Selasa, 04 Februari 2020

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli Baco Dg Palabbi Resmikan KIE




WWS, Palu -  Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Dg. Plabbi melempar dadu ular tangga sebagai simbol peresmian media Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) ‘Pencegahan Perkawinan Usia Anak’.

Selain Ular Tangga, juga ada film dokumenter, leaflet, merchandise, puisi dan Iklan Layanan Masyarakat yang kini dapat digunakan dalam mengkampanyekan pencegahan perkawianan usia anak.

 Dikutip dari laman web Yayasan Karampuang, selain melaunching media KIE tersebut, kegiatan yang berlangsung di Hotel Santika, Kamis (30/1/2020) kemarin, Rusli juga menandatangani komitmen bersama ‘Gerakan Pencegahan Perkawinan Anak Pasigala’ diikuti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Sulteng, Kota Palu, Kab Sigi, Kab Donggala, serta instansi terkait lainnya dan lembaga non pemerintahan yang bergerak dibidang perlindungan anak.

 Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusli menyampaikan apresiasi atas adanya gerakan pencegahan perkawinan anak tersebut, terlebih dengan media KIE yang dikemas dengan permainan ular tangga yang tentu sangat mudah dimainkan oleh anak-anak. Wagub Sulawesi Tengah mengakui bahwa perkawinan anak tidak dapat dicegah dengan bergerak sendirian, olehnya itu ia meminta setiap elemen masyarakat untuk bersama-sama mencegah praktek buruk tersebut.

 Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Unicef wilayah Sulawesi dan Maluku, Hengki Widjaya. Kepada undangan yang hadir, Hengki mengatakan bahwa angka perkawinan anak pasca bencana di Sulawesi Tengah meningkat, olehnya itu dibutuhkan tindakan bersama untuk mencegah. Sebab jika dibiarkan, perkawinan anak dapat memicu tingginya angka kemiskinan, angka putus sekolah, stunting, KDRT, kematian ibu dan bayi dan masalah sosial lainnya.



 “Masalah perkawinan anak juga punya kontribusai terhadap masalah sosial di daerah. Karena daerah yang tinggi perkawinan anaknya itu memicu tingginya angka kawin cerai sampai trafficking dan lain sebagainya. Kami berharap kita bisa mengambil kebijakan-kebijakan di daerah, membuat strategi yang bisa dikonstektualkan dengan pengalaman daerah itu sendiri.” Ujar Hengki.

 Olehnya itu, pada pertemuan yang dilaksanakan oleh Yayasan Karampuang dengan dukungan Unicef Indoensia, dibangun komitemen bersama antar pemangku kepentingan untuk mencegah perkawinan usia anak.

 DP3A Pasigala sepakat untuk membentuk kelompok kerja pencegahan perkawinan usia anak dan akan melakukan penguatan di level kecamatan dan desa melalui advokasi dan sosialisasi pemangku kepentingan di wilayah pilot program yakni Kelurahan Tipo Kota Palu, Desa Padende Kab Sigi dan Desa Wani 1 Kab Donggala. ( YKM/M.Nur)

1 komentar:

  1. Listen...

    What I'm going to tell you may sound really creepy, and maybe even a little "strange"

    HOW would you like it if you could just push "PLAY" and listen to a short, "musical tone"...

    And suddenly attract MORE MONEY to your LIFE?

    I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!

    Do you think it's too EASY? Think something like this is not for real?

    Well, I've got news for you...

    Usually the largest blessings in life are also the EASIEST!

    Honestly, I will PROVE it to you by allowing you to listen to a real-life "miracle abundance tone" I've produced...

    And do it FREE (no strings attached).

    You just hit "PLAY" and you will start having more money come into your life.. starting so fast, you will be surprised..

    CLICK here now to PLAY this wonderful "Miracle Money-Magnet Tone" - as my gift to you!

    BalasHapus