Selasa, 29 Januari 2013

Ini 7 Pesan SDK di Pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Kab.Polman


 Laporan : Muhammad Nur
Polewali Mandar - 26 Januari 2013 Ketua DPD Partai Demokrat Prov. Sulawesi Barat Drs.H.Suhardi Duka, MM ( Pa SDK ) melantik Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Polewali Mandar pada Sabtu 26 Januari 2013 di Polewali Ibukota Kabupaten Polman, Pengurus yang dilantik diketuai Oleh Erfan Kamil membawahi kurang lebih 60 Orang Pengurus yang didominasi 70 % anak muda.

Acara Pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Polman dihadiri oleh  Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Drs.H. Suhardi Duka, MM dan Ibu, Wakil Bupati Polman dan Ibu mewakili Pemerintah,  Pengurus DPP Partai Demokrat Anggota DPR Pusat Bapak Mayor Jenderal ( Purnawirawan ) Salim Mengga, Wakli Ketua DPRD Provinsi Sulbar M.Natsir Nawawi, Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Sulbar H. Sukardi M.Noer, Anggota DPRD Prov.Sulbar dari Fraksi Demokrat Ir.H.Abidin, Wakil Ketua DPRD Polman sekertaris DPD Partai Demokrat Sulbar Andi Mappangara, Wakil Ketua DPRD Kab.Mamuju Ketua DPC Partai Demokrat Kab.Mamuju Hj.Siti Suraedah Suhardi, para pengurus DPD Partai Demokrat Sulbar serta yang mewakili Forum komunikasi Pemerintah Daerah, Pemuka masyarakat, tokoh agama dan sekitar 2000 Orang tamu undangan yang memadati halaman rumah Bapak Mayjen Purnawirawan Salim S Mengga di jalan Poros Trans Sulbar Polewali.

Ada 7 Pesan Pa SDK kepada segenap kader dan simpatisan serta Pengurus DPC Partai Demokrat Polman yang dilantik, dalam pidato tanpa teks pesan tersebut  penulis sarikan dalam bentuk daftar agar mudah dipahami oleh segenap kader Partai yang ada di Sulawesi Barat seperti ini :
  1. Partai adalah Pilar Demokrasi Bangsa,  Pemersatu Bangsa olehnya itu Kukuhnya suatu proses demokrasi  sangat menentukan terhadap kokohnya sebuah Partai,  apabila Partai kuat dan terstrukutur menjalankan roda kaderisasi maka demokrasi akan tegak, tapi apabila Partainya lemah maka demokrasi akan lemah dan akan tercipta Demokrasi yang pragmatis.
  2. Ada 3 hal yang bisa memperkokoh Partai Politik itu sendiri,  yang pertama kemampuan melakukan konsolidasi secara benar sesuai dengan hirarki dan aturan yang ada mulai dari pusat hingga kedaerah-daerah, apabila konsolidasi berjalan baik maka akan tercipta struktur Partai yang kuat dan  kokoh dengan begitu akan menjadi wadah perjuangan bagi masyarakat  baik itu yang tua, mudah wanita dan menjadi perahu yang mampu membawa masyarakat dan Bangsa melangkah  kedepan. menuju cita-cita perjuiangan para pendahulu kita masyarakat yang adil dan sejahtera.
  3. Yang kedua bagaimana proses kaderasisai dalam suatu Partai kaderisasi sangat penting untuk menanamkan idologie menanamkan tujuan Partai  karena idologie Partai adalah bagian dari Idologie Bangsa olehnya setiap Partai Politik diharapkan mampu melakukan pendidikan Politik dan kaderisasi  sehingga menciptakan kader yang mampu ikut berperan dan bisa membuat kebijakan dan inovasi untuk ikut berperan mensejatrakan masyarakat dan Bangsa  dimana Partai berada, dengan proses kaderisasi yang baik maka akan dilahirkan Negarawan yang mempunyai karakteristik  yang menghindarkan diri dari perbuatan tercela dan berjuang untuk kepentingan masyarakatnya.
  4. Bagaimana Partai itu menciptakan partisipasi bagaimana memahahi kebutuhan dan harapan masyarakat yang berada di Wilayanhnya dengan demikian partisipasi iu dutentukan oleh tautan hati antara Kader dan masyarakatnya yang berada diwilayahnya, bila sinergi yang baik antara proses konsolidasi kaderisasi dan partisipasi maka Partai akan memenangkan semua even politik  yang ada di Daerahnya.
  5. Pesan yang kelima Malam ini kita buktikan Partai Demokrat melangkah dengan pasti memantapkan konsolidasi dengan Pelantikan DPC Partai Demokrat Kabupaten Polman, malam ini semua kita tautkan kembali kita satukan untuk memenangkan Semua pertarungan Politik di Daerah ini.
  6. Saya tak pernah meragukan kemampuan anak muda, sejak zaman dahulu sekitar tahun 1908 anak muda merupakan pendobrak untuk melawan penjajah, pada tahun 1945 anak mudahlah yang bangkit memerangi penjajah untuk memerdekakan Negera kita Indonesia, Baharuddin Lopa Putra Mandar telah memimpin salah satu Kabupaten di Sulbar dalam usia 25 Tahun. Dan tentu berharap Erfan Kamil sebagai Tokoh muda bersama Masyarakat Mandar di Polman yakin bisa membawa kemenangan Partai, Erfan Kamil dapat meraih simpati masyarakat Mandar untuk memenangkan Demokrat lebih baik diatas 10 % dari Tahun sebelumnya.
  7. Saya memuji Komitmen yang telah ditunjukkan Oleh Erfan Kamil dengan berbekal komitmen dan kerja keras turun kebawah Insya Allah Demokrat akan mencapai apa yang diinginkan kemenangan , Akhirnya Beliau berpesan kepada seluruh kader agar bila meminta sesuatu taruhlah tanganmu dibawa karena tak ada orang yang meminta tangannya diatas, galang anak muda, Orang Tua, Wanita/ibu-ibu, tanyakan apa masalahnya dan berusaha bersama menyelesaikannya, satukan presepsi dan capai tujuan yang telah kita tentukan bersama menang di Pemilu 2014.
Dalam acara ini Ketua DPD Partai Demokrat Prov.Sulawesi Barat Bpk. Drs. Suhardi Duka, MM  menyerahkan 10 Motor Yamaha Vega yang merupakan sumbangan pribadi Pa SDK untuk Kendaraan Oprasional PAC ( Pengurus Anak Cabang ) dan diterima oleh Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Polewali Mandar Erfan Kamil S Mengga, ST *****
Jangan Lupa mampir di Kompasiana klik dan nikmati sensasinya " http://www.kompasiana.com/muhammadnur_se

Jumat, 25 Januari 2013

Minggu, 20 Januari 2013

SELAMAT HARI MAULID

Mesjid Agung Mamuju ( Foto : panoramio.com )


KELUARGA BESAR DPD PARTAI DEMOKRAT PROV.SULBAR

MENGUCAPKAN


SELAMAT HARI MAULID NABI MUHAMMAD  SAW, 12   RABIUL'AWAL 1434  H
24 JANUARI 2013.



*BERSAMA MASYARAKAT  MENUJU PERUBAHAN   RAIH  MASA DEPAN SULBAR,  SDK WE CAN  BELIEVE IN  *

 Program free education, free healthcare, free public needs and other.

Jumat, 18 Januari 2013

PESAN TAHUN BARU SDK FORWARD FOR SULBAR


DRS. H. SUHARDI DUKA, MM

KETUA DPD PARTAI DEMOKRAT SULAWESI BARAT

MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2013
DENGAN SEMANGAT YANG BARU HARAPAN BARU MENUJU PEROBAHAN, BERSAMA DEMOKRAT SDK  FORWARD FOR SULBAR 
Ilustrasi oleh : fathelvi.blogspot.com

UNTUK ITU

" UTAMAKAN KEPENTINGAN RAKYAT "

DENGAN POLITIK YANG SANTUN DAN BERBUDAYA, KITA GALANG PERSATUAN WUJUDKAN MASYARAKAT TANPA DIKOTOMI, RAS DAN GOLONGAN, MERANGKUL MAYORITAS DAN LINDUNGI KAUM MINORITAS  UNTUK SULBAR YANG SEJAHTERA.


Senin, 14 Januari 2013

FENOMENA ANGKA KEBERUNTUNGAN 7 UNTUK DEMOKRAT

Ketua DPP Partai Demokrat Bung Anas Urbaningrum dan Sekjen Mas Edy Baskoro Yudhoyono ketika membuka No Urut Peserta Pemilu di KPU Jakarta ( Foto : FB Pribadi )

OPINI OLEH : MUHAMMAD NUR

Tepat jam 15.00 WIB, Senin tanggal 14 Januari 2014 Komisi Pemilihan Umum Pusat melaksanakan Undian No. Urut Peserta Pemilu 2014 bagi 10 Partai yang lolos Verifikasi, penarikan Undian Nomor urut dilakukan dalam 2 tahapan, dihadiri oleh Semua Ketua Umum dan Sekertaris Jenderal Partai Politik dan 5 Orang Pengurus dari masing-masing Partai Peserta Pemilu yang lolos Verifikasi.

Partai Demokrat yang pada penarikan Lot tahapan pertama penentuan nomor urut antrian yang dilakukan Oleh Sekertaris Jenderal Partai  Demokrat Mas Edy Baskoro Yudhoyono, M.Sc memperoleh Nomor 7 ( tujuh ) dan pada tahapan kedua ketika Ketua Umum Bung Anas Urbaningrum yang didampingi oleh Sekjen DPP Partai Demokrat mengambil gulungan Nomor urut Peserta Pemilu 2014 dari Kotak kaca ketika dibuka Demokrat Konsisten tetap pada Nomor 7 ( tujuh ), walau angka-angka tak boleh di mistik namun beberapa Orang menganggap angka ganjil adalah angka keberuntungan.

Nomor 7 ( tujuh ) bagi sebagian Orang  yang berasal dari Palopo Selatan beranggapan disamping mudah diingat juga merupakan angka Bagus  sekaligus angka Gaib yang dapat mendatangkan keburuntungan. Menurut penulis Tujuh bisa ditafsirkan sebagai setujuh atau menyetujui dalam bahasa bugis Luwu Tujuh ditafsirkan sebagai mattujuh yang artinya sesuai yang diharapkan tidak berbelok arah, lurus dan tepat pada sasaran.

Penulis punya banyak pengalaman tentang Fenomena Gaib angka 7 ( tujuh ), pengalaman pertama ketika hendak masuk di salah satu SMA Negeri terkemuka di Kota Palopo yang siswa-siswanya kebanyakan adalah orang-orang berada kalau sekarang masuk dalam kategori sekolah elite, secara kebetulan waktu itu Saya adalah pendaftar yang 7 ( ketujuh  ) dari ratusan peminat padahal yang diterima hanya sekitar 20% dari jumlah peminat, persaingan sangat ketat karena kebanyakan pelamar adalah anak-anak pejabat yang dulu bisa menggunakan kekuasaannya berupa nota atau keteblece atau anak Orang kaya yang dengan mudah masuk lewat jalur bebas hambatan alhasil diterima walau banyak anak-anak Orang kaya yang gagal diterima tapi Saya Lolos juga tanpa syarat ada hubungannya dengan angka tujuh kata Kakek Almarhum.

Ketika Penulis di SMA kelas 1( satu ) sudah bercita-cita kalau naik kelas 2 ( dua ) bisa mengambil jurusan IPA ( Ilmu Pasti Alam ) untuk bisa ditempatkan di jurusan IPA angka-angka untuk Ilmu Pasti seperti Aljabar, Kimia, dan Biologi harus Nilai 7 di empat kwartal, sesungguhnya banyak teman-teman yang lebih cerdas daripada Penulis bahkan ada yang bisa memperoleh angka 8 ( delapan ) atau 9 ( sembilan pada aljabar dan biologi akan tetapi memperoleh angka 6 ( enam ) untuk Kimia mereka ini harus pasrah duduk di IPS atau Jurusan Bahasa, penulis sendiri memperoleh angka pas-pasan untuk mata pelajaran Ilmu Pasti, Pas sesuai persyaratan rata-rata 7 ( tujuh ).

Pengalaman kedua tentang angka 7 ( tujuh ) saat penulis mengikuti test masuk bekerja di BRI untuk Operasi Lappo Ase  sekitar pertengahan tahun 1980  waktu itu Penulis mendapatkan No Test 7 ( tujuh ) dari ratusan Peserta yang terdiri dari Lulusan SMA, Sarmud, dan Sarjana dengan status sama baik test dan status kepegawaian ketika sudah diterima jadi Pegawai PTT pada BRI, yang diterima saat itu hanya sekitar 30 (tigapuluh ) Orang, pada saat pengumuman Nama Saya ada di urutan pertama Saya ditugaskan di BRI Unit 01 Larompong sebagai Pegawai baru Jobtraining, sayang sekali Surat Keputusan Pengangkatan sebagai PNS di Departemen Transmigrasi yang tengah berjaya di daerah saat itu  lebih dulu terbit sebelum Penulis selesai  menjalani Jobtraing di BRI.

Sesungguhnya masih ada beberapa Fenomena angka 7 ( tujuh ) yang Penulis dan Orang-orang terdekat rasakan tapi tak mungkin menceritrakan semua sekaligus dalam artikel ini, yang paling  tak bisa Penulis lupakan Kakek dan Nenek sering mengatakan kepada Saya bahwa angka 7 ( tujuh ) adalah angka keberuntungan walau banyak Orang berpendapat lain. Dengan begitu Penulis meyakini BAHWA  dengan KERJA KERAS disertai Doa dan Pertolongan Yang DIATAS  Partai Demokrat dengan Nomor Urut 7 ( Tujuh ) MENANG DI PEMILU 2014, SEMOGA*****

Rabu, 09 Januari 2013

MAMASA NEGERI DIATAS AWAN

 Jalan Poros Mamasa ( Foto : Pribadi ).

Perjalanan Pertama kali ke Mamasa Ibukota  Kabupaten Mamasa di Provinsi Sulawesi Barat terletak di Timur Ibukota Provinsi Mamuju, Jum’at 4 Januari 2012,  ditempuh dalam waktu 9 Jam dengan kendaraan Roda 4 mengambil route Mamuju melewati 2 Kabupaten Majene dan  Polewali Mandar ( Kabupaten Induk Mamasa sebelum di mekarkan menjadi Kabupaten Baru DOB pada tahun 2002 ).

Jam 9.00 Wita pagi kami dan rombongan Bapak Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat  berangkat Dari Kota Mamuju dengan kendaraan Roda empat yang menggunakan handel ( 4 WD ) dan tiba di Kota Polewali Mandar jam 11.30, hanya 3,5 Jam lebih sedikit padahal jaraknya kurang lebih 200 Km, setelah mengisi bahan bakar dan mampir di warung untuk Lunch dan beristirahat sekedar meluruskan otot  kami lalu melanjutkan perjalanan dari Polewali Mandar menuju Mamasa Ibukota Kabupaten yang terletak diantara pegunungan terjal diatas ketinggin sekitar  1800 hingga 180000 meter diatas permukaan laut.


 Kabut Menyelimuti kondisi disiang hari ( foto : Pribadi )

Dari Jalan Poros Trans Sulawesi Kota Polewali rombongan kami berbelok kekiri hanya sekitar 2 atau 3 km dari 92 Km yang harus ditempuh untuk sampai di Mamasa mobil berada di jalan aspal yang mulai rusak, deru mobil mengerang jalan yang rusak parah berlobang bak kubangan kerbau dan pendakian yang semakin kesana semakin terjal dikelilingi oleh hutan-hutan tropis membentang  membuat mobil hanya bisa berjalan pada posisi gigi 1 atau 2, mirip ofroad nyali ciut dan kepala tegang melihat disekeliling jurang yang dalam dan berkabut luar biasa walau indah tapi menyeramkan.

Ombak jalanan terus menghempas , mobil terus meraung mendaki melewati beberapa perkampungan  rumah-rumah penduduk ditepi jurang kepala terantuk di atap kabin, sore jelang malam tiba hujan rinai turun membasuh kabut seperti awan membentang disekitar kita bagai negeri diatas awan, tapi rombongan harus terus berjalan dan setelah hampir 7 jam ketika malam mulai turun  kamipun sampai dibibir Kota yang berada ditengah  diapit oleh dua buah gunung dan dibelah oleh sungai.

Tidak sulit mencari penginapan dan rumah makan halal di Mamasa yang mayoritas penduduknya beragama kristen dengan toleransi beragama yang cukup tinggi, kami lalu menuju ke Hotel Sajojo yang terletak di jantung Kota Mamasa yang elok dan permai untuk menginap, Hotel type Melati namun bertingkat tiga ini kamarnya bersih dan lumayan baik, terlalu dingin  walau tak ada satupun kamar hotel atau rumah yang menggunakan AC tanpa AC cuaca dingin meremas tulang walau siang dan sinar matahari sudah berada diatas ubun, inilah kelebihan Mamasa yang tak perlu mengadakan alat pendingin fasilitas yang cukup mahal dan mewah yang bisa menghabiskan dana yang tak sedikit jumlahnya hingga puluhan milyar untuk semua bangunan yang layak menggunakan AC di Mamasa.

Karena capek diguncang Ombak jalanan yang berlubang Saya baru bangun dari tidur sekitar Jam 8.30 Wita pagi hari Sabtu, maksudnya ingin mandi tapi badan terasa mengigil seperti berada di Nepal saat salju mulai turun terpaksa hanya cuci muka lalu memakai training dan sepatu Cat, lengkap dengan topi dan berangkat menuju Lapangan di jantung kota, kabut masih menggantung  hari itu ada kegiatan  Gerak jalan Santai yang diselenggarakan Oleh DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamasa dengan 100 paket hadiah, rencananya akan menonton sebelum mengikuti kegiatan lainnya, seperti melihat-lihat wisata budaya yang sangat terkenal di Mamasa.

 Mamasa Gerak Jalan Santai

Sebelum sampai dilapangan sudah terlihat puluhan ribu orang peserta gerak jalan bergerak memenuhi ruas jalan yang agak besar di jantung Kota kami dan rombongan berhenti menonton dan mengambil gambar seadanya dengan HP, Gerak jalan Santai hanya berlangsung beberapa jam setelah undian kupon untuk menentukan pemenang Sayapun bergegas untuk pulang agar bisa menyempatkan diri melihat-lihat tempat-tempat wisata yang ada di Kota ini.

Ada beberapa tempat yang menurut Saya Unik dan Indah yang Saya kunjungi hanya dengan berjalan kaki agar bisa mengambil gambar, apalagi tempat-tempat Unik itu berada disekitar Kota Mamasa, namun sebelum kesana Saya mampir dulu disebuah rumah makan yang selalu menyiapkan Jus terung belanda sebagai minuman pembuka atau penutup makan siang atau malam dengan menu kegemaran Saya ikan Mas raksasa bakar  yang dipelihara sendiri di kolam para penduduk.

Selesai makan dan icip kue khas Mamasa Saya lalu bergegas untuk menuju ke Pondok Mamasa Indah yang memang indah menikmati Mandi Air Panas yang keluar dari perut bumi, letaknya hanya beberapa langkah dari rumah makan di jalan Poros Mamasa sambil berendam terdengar gemercik air sungai kecil yang mengalir dilembah , hijaunya dedaunan dan jembatan kayu kecil membentang melewati sungai ke punggung gunung menghubungkan Kota dengan penduduk yang tinggal diatas perbukitan hijau, ngarai yang dalam diselimuti kabut tipis sepanjang hari tak terasa waktu berlalu begitu singkat.

Usai berendam air panas Saya lalu menuju ke Salah satu tempat Wisata Budaya Rumah Adat yang terletak di Kota Mamasa Kecamatan Mamasa, Rumah adat yang menyimpan benda-benda bersejarah nan unik, untuk masuk kesana tak perlu beli tiket, sebagaimana biasanya benda-benda pusaka atau peninggalan sejarah yang ada di mesium begitulah adanya yang ada disini.Hanya sejenak melihat-lihat bangunan Unik ini Saya bergegas untuk pulang Hotel kegiatan utama kami menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Mamasa Oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Bpk. Drs. H. Suhardi Duka yang akrab disapa Pa SDK akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan pada pukul 17.00 Wita, sayang sekali kesempatan yang berharga untuk melihat-lihat tempat-tempat wisata harus berakhir hingga disini dulu.

Jus Terung Belanda Minuman Khas yang disediakan di Mamasa ( foto : Pribadi )

Namun sebelumnya Saya sempat membaca sebuah leaflet yang berisikan tempat-tempat wisata yang memikat, jadi nantinya ketika Saya akan kembali kesana ada beberapa tempat-tempat Wisata yang akan Saya kunjungi, Kabupaten Mamasa memiliki beberapa objek wisata, yaitu Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong di Kecamatan Balla, Minanga di Sesenapadang, Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Agro Wisata Perkebunan Markisa di Kecamatan Mamasa, Perkampungan Tradisional Desa Ballapeu, Tradisi Mebaba’ dan Mangngaro di Nosu merupakan tradisi yang unik yang wajib dilihat dan dinikmati keindahannya.

Malam minggu tanggal 6 Januari 2012 sekitar Jam  21.00 Wita setelah selesai makan malam  kami dan rombongan yang terdiri dari 7 kendaraan meninggalkan Kota Mamasa Negeri berselubung kabut nan berhawa dingin digugusan pegunungan yang berkabut bak Negeri diatas awan, Mamasa Oh Mamasa Selamat tinggal Kota Indah dan Permai, Mabuhay kata Orang Pilipina, Aloha sampai ketemu suatu hari dalam suasana yang lebih menyenangkan***

Muhammad Nur - Mamuju**

Senin, 07 Januari 2013

INILAH PIDATO PA SDK DI PELANTIKAN PENGURUS DPC PD MAMASA


Mamuju - 07/1/2012,  Pa SDK dalam acara Pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamasa yang diselenggarakan di Gedung Convention Center Mamasa pada Hari Sabtu tanggal 5 Januari 2012 mengatakan bahwa " PELANTIKAN Pengurus dan kehadirannya disini sebagai perwujudan kongkrit dan mengukuhkan keberadaan dan keberhasilan serta solidnya Partai Demokrat dari Pusat hingga ke daerah-daerah termasuk di Mamasa.
( Penulis laporan : Muhammad Nur )

Pa SDK dalam sambutan singkat tanpa Teks dihadapan Undangan yang dihadiri Oleh  Forum Komunikasi Pemerintah Kabupaten Mamasa, Pemuka Agama dan Pemuka masyarakat, Pengurus, Kader dan simpatisan Partai Demokrat dengan lugas tegas dan berirama menyentuh para hadirin , dari Pidato itu kami berusaha untuk merangkumnya dalam tulisan lewat cuplikan kata-kata Beliau yang antara lain mengatakan :
                                
Beliau menjelaskan Bahwa  Kehadiran Partai ditengah-tengah masyarakat kita di Daerah sebagai Penopang dari kekuatan-kekuatan di Indonesia, dan  setelah  reformasi bergulir 98  Indonesia menjadi sebuah Negara yang menganut Demokrasi yang baik,(  hal ini mengisyaratkan bahwa di bawah Pemerintahan Pa SBY  Rakyat Indonesia memberikan kebebasan kepada masyarakatnya untuk mengeluarkan pendapat, berkumpul dan berserikat, seluas-luasnya  asal tak kebablasan Red ), tidak banyak Negara yang bisa melaksanakan Demokrasi dengan baik, tapi syukur Indonesia bisa melakukan itu.

PA SDK  menyinggung tentang Perang di Suriah yang telah berlangsung berlarut-larut, atau suhu Politik di Mesir yang masih panas walau Husni Mubarak telah tumbang terus saja bergejolak, tapi Indonesia bisa melaksanakan Demokrasi dengan baik dan menjadi Negara No.2 setelah Amerika, tepuk tangan hadirin membahana.


Kita kembali kesubstansi pidato Pa SDK di Pelantikan Pengurus dan Dalam bagian lain sambutannya Pa SDK mengatakan bahwa ada Orang yang berpendapat bahwa saat ini Pemerintah gagal Indonesia gagal, Partai Demokrat Gagal mengemban misinya, kenyataan dan faktanya tidak demikian   Dibidang Ekonomi dibawa Pemerintahan SBY ( Demokrat ),  setelah krisis ekonomi melanda Erofah hampir semua Negara maju terpuruk ekonominya, dibawah SBY Indonesia bangkit  masuk dalam daftar 3 besar pertumbuhan ekonomi dunia, China diurutan pertama, disusul India dan Indonesia, bahkan saat ini kemajuan Ekonomi  Indonesia semakin mengukuhkan diri meninggalkan India,  tepuk tangan hadirin kembali bergelora memenuhi ruang.


 

Vidio Pembagian hadiah Jalan santai di Lapangan Mamasa pagi sebelum acara Pelantikan nampak rekan2 dari DPD ada Pa Wahab, Pa Abu, Haji Sukardi, Haji Tasdir  dan lainnya mau tonton klik segitiga dan nikmati Vidionya.

Jadi kalau ada Orang yang mengatakan SBY dan Demokrat Gagal Faktanya tidak demikian tingkat kesejatraan masyarakat semakin meningkat buktinya kita bisa rasakan saat ini ( tanpa teks Beliau menjelaskan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan Perkapita Masyarakat Indonesia dibawah Pemerintahan SBY ) membandingkan dengan data dan faktanya sama persis dengan pa yang disampaikan Pa SDK baca disini Klik (Ekonomi Indonesia 2012 Tetap Kuat di tengah Ketidakpastian Global).

Selanjutnya Pa SDK membagi pengalamannya memimpin Kabupaten Mamuju selama 7 tahun belakangan ini walau singkat tapi padat, apa yang dikatakan Pa SDK sejalan dengan yang ditulis oleh wartawan diberbagai media untuk meyakinkan pembaca  agar tidak terjadi presepsi dari masyarakat bahwa data-data yang dikemukakan oleh beliau hanyalah presepsi pribadi penulis maka Saya akan tampilkan link yang berhubungan dengan Pidato Politik Pa SDK klik " Mamuju targetkan Pertumbuhan-ekonomi 11,79 % Tahun 2012.).

( Pa SDK berharap Mamasa dihari-hari yang akan datang dapat menyamai Mamuju ungkapnya.Pa SDK juga mengatakan bahwa Dirinya tak pernah salah dalam memilih Orang ( maksudnya Rudiyanto, SH ) untuk Bakal Calon Bupati Mamasa 2013 - 2018.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia secara Nasional saat ini tumbuh sekitar 6, 3 % di Tahun 2012  kurang yakin baca " DISINI " dibandingkan dengan Mamuju yang jauh diatas rata-rata Nasional 11,59 %, Dari Data dan Fakta menunjukkan  Pada Tahun 2007 dua tahun Pemerintahan Pa SDK yang pertama Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju 7,96%, setahun kemudian yaitu pada tahun 2008 tumbuh sekitar 9,69 %, Tahun 2010 tumbuh sekitar 10,59 %, tahun 2011 meningkat menjadi 11,51 %  sangat masuk akal bila Kabupaten Mamuju masuk dalam daftar daerah yang pertumbuhan Ekonominya diatas rata-rata dibanding dengan Daerah lain di Indonesia, dan wajar pula bila Pemerintah Kabupaten Mamuju menargetkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Mamuju akan mencapai 12,59% pada tahun 2015, para hadirin bertepuk tangan larut dalam kegembiraan.

Sebagai Penulis kampungan yang tinggal di Daerah tak pantas berbicara dalam tulisan untuk komsumsi publik,  menulis sesuatu tanpa rujukan yang akan menimbulkan presepsi dan sak wasangka masyarakat yang kebetulan membaca untuk itu Saya buka link sumber data selain dari ucapan Pa SDK di Pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Mamasa ( 5/1/2013 ) klik dan baca Disini, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju.

Bersambug ****

Minggu, 06 Januari 2013

GERAK JALAN SANTAI BERHADIAH 100 PAKET

                    Jelang Undian Gerak jalan santai di Mamasa Foto : M.Nur

Mamasa ( 5/1/2012 ) - Dalam rangka Pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat yang dirangkai dengan Peringatan Natal Keluarga Besar Rudiyanto, SH sekaligus memperkenalkan ( sosialisasi ) Bakal Calon Bupati yang diusung Partai Demokrat dengan segenap masyarakat Mamasa.
Partai Demokrat Kabupaten  Mamasa menyelenggarakan Gerak Jalan Santai Berhadiah 100 Paket yang terdiri dari Home Theater, TV Plasma berbagai macam merek, Kulkas, mesin cuci dan alat-alat elektronic lainnya terlalu panjang untuk disebut satu persatu.
    
Panitia Penyelenggara yang enggan disebut Namanya mengatakan kepada kami bahwa " Seluruh dana penyelenggaraan yang jumlahnya cukup signifikan itu berasal dari Kantong Pribadi Rudiyanto, SH dan dikelola langsung Oleh Panitia, mereka tak perlu repot-repot untuk mengumpulkan dana dan langsung bisa bekerja seperti apa yang kita lihat hari ini " katanya.  

" Gerak jalan santai dalam rangka Pelantikan  Partai Demokrat Mamasa ini terbuka untuk umum, tanpa dikenakan biaya pendaftaran alias gratis, hanya 1 yang tak boleh ikut Pengurus DPC, Target Panitia hanya sekitar 6000 peserta ternyata kita melampaui target gerak jalan ini diikuti oleh kurang lebih 10000 Orang dan berlangsung sukses, meriah tanpa masaalah ” kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Kab. Mamasa ,  di Covention Centre Mamasa, Sabtu  (5/1/2012 )."


   Inilah pondok Mamasa Indah di jln Poros Mamasa disini ada tempat mandi air panas siang hari kabut masih nampak ( foto pribadi )

Pelepasan peserta gerak jalan santai  dilakukan Ketua  DPD Partai Demokrat Provinsi Sulbar, Drs. H, Suhardi Duka, MM ( Pa SDK ) dengan mengangkat bendera star tanda dimulainya Gerak Jalan berikut Ketua DPC Partai Demokrat Mamasa Rudiyanto, Dengan start mulai dari Lapangan Bola melalui jalur yang telah ditentukan di jantung Kota Mamasa, pada pagi hari sekitar jam 7.30 dalam cuaca yang sangat dingin didataran tinggi.

Tak ada keluhan dari Masyarakat mengenai Penyelenggaraan gerak jalan santai berhadiah yang menang nampak bergembira dengan mengarak hadiahnya diatas motor berboncengan lengkap dengan baju Kaos berlambang Demokrat sambil melambai-lambaikan bendera Partai Demokrat menyusuri sekitar jalan Poros Mamasa, sedang yang belum menang pulang ke rumah untuk mempersiapkan diri menonton acara Pelantikan sore hari dan natal bersama pada malam hari, tak ada yang merasa dirugikan tak ada yang merasa dianak tirikan yang dapat hadiah atau yang belum semua berbinar menanti harapan yang lebih baik dimasa akan datang bersama Demkorat Mamasa Rudiyanto dan Pa SDK Bisa.


Gerak jalan Santai Mamasa
                                     
Walau acara jalan santai bersama Ketua DPC Partai Demokrat Mamasa , tidak dimeriahkan  dengan mendatangkan Artis Ibukota, namun semangat kebersamaan dan kemeriahan sangat nampak menyelimuti Masyarakat Mamasa yang turut larut dalam acara yang berlangsung satu hari satu malam, di Bumi KONDOSAPATA Yang Indah Nan Permai, mungkin saat Deklarasi Nanti Pa Rudiyanto, SH bisa mendatangkan Artis Ibukota, Semoga**** ***Muhammad Nur - Mamuju ***

INILAH SUASANA PELANTIKAN DPC PARTAI DEMOKRAT MAMASA


Mamasa -  ( 5 Januari 2012 )  Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Drs.H.Suhardi Duka, MM yang sangat akrab disapa Pa SDK melantik dan mengambil sumpah Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Mamasa Priode 2012-2017 pada Hari Sabtu tanggal 5 Janurai 2012 dengan mengambil tempat di Gedung Pertemuan Covetion Center Mamasa, di Ibukota Kabupaten Mamasa diatas daratan tinggi sekitar 8000 meter diatas Permukaan Laut.
( Penulis Artikel/laporan : Muhammad Nur )

Pa SDK melantik DPC PD Mamasa ( Foto : Abubakar Bajeber )

Prosesi Pelantikan yang sangat meriah dihadiri oleh 1500 tamu Undangan, para kader, simpatisan  yang ada didalam Gedung serta ribuan lainnya berada diluar gedung meluber tumpah ruah hingga di jalan-jalan sekitar Gedung Pertemuan yang terletak di jantung Kota Mamasa.

Rudiyanto, SH yang terpilih sebagai Ketua DPC dan Johannes, S.Pd, MH sebagai sekertaris DPC Partai Demokrat Mamasa berdasarkan hasil Musyawarah Cabang yang diselenggarakan beberapa bulan lalu membawahi beberapa bagian sehingga kepengurusan berjumlah 58 Orang. Rudiyanto dan Johannes terpilih dengan suara bulat tanpa hambatan yang berarti.

                      Mamasa 5/1/2012 Pengurus DPC Partai Demokrat Mamasa 2012-2017

Sekitar Jam 16.58 Wita Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Pa SDK bersama rombongan dari DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat,  memasuki gedung pertemuan dimana sudah hadir ribuan massa  kader dan simpatisan. Saat memasuki Gedung Pa SDK disambut dengan Upacara adat dan Pengalungan sarung yang diiringi oleh Puisi dalam bahasa Mamasa yang artinya mengucapkan selamat datang Pemimpin yang bijak yang memerintah dengan adil dan seterusnya.

       Suasana dalam Gedung sebelum acara  Pelantikan di mulai ( foto : Abubakar Bajeber )
             
Master Ceremony membuka acara dan mempersilahkan hadirin berdiri Lagu Indonesia Raya bergema di ruang gedung Pertemuan yang diberi pernik-pernik Hari Natal dan menyambut Tahun bary 2013 , tempat dilangsungkannya pelantikan Pengurus DPC Partai Demokrat Mamasa, melantik Pa Rudiyanto dan Johannes beserta jajarannya, selanjutnya hymne Demokrat yang diakhiri dalam sesion Pembukaan  dengan Mars Partai Demokrat, hadirin dipersilahkan duduk kembali, dalam acara yang meriah ini disamping hiburan Elekton juga dimeriahkan oleh berbagai ragam tarian adat dan Musik bambu yang yang sangat menghibur masyarakat Mamasa, kita maklumi jalan mendaki terjal berkelok sepanjang 92 km dari Kabupaten Induknya Polman ditempuh kurang lebih 7  jam dalam suasana Ombak daratan yang tak kunjung usai menghempas kendaraan roda empat hingga ke mulut Ibukota Kabupaten Mamasa, yang mengakibtakan Orang enggan untuk berkunjung ke Mamasa apalagi untuk menggelar acara padahal Negeri ini Indah dan Permai  ( akan Saya ceritrakian di bagian lain ).

 Suasana Sebelum Gerak Jalan Santai mengambil star di lapangan Mamasa ( Foto : Abubakar Bajeber )

Dan dari Pantauan Saya yang kebetulan ada dalam Acara Pelantikan tersebut terlihat  hadir unsur Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Mamasa Kecuali Bupati yang diwakili Oleh Kabag Kesbangpol sekertariat daerah Daerah Kabupaten Mamasa setingkat Eselon 3. Wakil Ketua DPRD Prov.Sulbar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Polman A. Mappangara, Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Prov.Sulbar Drs. H. Sukardi M.Noor, ketiganya adalah Pengurus DPD Partai Demokrat Sulbar.

Sesungguhnya Masyarakat Kabupaten Mamasa sangat merindukan acara-acara seremonial dengan hiburan yang menyegarkan seperti ini Partai Demokrat mengambil momentum yang baik dengan menggelar acara Pelantikan sebagai tonggak sejarah baru bagi Partai Demokrat selama 11 Tahun hadir di Kabupaten Mamasa inilah yang termeriah dan Pertama yang berhasil dengan sukses dan lancar menyelenggarakan Gerak jalan santai pagi hari sebelum acara pelantikan yang diiukuti oleh 10.000 peserta dengan 100 hadiah ( tulisan lengkapnya pada bagian lain tulisan ini ).

 Dari kiri : Pa SDK Topi PP, Pa Rudiyanto Balon Bupati Mamasa ( tengah ) , Abubakar Bajeber Baju Merah Putih sebelum Pengundian Kupon Jalan Santai dimulai ( foto : Abubakar Bajeber FB )

Setelah Pelantikan acara dilanjutkan dengan sambutan dan hiburan yang kemudian dirangkaikan  dengan Natal bersama  Keluarga Besar Rudiyanto, SH Bakal Calon Bupati Mamasa Priode 2013-2018 dari Parrtai Demokrat.

Sambutan dan Pidato Politik Pa SDK Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat  pada Pelantikan Pengurus DPC Kabupaten Mamasa, hasil wawancara dengan tokoh dan beberapa masyarakat yang saya temui secara terpisah di beberapa tempat di Mamasa akan Saya tulis dalam beberapa bagian Insya Allah dalam beberapa Hari di Kompasia, WartaWarga, detik forum.

Terima kasih.



Rabu, 02 Januari 2013

REPUTASI PA SDK DAN ALIBI PENULIS

Opini Oleh : Muhammad Nur ( OKT  )_.


                                               Pa SDK ( Foto : Facebook )

Saya yakin para pembaca yang budiman lebih faham daripada penulis apa itu Reputasi dan apa itu alibi ?  namun sebagai pembuka Sebelum memulai penulisan Artikel ini Saya akan menyampaikan secuil dari apa yang Saya ketahui walau terbatas dari hasil membaca buku-buku maklum Hobbi membaca adalah bagian dari hidup,  menurut akhlinya Reputasi adalah tujuan sekaligus merupakan prestasi yang hendak dicapai bagi seseorang baik yang bergelut di Birokrasi, dunia Politik maupun Sawasta tentu dalam bidang masing-masing. Bagi Seseorang, Birokrat, Politisi atau Swasta reputasi merupakan  titipan kepercayaan dari masyarakat. Namun bila ternyata sesorang   mengalami krisis kepercayaan dari publik maka akan membawa dampak negatif terhadap reputasi dan akan memerlukan usaha keras untuk menumbuhkan dan membangun kembali kepercayaan.

Tugas seorang Pemimpin, Baik Politisi, Birokrasi, maupun Swasta yang ingin tetap eksis dan mendapat kepercayaan adalah dengan memelihara kepercayaan Public, ( salah satu cara yang cukup efektif untuk membangung komunikasi intens dengan masyarakat Untuk seorang Pemimpin yang Politisi saat sekarang ini dengan melalui media center yang dikelola dengan profesional, Birokrasi dengan membangun Humas yang tangguh, sedangkan Swasta Pengusaha tentu dengan mengandalkan public relation ( Sekertaris ) untuk  ‘mengelola presepsi ’ masyarakat agar mengarah kepada citra yang diinginkan atau diharapkan (wished image) melalui strategi yang tepat dan aktivitas komunikasi yang efektif.
 
Untuk memelihara Citra Pemimpin agar Lebih efektif tentu dibutuhkan partisipasi dengan melibatkan segenap anggota organisasi secara lintas  fungsional, dan harus dilakukan secara terus menerus. Harus ada sebuah sistem yang eksis untuk menopang citra dengan prilaku dan tindakan yang bijak bukankah ada kata bijak pendahulu kita bahwa " setetes Tinta bisa merusakkan air sebelanga ". Hanya satu yang berbuat semua kena getahnya, mungkin itulah artinya ?!

Alibi ini juga kata-kata Lumrah yang sudah hampir semua Orang Tahu tapi sekedar mengingatkan Saja Alibi menurut Orang Pintar " Adalah suatu keterangan yang menyatakan bahwa subjek berada di tempat lain ketika suatu kejadian terjadi. Alibi. Dengan kata lain alibi adalah tidak berada di tempat kejadian, namun kejadian itu ada dan diwujudkan.

Mengapa Penulis memberi judul Artikel ini REPUTASI PA SDK DAN ALIBI PENULIS, menurut Saya sebagai Masyarakat Mamuju melihat dari sisi kenyataan dan wujud yang ada sekarang namun tidak termasuk didalam bagian kejadian atau mengetahui rencana, dan bagaimana gagasan  untuk membangun presepsi masyarakat pada saat itu untuk ikut berpartisipasi Aktif dalam Program yang dicanangkan Oleh Pa SDK.


Sumber Foto Majalah Forbes edisi Agustus 2013 Volume 3

Kenyataan jadi bukti walau benda Dia bisa berceritra bahwa Pa SDK telah memberi yang terbaik yang belum pernah dilakukan Oleh Pendahulunya berupa  Karya Nyata dari Pemikiran yang beriliyant yang harus disadari oleh masyarakat  baik berupa Program nyata dan bangunan monumental yang telah diwujudkan Pa SDK sebagai bukti sejarah dimasa yang akan datang.

Beceritra panjang lebar tanpa memberi bukti namanya  mendongeng ada banyak bukti yang telah nampak pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ditunjang inprastruktur , sarana dan prasarana jauh lebih baik berlipat-lipat kali dibanding 15 atau 10 Tahun yang Silam, Walau Data-nya ada tak cukup waktu dan ruang untuk menuliskan data-data secara lengkap apa saja kemajuan yang telah dicapai Pa SDK dalam masa Pemerintahannya.


Sumber foto Majalah Forbes edisi Agutus 2012 Volume 3

Diantara sekian banyak hal ( Program yang sudah terlaksana ) hanya ada delapan hal yang bisa Penulis catat dalam artikel ini, bagaimana Pa SDK membangun sebuah Prestasi utuk mencapai Reputasi yang akan tercatat dalam sejarah bagi anak-anak cucu kita dikemudian Hari yang menyentuh langsung ditengah-tengah masyarakat.

Selain membangun imfrastruktur Pa SDK beberapa tahun terakhir  ini melaksanakan Pengobatan Gratis dan Pendidikan Gratis, perihal ini  telah Saya terjemahkan dari sebuah Majalah bertarap Internasional yang hanya memuat Orang-Orang Penting Indonesia yang berprestasi seperti antara lain Chaerul Tanjung dalam sebuah artikel di Kompasiana ( klik Link-Nya  " Majalah Forbes Menulis Keberhasilan Bupati Mamuju Pa SDK ".

Untuk mengingatkan Masyarakat Mamuju agar tidak melupakan Sejarah ( dalam hal ini Penulis meyakini bahwa  Artikel ini akan tersimpan dengan baik di Blog ini  selama dunia masih berputar dan Pemilik Blog tak menghapus ( delete, restore bahasa kerennya, juga bisa ditemukan kapan Saja manusia ingin membacanya dengan menggunakan share di google mengetik judulnya ), Ada beberapa bangunan monumental yang nanti akan menjadi Peninggalan Sejarah ratusan tahun yang akan datang buah Pemikiran Pa SDK diantaranya :

1. Mesjid Raya Syuhada Mamuju dibangun sejak 2007 s/d 2009,
2. Stadion Kebanggaan Mamuju bekerja sama dengan Pemprov. Sulbar
3. Rumah Jabatan Refsentatif  Bupati Mamuju diatas bukit Anjoro Pitu,
4. Reklamasi Pantai dengan mengajak investor Daerah membangun Hotel bintang 4 D'Maleo.
5. Terminal antar Kota antar daerah di Simbuang.
6. Pasar  tradisional Regional Mamuju,

Tentu masih ada bangunan monumental yang terlupa atau penulis tidak masukkan dalam artikel ini baik yang sudah ada maupun yang sementara dalam tahapan pembangunan, agar dimaklumi karena keterbatasan waktu untuk melakukan audience ataupun melakukan hunting sampai ditingkat Kecamatan, harapan penulis artikel ini sudah  memuat sedikit dari banyak hal  tentang reputasi Pa SDK.sebagai Bupati Mamuju.

Mungkin ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Pa SDK ataupun Pembaca berkenan dengan tulisan ini sekedar imformasi tulisan Saya ini buat langsung di Dashbord seketika tanpa konsep, mengalir begitu Saja,  Saya yakin sedikit dari banyak Penulis Ceritra, Blogger yang menulis seperti Saya karena penulis profesional selalu menulis karya-karyanya lewat Mickrosoft  dengan menggunakan peralatan yang lebih canggih dan kemudian meng upload ke Dashboard sehingga tidak ada satupun kalimat, foto, maupun vidio yang salah ketik atau salah letak komputer akan membenarkan secara otomat. Kami mohon maaf dan koreksi untuk pembetulan pada kolom komentar dibawah ini******