Senin, 27 Oktober 2014

INILAH 5 HAL YANG BARU PERTAMA TERJADI BAGI WANITA DI KABINET

Oleh : MUHAMMAD NUR OKT




Hari ini 34 mentri terpilih Kabinet Kerja yang kemarin dikenalkan ke publik , senin tanggal 27 Oktober 2014 siang akan dilantik dan diambil sumpahnya di Istana Merdeka Jakarta Oleh Presiden Jokowi.

Para Mentri terpilih yang akan dilantik tediri dari 14 Orang Profesonal Partai dan 20 Orang dari Profesional murni, ada beberapa hal yang ada di Kabinet Kerja yang belum pernah ada atau belum pernah terjadi sebelumnya di era reformasi ini yaitu :
  1. Diantara 34 Menteri Kabinet Kerja terdapat 8 Orang Wanita,
  2. Ibu Retno L.P. Marsudi adalah Mentri Luar Negri Pertama dari kaum wanita.
  3. Menteri tertua dan termuda dari Kabinet Kerja ini adalah Wanita, yang tertua Ibu Nila F Moeluk Mentri Kesehatan lahir di Jakarta 11 April 1949 dan yang termuda Ibu Puan Maharani Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan, lahir pada tanggal 6 September 1973.
  4. Ibu Yohana Yambise Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak adalah Menteri Wanita Pertama dari Papua.
  5. Ibu Susi Pujiastuti adalah Wanita Pertama yang memimpin Kementrian Kelautan dan perikanan, dan satu-satunya Menteri Wanita di Kabinet Kerja yang bukan Sarjana.
Penulis yakin tulisan ini adalah tulisan pertama mengenai Hal yang baru, mengenai Wanita di Kabinet Kerja yang diungkap ke Publik .

Semoga bermanpaat **


Minggu, 26 Oktober 2014

INI SUSUNAN KABINET KERJA DAN PROFIL PARA MENTERI PRIODE 2014 - 2019

Ditulis oleh : MUHAMMAD NUR OKT

 Foto : www.dw.de

Tepat pukul 17.20 Wib, Minggu tanggal 26 Oktober 2014 di Istana Merdeka Jakarta Presiden Bapak Jokowi dengan didampingi wakil Presiden Bpk JK, Ibu Negara Hj. Iriana Jokowi serta Ibu Hj. Muffida Jusuf Kalla  mengumumkan dan memperkenalkan para Mentri yang akan bertugas memabantu Presiden di Kabinet yang Pa Jokowi beri nama Kabinet Kerja.

Ada tradisi yang baru terjadi dalam pengumuman Mentri kali ini dan belum pernah terjadi sebelumnya disamping langsung dihadiri oleh Menteri yang terpilih untuk diperkenalkan ke Publik . Para Mentri juga menggunakan seragam baju putih lengan panjang  trend mode ala Pa Jokowi yang sudah disiapkan dari Istana.

Berikut Daftar Komposisi Kabinet Kerja masa jabatan 2014 - 2019

Presiden RI : Joko Widodo
Wakil Presiden RI : M Jusuf Kalla

1. Menteri Sekretaris Negara : Praktino, Klik Baca Profil Pa Pratikno
2. Menteri PPN /Kepala Bappenas: Andrinof Chaniago, Profil andrinof-a-chaniago/

3. Menko Bidang Kemaritiman : Indroyono Soesilo, Klik Baca Profil Bapak Indriyono
4. Menteri Perhubungan : Ignasius Jonan, Klik dan baca Profil  Ignatius Yonan
5. Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti , Profil Ibu Susi Pujiastuti
6. Menteri Pariwisata : Arief Yahya, Klik Baca Profil Bapak Arief Yahya
7. Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral: Sudirman Said,  Baca Profil Pa Sudirman Said
8. Menko Bidang Polhukam : Tedjo Edy Purdijatno , Profil Pa Edhy Tejo _Purdijatno
9. Menteri Dalam Negeri : Tjahjo Kumolo, Ini Profil Pa Tjahyo Kumolo
10. Menteri Luar Negeri : Retno Lestari Priansari Marsudi,  Ini Profil Ibu Retno Marsudi
11. Menteri Pertahanan : Ryamizard Ryacudu, Ini Profil Bpk. Ryamirzad Ryacudu
12. Menteri Hukum dan HAM : Yasonna H Laoly, Profil Bpk. Yasona Laoly
13. Menteri Komunikasi dan Informatika: Rudiantara, Profil Bpk. Rudiantara
14. Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi: Yuddy Chrisnandi,   Ini Profil Yudy chrisnandi

15. Menko Bidang Perekonomian: Sofjan Djalil,  Profil Bpk Sofyan Djalil
16. Menteri Keuangan : Bambang Brodjonegoro, Profil Bambang_Brodjonegoro
17. Menteri BUMN : Rini M Soemarno, Profil Ibu Rini
18. Menteri Koperasi dan UMKM: Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga , Profil AA Puspayoga
19. Menteri Perindustrian : M Saleh Husin , Profil M Sale Husin 
20. Menteri Perdagangan : Rachmat Gobel , Profil Rahmat_Gobel
21. Menteri Pertanian : Amran Sulaiman, Profil Amran_Sulaiman
22. Menteri Ketenagakerjaan : Hanif Dhakiri , Profil Hanif_Dhakiri
23. Menteri PU dan Perumahan Rakyat: Basuki Hadi Muljono
24. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan: Siti Nurbaya , Propfil Siti Nurbaya 
25. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Ferry Mursyidan Baldan

26. Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Puan Maharani ,Profil Puan 
27. Menteri Agama : Lukman Hakim Saefuddin, Profil Lukman_Hakim_Saifuddin
28. Menteri Kesehatan : Nila F Moeloek
29. Menteri Sosial : Khofifah Indar Parawansa, Profil Khofifah_Indar_Parawansa
30. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: Yohana Yambise, Profil "Yohana_Yembise "
31. Menteri Kebudayaan dan Pedidikan Dasar dan Menengah: Anies Baswedan, Profil Anies_Baswedan
32. Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi : M Nasir, http Profil Muhammad Nasir
33. Menteri Pemuda dan Olahraga: Imam Nahrawi, Profil imam-nahrawi
34. Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi: Marwan Ja'far,Profil /Marwan_Jafar


Selamat dan sukses kepada Bapak / Ibu Mentri yang sudah terpilih, masyarakat Indonesia sangat menaruh  harapan terhadap kinerja lima tahun kedepan  lebih baik dari sebelumnya mampu membawa masyarakat kita menuju masyarakat yang lebih maju, lebih adil dan lebih sejahterah.

Sabtu, 25 Oktober 2014

REKAN JEJAK SUSI PUJIASTUTI DARI BAKUL IKAN KE SUSI AIR UNTUK MENUJU KURSI MENTERI



 Ibu Susi Pujiastuti foto : www.JPNN.com

Tak pernah terlintas dibenak penulis kalau Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti Aviation, Susi Pudjiastuti, akan terlihat di  TV di halaman istana Negara  dipanggil  menghadap Presiden Jokowi kabarnya berkaitan  dengan proses pemilihan Menteri pada Kamis, 23 Oktober 2014. Bukan karena tidak yakin pada kemampuan Beliau , akan tetapi dalam bursa Calon Menteri yang kerap diberitakan Nama Ibu Susi belum pernah terdengar. tapi entah mengapa setelah bertemu Pa Jokowi nama Ibu Susi sudah santer disebut-sebut sebagai salahsatu  Calon Menteri di Kabinet Pa Jokowi/ JK.

Tak sulit mencari refrensi untuk menuliskan Rekam jejak Ibu Susi, disamping kerap diberitakan di media cetak, nama ini cukup familiar ditulis di media online , Menyebut Nama Susi imajinasi kita langsung tertuju kepada perempuan paruh baya yang kerap tampil dengan kacamata dengan dandanan kasual , pengusaha sukses yang berjuang keras dari bawah ini memulai bisnis kecil-kecil  sebagai penjual ikan di Pangandaran Jawa Barat, Dengan modal Rp 750 ribu hasil penjualan perhiasan miliknya, ia mulai berjualan ikan dengan cara membeli ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan menjualnya ke restoran-restoran. Hari pertamanya ia hanya berhasil menjual 1 kg ikan. Itupun ke restoran kenalannya dengan keuletan serta kerjakeras tahapan  demi tahapan dilalui usahanya terus berkembang dia berhasil menguasai pasar  di Daerah Cilapcap . 

Tidak puas hanya berbisnis ikan laut di satu daerah, Susi mulai melirik daerah Pangandaran di pantai selatan Jawa Barat. Usaha perikanannya maju pesat. Jika semula dia hanya memperdagangkan ikan dan udang, maka Susi mulai memasarkan komoditas yang lebih berorientasi ekspor, yaitu lobster.

Banyaknya produk yang akan dipasarkan menimbulkan problem  transportasi agar cepat tiba didaerah tujuan harus menggunakan pesawat udara , oleh karena apabila dengan kapal laut terlalu lama  lobster bisa  busuk  dan menurun kwalitasnya, Susi berfikir untuk membeli sebuah pesawat dan secara kebetulan suami Susi Christian von Strombeck,  warga negara asing yang berprofesi sebagai pilot pesawat carteran asal Jerman mendukung usaha Ibu Susi . Baca juga Profil Susi " Air http://id.wikipedia.org/wiki/Susi_Air  "

Pada   tahun 2004, Ibu Susi memutuskan membeli sebuah pesawat Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar untuk mengirimkan lobster dan ikan segar ke Jepang dan Amerika. Dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Produk unggulannya adalah lobster dengan merek Susi Brand.

Sekarang ini Ibu Susi Pujiastuti Wanita kelahiran Pangandaran pada 15 Januari 1965 disamping memiliki perusahaan pengelohan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product , juga memiliki Perusahaan PT ASI Pudjiastuti Aviation, operator penerbangan Susi Air , Saat ini Susi Air memiliki 50 unit pesawat dari berbagai jenis. Di antaranya Grand Caravan 208B, Piaggio Avanti II, Pilatus Porter, serta Diamond DA 42. Kebanyakan pesawat itu dioperasikan di luar Jawa, seperti di Papua dan Kalimantan. Pada 2008, Beliau mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School. http://www.tokohindonesia.com/tokoh/article/283-direktori/3694-susi-pudjiastuti "

Banyak Orang mengatakan bahwa tanpa ijazah yang memadai kita akan sulit bersaing  memperoleh pekerjaan yang layak dan memadai, tentu terkecuali untuk Ibu yang  satu ini , Ijazah sarjana  belum tentu bisa jadi jaminan kesuksesan seseorang di masa depan. Teori itu bisa dibuktikan oleh Ibu Susi Pujiastuti. Meski hanya bermodal Ijazah  SMP, karena memutuskan keluar dari sekolah formal ketika duduk di bangku sekolah menengah atas,dia bisa merubah nasib jauh lebih baik yang semula hanya seorang bakul ikan menjadi pemilik maskapai penerbangan  dan tidak menutup kemungkinan tak lama lagi  akan menjadi salah seorang menteri di Kabinet Pa Jokowi - JK .  keberhasilan Ibu Susi ini patut diapresiaisi oleh segenap masyarakat dan Bangsa Indonesia ***

Diolah dari berbagai sumber **
 

Rabu, 22 Oktober 2014

PROFIL PDAM TIRTA MANAKARRA MAMUJU KECIL-KECIL TAPI UNTUNG ?!

 LAPORAN DEWAN PENGAWAS PDAM TM MAMUJU  DALAM FORMAT BERITA.



Air Minum adalah hajat hidup seluruh maklhuk hidup dan kebutuhan utama manusia yang ada diatas muka  bumi dan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Manakarra ( PDAM-TM ) Kabupaten Mamuju yang didirikan pada tahun 1993 berdasarkan  Perda Kabupaten Mamuju No.03 Tahun 1993  adalah salah satu Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju yang bergerak dalam Pelayanan Jasa Publik sektor Air minum dengan fungsi ganda disamping orientasi bisnis juga tidak mengabaikan fungsi sosialnya dalam pelayanan air bersih atau air minum, dengan prinsip 3 K ( Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas ) sesuai standard Kesahatan   yang ditetapkan , diharapkan pada tahun 2018  secara selektif pelanggan dapat  mencapai taraf produk Air Minum  yang bisa langsung di komsumsi tanpa di masak lebih dahulu, Guna mencapai semua itu PDAM telah membuat Rencana Strategis Bisnis 5 Tahunan ( Tahun Buku 2013 - 2017 )sebagai acuan atau arahan yang telah dituangkan dalam Bisnis Plan/ Corporate Plan yang dibuat pada tahun 2013 yang lalu.



Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Manakarra Mamuju yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pengelolaan Air Minum untuk meningkatkan kesejatraan masyarakat yang mencakup aspek sosial , kesejatraan  dan pelayanan Umum serta aspek Ekonomi dan dalam melaksanakan tugas pokok tersebut menyelenggarakan fungsi-fungsi yang ada dan tergambar dalam Struktur Organisasi yang ada yang terdiri dari Dewan Pengawas ( sebagai Perpanjngan tanganh Pemilik ) serta Direktur dan bagian-bagian yang bertujuan mencapai Visi dan misinya melalui kerja keras yang terintegrasi dan berkesinambungan.



Sampai akhir Tahun 2014 ini Jumlah Tenaga Kerja PDAM-TM Kabupaten Mamuju, baik yang berkantor di Kota Mamuju, IKK Kalukku, IKK Kabuloang dan IKK Tarailu berjumlah 78 Orang yang terdiri dari Direktur 1 Orang, Dewan Pengawas 3 Orang , Pegawai Tetap 69 Orang, Tenaga Kontrak tetap 4 Orang, Tenaga Kontrak tidak tetap 1 Orang dengan rasio 1 pegawai dapat melayani 1.202 Pelanggan.


Perlu diketahui oleh masyarakat bahwa Pengelolaan PDAM-TM Mamuju dalam (  3 Tahun )  terakhir  tahun 2012 - 2014  ) priode kepengurusan 2012-2015, PDAM Tirta Manakarra  menunjukkan kinerja yang baik ditinjau dari beberapa aspek , yaitu Keuangan, aspek Oprasional, dan aspek Administrasi . Penilaian untuk Tingkat Kesehatan Perusahaan oleh Badan Independen,  ( BPP SPAM ) Badan Pendukung Pengembangan Sistim Penyediaan Air Minum  dengan Indikator penilaian Aspek Keuangan, Aspek pelayanan, aspek opreasi dan Sumber daya manusia dengan perolehan angka 2,99 Kategori SEHAT  ( 2,8 keatas masuk dalam kategori sehat ) . Penilaian tersebut didasarkan atas Hasil Audit kinerja PDAM-TM Mamuju oleh BPK-P Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat, Tahun Buku 2011, 2012 dan 2013, atau 3 tahun berturut-turut memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) padahal sebelumnya Perusahaan ini pernah memperoleh kategori sakit, kurang sehat, sehat dan akhirnya menjadi perusahaan SEHAT  dalam 3 ( tiga ) tahun terakhir ini, itu semua berkat kerjasama dan partisipasi semua ( Stockholder ) termasuk pelanggan dan masyarakat pengguna air bersih.


Dalam rangka mendukung percepatan pencapaian target Millineum Develompmet Goals ( MDGs ) Bidang Air Minum dan target Nasional 80 % cakupan pelayana air minum untuk masyarakat Kota pada tahun 2015 dan 100 % layanan yang menjangkau Ibukota Kecamatan ( masyarakat Pedesaan ) pada tahun 2019 yang akan datang  diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dari PDAM_TM dan semua pihak yang terlibat , kesamaan pandangan dan presepsi bagi semua stockholder bahwa Air Minum yang sehat bersih dan hygiene harus dipenuhi untuk hajat hidup dan kelngsungan hidup ummat manusia, untuk itu semua pihak yang terlibat para pemangku kepentingan harus memberikan kontribusinya yang nyata dan kongkrit.

" Sudah banyak penghargaan yang diterima Oleh PDAM-TM Kabupaten Mamuju sebagai perusahaan Publik baik dari lembaga Pemerintah maupun Non Pemerintah yang tak perlu disebutkan satu persatu akan makan waktu dan tempat, yang jelas bahwa dari hasil audit Ekstern dan Auditor Independen BPK, BPK-P dan Akuntan Public PDAM-TM memperoleh penilaian " BAIK " , DAN UNTUK penilaian tingkat Kesehatan Perusahaan menurut BPP-SPAM Kementrian Pekerjaan Umum dalam kurun waktu 3 ( tiga ) tahun terakhir 2011, 2012 dan 2013 ADALAH " sehat ".itu sudah cukup sebagai indikator bagi Pengelola untuk terus bekerja dan bekerja untuk capaian yang lebih baik dari apa yang sudah diperoleh saat ini "  begitulah yang dikatakan oleh Sekertaris Dewan Pengawas Muhammad Nur OKT, dalam Rapat Pembahasan RKA tahun 2015.

Sedang dalam sambutan pemaparannya Direktur PDAM TM Mamuju yang juga bernama Muhammad Nur, SE mengatakan bahwa " Sampai saat ini PDAM-TM Mamuju  baru bisa memproduksi kapasitas 170 Liter/ detik, dengan rincian untuk melayani masyarakat didalam Kota Mamuju sebanyak  130 Liter / detik dari 4 IPA ( Instalasi Pengelolaan Air ) yaitu dari IPA So'do , IPA Padang Baka, IPA I dan II Pattiddi, dengan jumlah Pelanggan 7.500 Sambungan Rumah.  Sedang Pelayanan di Pedesaan dan Ibukota Kecamatan baru bisa digunakan  40 Liter/detik  dari IPA Tarailu , IPA Kalukku dan IPA Kabuloang, dengan jumlah pelanggan 2.300 Sambungan Rumah ." ungkapnya pada Rapat Pembahasan RKA PDAM TM Tahun 2015. 

." Adapun produksi Air dari 7 Instalasi Pengelolaan Air Minum ini belum dapat mencukupi ketersediaan air bersih dimana setiap Tahun pertambahan dan pertumbuhan penduduk semakin tinggi sedang ketersediaan Produk Air Bersih  tidak bertambah bila tidak diupayakan dengan sunguh-sungguh " katanya.

Dipersilajhkan membuka artikel terkait " PDAM Mamuju Siap Hadapi Krisis Air Bersih dengan Embung Sumambaho " 

Kejutan yang belum pernah terjadi sebelumnya Dalam dua tahun terakhir  yaitu tahun 2012 dan 2013 PDAM-TM Mamuju telah berhasil dengan baik membangun 3 ( tiga ) Instalasi Pengelolaan Air Bersih untuk 3 ( tiga ) tempat yang berbeda yaitu : Penambahan kapasitas IPA Soddo 10 Liter/detik untuk Rumah jabatan Bupati dan penambahan sektor perkotaan ( Dana APBD Mamuju ) , Pembangunan IPA dengan jaringan pipa melalui laut untuk melayani Pulau Karampung dengan kapasitas 20 Liter/ detik,  dan yang ketiga Pembangunan IPA Kabuloang dengan kapasitas 20 Liter/detik. Untuk mendirikan 2 ( dua ) buah IPA PDAM-TM Mamuju mendapatkan bantuan Pembangunan  dari Pusat yang nilainya mencapai puluhan milyar rupiah.

Disamping mendirikan 3 ( tiga ) IPA untuk menambahkan jajaran 4  IPA yang sudah ada sejak jaman dulu, sebagaimana diterangkan diatas  PDAM-TM Mamuju tahun 2013 ini berhasil melakukan sambungan rumah sebanyak 1.500 SR dan menggratiskan lebih dari 1000 Sambungan Rumah di Desa Kabuloang dan Desa di Pulau Karampuang. " Artikel Terkait PDAM Segera Realisasikan layanan "

Walau telah melakukan penyambungan gratis PDAM TM Mamuju masih menerima Laba bersih , Laba yang diterima oleh PDAM-TM dalam 3 ( tiga )  tahun terakhir meningkat tajam  utamanya pada tahun 2011 laba perusahaan baru sekitar Rp. 863.516.618,32  naik sekitar Rp. 477.930.135,68 atau 55, 34 % menjadi 1.341.446.754,00 pada akhir tahun 2012, ( data laporan hasil pemeriksan BPK 23 Desember 2013 ) Laba ini diperkirakan akan terus meningkat karena PDAM-TM akan terus mengenjot kinerjanya untuk mencapai target MDGs 2015 dan Target Nasional 2019 tentu dengan pertimbangan semua stockholder memberikan kontribusi yang nyata dan kongkrit membangun kebersamaan dalam pengelolaan Air Bersih yang menjadi hajat hidup seluruh masyarakat dengan memanfaatkan seluruh sarana dan prasarana yang sudah dimiliki saat ini dengan kapasitas terpasang 170 Liter/detik yang secara Riel masih sangat kurang apalagi baru bisa dimanfaatkan 125 Liter/detik.

Dalam rapat Pembahasan RKA PDAM-TM Kabupaten Mamuju bertempat di  Kantor PDAM-TM Jalan Kurungan Bassi Mamuju Rabu 22/10/2014 ,  Direktur PDAM-TM Mamuju Muhammad Nur, Se memberikan penjelasan secara rinci , karena dalam bentuk angka- angka tak dapat diungkap dalam artikel ini, Rapat yang dihadiri oleh Direktur dan Jajarannya serta Dewan Pengawas PDAM-TM yang terdiri dari Drs. Syahmin Lihawa.MM , Muhammad Nur OKT dan M.Adhan, sepakat menyetujui RKA PDAM TM Mamuju Tahun 2015 dengan beberapa koreksi untuk diajukan kepada Bapak Bupati Mamuju.
Baca juga artikel terkait " Laporan-perjalanan dinas Dewan Pengawas PDAM TM Mamuju  "

Yang bisa dicatat dan disampaikan saat ini adalah bahwa PDAM-TM pada tahun 2015 akan melakukan penambahan kapasitas terpasang seluruh Instalasi Pengelolaan Air yang dioprasikan saat ini ( Tahun 2014 ) sebesar  170 Liter/detik naik menjadi 180 Liter/detik pada tahun Buku 2015, kenaikan akan  berdampak terhadap meningkatnya Produksi, Distribusi dan penjualan Air bersih serta bertambahnya jumlah pelanggan dari 10.020 SR pada tahun 2014  menjadi 12.020 SR pada Tahun 2015 naik sekitar 2.000 pelanggan atau meningkat 16.64 % , PDAM TM Kabupaten Mamuju pada tahun 2015 kembali akan menggratiskan 1.000 sambungan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan inilah  lompatan yang juga belum pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Tulisan terkait  Klik " hLaporan DewannPengawas PDAM TM  Mamuju, PDAM Gelar Pelepasan Purna Bhakti " 
Tulisan Terkait " Bupati Mamuju Lantik Direktur dan Dewan Pengawas PDAM-TM Priode 2015 - 2018. 

 Tulisan terkait " PDAM TM Mamuju Kerjasama dengan Bank Muamalat " 

Klik Tulisan Terkait " Direktur PDAM TM MAMUJU LEPAS JONI DIPEMADA "

Tulisan terkait klik dan baca " http:/Laporan Dewan Pengawas , pdam-tirta-manakarra-turunkan-biaya sambungan rumah "
BERSAMBUNG KE BAGIAN 2 ( KEDUA )...

Minggu, 19 Oktober 2014

PPP SELAMAT TINGGAL KMP , UNTUK DAPAT JATAH 2 KURSI MENTERI ?!

 OPINI OLEH : MUHAMMAD NUR OKT

 Foto : www.kabar24.com

Ketua Umum terpilih hasil Muktamar PPP ke VIII di Surabaya 17 Oktober 2014 Romahurmuzi terlihat oleh Wartawan tengah mengunjungi rumah kediaman Presiden terpilih Pa Ir.H. Joko Widodo di Taman Surapati Jakarta Pusat pada tanggal 18 Oktober 2014.

Mantan Sekjen DPP Partai Perastuan Pembangunan dalam kepengurusan SDA itu sempat dicegat oleh Wartawan dan  menanyakan soal terpilihnya sebagai Ketua Umum PPP, apakah Partainya akan bergabung dengan KIH ( Koalisi Indonesia Hebat ) ? 

Namun Pria paruh baya yang akrab disapa Romi itu nampaknya belum bersedia menjawab Ya atau tidak dan bergegas masuk kekediaman Pa Jokowi sambil berujar "  Kita Lihat Saja Nanti " Katanya.

Tanda-tanda akan menyebrangnya PPP ke Kubu KIH yang mendukung Pa Jokowi mulai terlihat saat Pemilihan Unsur Pimpinan  DPR RI dan klimaksnya terjadi saat Pemilihan Unsur Pimpinan MPR RI , seperti di Unsur Pimoinan DPR RI dipaket ini juga tak ada satupun dari kader PPP yang diikut sertakan dalam pencalonan unsur Pimpinan MPR RI. 

Wajar kalau Kemudian PPP merasa ditinggalkan, dan tentu  tak perlumheran kalau kemudian PPP berubah haluan dan bergabung dengan KIH yang memberi 1 peluang untuk dicalonkan menjadi salah satu Unsur Pimpinan MPR , sayang mereka kalah dari KMP yang mendominasi unsur Pimpinan di DPR RI dan MPR RI.

Terlihat secara kasat mata bahwa PPP yang sedang dililit masaalah Internal bukanlah Partai sembarangan, PPP pernah menempatkan Ketua Umumnya Pa Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI, bahkan disetiap priode kepemimpinan PPP selalu ikut berada dalam jajaran Pemerintahan maupun di lembaga Terhormat, tentu sangat sulit bagi PPP bila dalam suasana kebatinan seperti ini untuk tidak menyebrang dari KMP  ke KIH dengan pertimbangan di KIH lebih di akomodir, diberi peluang untuk duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan anggota Koalisi lainnya di Indonesia Hebat.

Hanya selang beberapa saat yang lalu Terbetik kabar bahwa PPP telah resmi memberikan dukungan kepada Pa Jokowi , walau belum ada pernyataan resmi mengenai penyebrangan PPP ke Koalisi Indonesia Hebat, namun melihat gestur para petinggi PPP di TV terlihat bahwa mereka sudah menuju bahkan sudah ada didalam Koalisi Indonesia Hebat ( KIH ), santer terdengar desas-desus kehadiran dalam kebersamaan PPP di KIH akan diganjar dengan  2 jatah kursi Menteri , walau hal tersebut ditampik oleh Ketua Umum terpilih Priode 2014 - 2019 Romahurmuziy.

Banyak spekulasi yang berkembang ditengah masyarakat tentang nama-nama Bakal Menteri di Kabinet Indonesia Hebat dan telah beredar di Media , walau nama Pa Lukman dan Pa Romi belum terlalu populer , tapi  penulis merasa yakin bahwa kalau benar Presiden terpilih Pa Jokowi memberikan 2 jatah kursi kepada PPP atas partisipasinya membangun kebersamaan maka yang akan ditunjuk jadi Menteri adalah   Lukman Hakim Saifuddin yang baru 4 bulan menjabat Menteri Agama dan Ketua Umum PPP yang baru terpilih Romahurmuziy.


Prediksi Penulis menjagokan Pa Lukman Hakim sangat beralasan , Pa Saifuddin dilantik Oleh Presiden SBY  jadi Menteri Agama pada Senin, 9 Juni 2014 menggantikan Pa SDA yang jadi tersangka kasus di KPK, hanya selang 3 bulan menjabat Menteri Pa Lukman Hakim Saefuddin yang juga adalah anggota DPR RI terpilih  2014 - 2019 , mundur untuk dilantik sebagai anggota DPR RI , Pa Lukman Hakim Saifuddin terpilih menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Alasan Beliau mengundurkan diri untuk dilantik jadi anggota DPR ingin fokus sebagai Menteri Agama kurang masuk akal sebab Jabatan Menteri Agama yang diembannya di KIB 2 akan berakhir dalam hitungan hari tepatnya setelah Kabinet Pa Jokowi dilantik.

Pengunduran diri Pa Lukman sebagai anggota DPR RI priode 2014 - 2019 sebelum dilantik adalah pertanda bawa sudah ada  feeling atau Insting  dirinya akan dipilih oleh Pa Jokowi untuk menjabat Menteri tak mungkinlah Pa Lukman mundur dari keanggotaan DPR RI yang Beliau  perjuangkan dengan susah payah pada Pemilu 2014 yang baru lalu tanpa alasan yang lebih mendasar.

Sedangn Romahurmuziy adalah Mantan Sekjen DPP Partai Perasatuan Pembangunan di kepengurusan Pa SDA priode 2009-2014 , Anggota DPR RI 2014 - 2019  dan Ketua Umum terpilih PPP priode 2014 - 2019 , sebagaimana lasimnya Ketua Umum Partai akan mendapatkan tempat terhormat bila berkehendak dan mau membangun Koalisi bersama dengan Presiden Terpilih, ada beberapa contoh dari pengalaman masa lalu yang bisa menjadi refrensi bahwa Ketua Umum Partai selalu mendapatkan prioritas untuk mendapatkan jatah Menteri , PPP sendiri beberapa kali  menempatkan Ketua Umum atau Kadernya  sebagai Menetri dalam kabinet, Pa SDA dan Pa Manoarfa adalah contoh terdekat***

Jumat, 03 Oktober 2014

UCAPAN SELAMAT DAN SUKSES UNTUK PA AGUS DAN MAS IBAS

PENGURUS DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI DEMOKRAT
PROVINSI SULAWESI BARAT

MENGUCAPKAN

SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERPILIHNYA :




Bapak  Ir.AGUS HERMANTO,MM,  Ketua DPP Partai Demokrat,
Sebagai Wakil Ketua DPR RI Masa Bhakti 2014-2019.
profil Pa Agus Hermanto



Foto : profil.merdeka.com

Bapak EDIE BASKORO YUDHOYONO, M.Si, Sekertaris jendral  DPP Partai Demokrat 
Sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI Masa Bhakti 2014-2019.

SEMOGA MEMBAWA PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK .



Mamuju, 1 Oktober 2014

DPD PARTAI DEMOKRAT PROVINSI SULBAR