan pada kolom komentar dibawah ini******

1 komentar:

  1. Tulisan ini bisa dilengkapi Vidio dan audio Sayang Penulis tdk mempunyai Vidio yang berkenan dengan Tulisan ini...ada yang mau sumbang Kirim saja ke facebook kami, Terima kasih.

    BalasHapus