Jumat, 21 Desember 2012

Pa SDK hanya 1 dari 30 Orang Ketua DPD yang mendapatkan Kehormatan di HUT Partai Demokrat


 Pa SDK menerima tumpeng HUT. Partai Demokrat di Sentul Internasional Covention Center di HUT Partai Demokrat ( foto; Facebook Abubakar Bajeber )

Drs. H. Suhardi Duka  Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat bukan saja dikenal dan terkenal di Kabupaten Mamuju khususnya dan Sulawesi Barat pada umumnya tapi juga di hampir seluruh pelosok Tanah Air utamanya dilingkungan Partai Demokrat,  walau Beliau sendiri belum cukup setahun bergabung dan menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat.

Salah satu bukti kongkrit bisa dilihat oleh mereka yang bermain di media Internet di situs online Professor  Google misalnya nama Pa SDK bisa langsung diakses dengan   Share di Google lewat berita-berita di berbagai media online, kalau kurang yakin coba anda Cari  Pa SDK, Mamuju  maka dengan mudah akan ditemukan  berjejal hingga puluhan item berita tentang Beliau, selain di situs resmi,  Pa SDK  dengan ide-ide cemerlang dan hasil pemikirannya bisa  dilihat  lewat Akun pertemanan pribadi Facebook, Twitter, Linkedin dan Skype Nama Pa SDK sudah melanglangbuana bersama Partai Demokrat Sulbar tanpa disadari.

Di hari Ulang Tahun Partai Demokrat Yang ke-XI tanggal 15 Desember 2012 dengan Thema " UTAMAKAN KEPENTINGAN RAKYAT " yang dihadiri Oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Pa SBY, yang diselenggarakan di Sentul Internasional Convention Center Bogor Jawa Barat, Pa SDK mendapat kehormatan besar dari DPP Partai Demokrat sebagai salah satu dari 3 Ketua DPD Provinsi yang menerima potongan tunpeng HUT Partai Demokrat dalam sebuah seremonial yang meriah di hadiri Oleh kurang lebih 6000 Orang Kader Partai Demokrat,  bayangkan menurut Pa Direktur Eksekutif Abd.Wahab Abdy, S.Sos,M.AP, sampai-sampai Master Ceremony berulang kali menyebut Nama Pa SDK ( MC bukan menyebut Nama Drs.H.Suhardi Duka ) Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat  untuk naik keatas menerima pemotongan tumpeng, diantara 33 Ketua DPD yang hadir, lebih dari 300 Ketua DPC, anggota DPR,DPRD Provinsi,DPRD Kabupaten dari Fraksi Partai Demokrat diseluruh Indonesia.

Kronologis pemotongan tumpeng HUT, Partai Demokrat :

Setelah Ketua Dewan Pembina Pa SBY dan Ketua DPP Partai Demokrat Bung Anas Urbaningrum selesai memberikan kata sambutan HUT Partai Demokrat yang ke-XI. Acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng HUT Partai Demokrat yang ke-XI.

 Pa SDK Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar menerima Tumpeng dari rekannya Ketua DPD Riau ( foto: Facebook Abubakar bajeber )

Pemotongan tumpeng pertama dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Pa SBY, yang diserahkan kepada Ketua 1 DPP Partai Demokrat Pa Drh. Jhonny Alen Marbun, lalu kepada Sekjen DPP Partai Demokrat  Mas Edie Baskoro Yudhoyono,M.Sc dan kepada Direktur Eksekutif  Pa Toto Riyanto,S.Ip.SH .MM, selanjutnya MC mengarahkan  acara pemotongan tumpeng dengan mengundang 3 Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Yaitu Ketua DPD Provinsi Riau HR.Mambang Mit Mewakili Wilayah Barat Indonesia, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Pa SDK Mewakili Wilayah Indonesia Banguan Tengah dan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Maluku Abdullah Vanath Mewakil Indonesia bagian Timur.

Ketua DPD Partai Demokrat Prov.Riau memotong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada dua rekannya sesama Ketua DPD masing kepada Pa SDK  Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar  dan kepada Abdullah Vanath Ketua DPD Partai Demokrat Maluku.

Mendapatkan kehormatan di Forum Nasional bukanlah hal baru baru bagi Pa SDK, belum cukup sebulan yang lalu Pa SDK baru saja mendapat kehormat ditunnjuk oleh Pemerintah Pusat untuk melakukan Mision Study Publick Servis di Kanada lewat Program Kemetrian Dalam Negeri selama 15 Hari bersama 4 Kepala Daerah diantara  kurang lebih 400 Kepala Daerah di Indonesia.

Ini Fakta bukan wacana atau sekedar Lips Servis, Pa SDK menurut hemat kami adalah salah satu Politisi Cemerlang dan cakap yang di miliki Indonesia saat ini, Beliau mampu membaca situasi  dan mengenal medannya dengan baik, Beliau dengan cepat bisa bangkit dalam kondisi seburuk apapun, Beliau mampu memenej kadernya walau Partai Demokrat sedang dirongrong Oleh lawan-lawan Politiknya, komitmen untuk selalu bersama kader Partai  dan bertekad memenangkan Demokrat di Sulawesi Barat Khususnya dan Indonesia pada umumnya di Pemilu 2014, Semoga** ****

Rabu, 19 Desember 2012

MARI KITA FLASHBACK TERBENTUKNYA DOB MATENG

Dari Kiri kekanan : Hj.Sitti Suraedah Suhardi,Se Wkl.Ketua DPRD Kabupaten Mamuju, Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka, MM, Pa Aras Tammauni ( Tokoh Masyarakat Mamuju Tengah ) di Gedung DPR RI Senayan Jakarta siap Mengawal disahkannya DOB Mateng ( Foto : Facebook ).

Mari  kita Flash Back kebelakang melihat kembali Riwayat berdirinya DOB Mamuju Tengah agar kita bisa merenungi betapa panjang penantian masyarakat Mamuju Tengah untuk Mandiri lepas dari Induknya lewat perjuangan panjang yang melelahkan ( kata Orang menunggu adalah pekerjaan berat dan membosankan ).

Hari yang ditunggu akhirnya datang juga penantian panjang yang melelahkan berubah menjadi perasaan suka cita ketika DOB Mamuju Tengah resmi disahkan pada hari yang bersejarah tanggal 14 Desember 2012, semua kepenatan dan kegelisahan menanti pupus ditelan kegembiraan. 

Kronologi singkat terbentuknya suatu DOB ( Daerah Otonomi Baru ) ( sekedar mengingatkan bukan menggurui karena para pembaca tentu jauh lebih tahu dari Saya ) :

DASAR HUKUM PEMBENTUKAN DAERAH OTONOM BARU : Undang-Undang Nomor  32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah  (Pasal,  3, 4, 5, dan  6).

PASAL 4 :

(1) Pembentukan daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) ditetapkan dengan undang-undang
(2) Undang-undang pembentukan daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) antara lain mencakup nama, cakupan wilayah, batas ibukota, kewenanga menyelenggarakan urusan pemerintahan penunjukan penjabat kepala daerah, pengisian keanggotaan DPRD, pengalihan kepegawaian, pendanaan, peralatan, dan dokumen, serta perangkat daerah.
3) Pembentukan daerah dapat berupa penggabungan beberapa daerah atau bagian daerah yang bersandingan atau pemekaran dari satu daerah menjadi dua daerah atau lebih.
(4) Pemekaran dari satu daerah menjadi 2 (dua) daerah atau lebih sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat dilakukan setelah mencapai batas minimal usia penyelenggaraan pemerintahan.
Pasal 5
(1) Pembentukan daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 harus memenuhi syarat administratif, teknis, dan fisik kewilayahan.
(2) Syarat administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk provinsi meliputi adanya persetujuan DPRD kabupaten/kota dan Bupati/Walikota yang akan menjadi cakupan wilayah provinsi, persetujuan DPRD provinsi induk dan Gubernur, serta rekomendasi Menteri Dalam Negeri.
(3) Syarat administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kabupaten/kota meliputi adanya persetujuan DPRD kabupaten/kota dan Bupati/Walikota yang bersangkutan, persetujuan DPRD provinsi dan Gubernur serta rekomendasi Menteri Dalam Negeri.
(4) Syarat teknis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi faktor yang menjadi dasar pembentukan daerah yang mencakup faktor kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, pertahanan, keamanan, dan faktor lain yang memungkinkan terselenggaranya otonomi daerah.
(5) Syarat fisik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi paling sedikit 5 (lima) kabupaten/kota untuk pembentukan provinsi dan paling sedikit 5 (lima) kecamatan untuk pembentukan kabupaten,dan 4 (empat) kecamatan untuk pembentukan kota, lokasi calon ibukota, sarana, dan prasarana pemerintahan.
Pasal 6
(1) Daerah dapat dihapus dan digabung dengan daerah lain apabila daerah yang bersangkutan tidak mampu menyelenggarakan otonomi daerah.
(2) Penghapusan dan penggabungan daerah otonom dilakukan setelah melalui proses evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah.
(3) Pedoman evaluasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diatur dalam Peraturan Pemerintah.

PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 78 TAHUN 2007 TENTANG TATA CARA PEMBENTUKAN, PENGHAPUSAN DAN PENGGABUNGAN DAERAH.

1.Syarat Administratif
a. Keputusan DPRD kabupaten/kota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota (dengan melampirkan Keputusan BPD dan Keputusan Forum Komunikasi Kelurahan atau nama lain dengan menapai 2/3 dari jumlah BPD); mencakup :

      Hj.Sitti Suraedah Suhardi , Se ( Wakil Ketua DPRD Kab.Mamuju ) kiri  ini action di Gedung Nusantara 2    DPR RI Senayan Jakarta Sesaat sebelum sidang Penetapan DOB Baru dimulai ) Foto : Facebook Suraedah Hidayat.
  1. Persetujuan nama calon kabupaten/kota;
  2. Persetujuan lokasi calon kabupaten/kota;
  3. Persetujuan pelepasan kecamatan menjadi cakupan wilayah calon kabupaten/kota;
  4. Persetujuan pemberian hibah untuk calon kabupaten/kota (minimal 2 tahun berturut-turut sejak peresmiannya);
  5. Persetujuan pemberian dukungan dana untuk pemilihan umum kepala daerah pertama kali di DOB;
  6. Persetujuan penyerahan kekayaan daerah berupa barang bergerak dan tidak bergerak, personil, dokumen dan hutang piutang kabupaten/kota untuk calon kabupaten/kota;
  7. Persetujuan penyerahan sarana prasarana perkantoran untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang berada di wilayah DOB, dari kabupaten induk kepada kabupaten/kota baru. Aset lainnya yang bukan untuk pelayanan publik dapat dilakukan dengan ganti rugi atau tukar menukar;
  8. Penetapan lokasi ibukota kabupaten induk yang baru apabila lokasi ibukota kabupaten induk menjadi cakupan wilayah kabupaten/kota yang akan dibentuk.
b.Keputusan bupati/walikota induk tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota; mencakup hal-hal sebagai berikut  :
  1. Persetujuan nama calon kabupaten/kota;
  2. Persetujuan lokasi calon kabupaten/kota;
  3. Persetujuan pelepasan kecamatan menjai cakupan wilayah calon kabupaten/kota;
  4. Persetujuan pemberian hibah untuk calon kabupaten/kota (minimal 2 tahun berturut-turut sejak peresmiannya);
  5. Persetujuan pemberian dukungan dana untuk pemilihan umum kepala daerah untuk pertama kali di DOB;
  6. Persetujuan penyerahan kekayaan daerah berupa barang bergerak dan tidak bergerak, personil,dokumen dan hutang piutang kabupaten/kota untuk calon DOB;
  7. Penetapan lokasi ibukota kabupaten induk yang baru apabila lokasi ibukota kabupaten induk menjadi  cakupan wilayah kabupaten/kota yang akan dibentuk.
c.Keputusan DPRD provinsi tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota; mencakup :
Hj. Nirmalasari Aras,SH ( Anggota DPRD Kab.Mamuju Bersama Hj. Sitti Suraedah Suhardi ,Se ( Wkl.Ketua DPRD Kab.Mamuju ) di Gedung DPR RI Senayan Jakarta Menunggu Rapat Pengesahan DOB Foto facebook Suraedah Hidayat.

  1. Persetujuan pemberian bantuan dana untuk calon kabupaten/kota (minimal 2 tahun berturut-turut sejak peresmiannya);
  2. Persetujuan pemberian dukungan dana untuk pemilihan umum kepala daerah pertama kali di kabupaten/kota;
  3. Persetujuan nama calon kabupaten/kota, cakupan wilayah kabupaten/kota dan calon ibukota kabupaten/kota;
  4. Persetujuan pelepasan aset provinsi berupa sarana perkantoran yang dipergunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik di wilayah kabupaten/kota yang dibentuk. Aset lainnya yang bukan untuk pelayanan publik dapat dilakukan pelepasan hak dengan ganti rugi atau tukar menukar.
d. Keputusan gubernur tentang persetujuan pembentukan calon kabupaten/kota mencakup :
  1. Persetujuan pemberian bantuan dana untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan calon kabupaten/kota (minimal 2 tahun berturut-turut sejak peresmiannya);
  2. Persetujuan pemberian dukungan dana untuk pemilihan umum kepala daerah pertama kali di kabupaten/kota baru;
  3. Persetujuan nama calon kabupaten/kota, cakupan wilayah calon kabupaten/kota dan calon ibukota kabupaten/kota;
  4. Persetujuan memindahkan personil dari provinsi dan berkoordinasi dengan pemerintah, gubernur dan bupati/walikota terhadap personil di wilayah kerjanya yang akan dipindahkan ke kabupaten/kota yang baru dibentuk.
e. Rekomendasi Menteri
1.Syarat Teknis dabn hasil kajian Daerah yang meliputi beberapa hal ( tak kami sebutkan satu-satu ) terlalu panjang dan runut, apalagi Mamuju Tengah sudah disahkan sebagai DOB.

Mengamati proses terbentuknya Mamuju Tengah dari awal yang Saya ketahui baru sangat  aktif diwacanakan dan disosialisasikan  pada Pilkada Bupati Mamuju sekitar awal-awal tahun 2010 dimana pada Waktu itu Pa SDK yang mencalonkan diri untuk kedua kalinya sebagai Bupati Mamuju, wacana itu didukung penuh Oleh  Pa Aras Tammauni sebagai Tokoh masyarakat Mamuju Tengah mendengung-dengungkan hampir disetiap kesempatan dalam pidato kampanye di Wilayah Mamuju Tengah selalu mengangkat Thema Pembentukan Mateng berpisah dengan Induknya, jarang sekali Kepala Daerah yang dengan sukarela menggagas sendiri upaya pemisahan daerahnya apalagi Mamuju Tengah merupakan lumbung PAD bagi Kabupaten Mamuju.

Sebagai Penggagas bukan Pemerhati Pa SDK dan Pa Aras Tammauni serta dukungan Tokoh masyarakat Mamuju Tengah aktif mengawal  dari awal hingga akhir terbentuknya DOB Mamuju Tengah, jasa-jasa beliau akan terlukis dalam sejarah pembentukan Mateng.

Menurut pendapat penulis ( sekedar saran )  sebagai Orang Awam yang tinggal di Sulawesi Barat dengan Berangkat dari Pemikiran bahwa hanya Orang yang dikenal dan mengenal Daerah-Nya yang akan bisa dengan cepat  menyesuaikan diri dan bersatu dengan  masyarakatnya, maka pengangkatan Pelaksana Tugas Bupati dari PNS dan Personilnya di Mamuju Tengah dapat dikoordinasikan dengan baik dengan mempertimbangkan beberapa hal pokok yang diperkirakan dapat membantu terselenggaranya Pemerintahan di Mamuju Tengah dengan baik hingga terpilihnya anggota DPRD pada Pemilu 2014 yang akan datang dan Pilkada setelah DPRD Mamuju Tengah terbentuk.

Sebagai Penggagas berdirinya DOB maka wajar Bila Pa SDK dan ART,  menginginkan Mamuju Tengah bisa menjadi daerah baru yang cepat berkembang sejajar dengan Induknya, Beliau tentu menginginkan Mamuju tengah di Nakhodai sementara Oleh Orang-Orang yang tepat ditempat yang tepat ( The Right Man and The Right Please ) dan Jangan  melupakan Sejarah, karena sejarah masa lalu adalah pelajaran berharga yang tak akan berulang untuk masa kini *****
Dikutip dari UU dan Peraturan Pemerintah kemudian diolah seperti yang tertuang dalam Naskah ini**

Selasa, 18 Desember 2012

INILAH ROTASI PENGURUS DPP PARTAI DEMOKRAT PASCA SILATNAS

                              SILATNAS PARTAI DEMOKRAT ( FOTO : antarafoto )

Mari kita simak hasil  rotasi yang dilakukan Oleh DPP Partai Demokrat, menurut Wasekjen Saan Mustafa Rotasi ini adalah rotasi biasa dimana banyak pengurus yang memang tidak aktif, posnya kosong di kepengurusan harian terbatas ada Bendahara Umum, Wakil Sekjen yang kosong, dengan adanya hal ini tentu akan ada pergeseran ada rotasi, kita ingin membuat Partai itu Solid bisa bekerja maksimal tidak mungkin bekerja maksimal kalau tidak solid, dan untuk bisa bekerja solid tak perli  ada saling serang antara pengurus, hal ini kita coba tertibkan.

Dari data yang berhasil Penulis himpun untuk disajikan kepada kader Partai Demokrat dan  inilah beberapa jabatan Kepengrusan DPP yang dirotasi dan diketahui Pasca  Silatnas dan disampaikan kepada Public utamanya kepada para Kader Partai Demokrat untuk diketahui :

  1. ANDI NURPATI,  Jabatan Lama Ketua Divisi Komunikasi Public, Jabatan Baru Ketua Divisi hubungan Eksternal dan LSM.
  2. RUHUT SITOMPUL, SH, Jabatan Lama Ketua Divisi Komimfo, menjadi anggota biasa.
  3. IGANATIUS MULYONO, Jabatan Lama Ketua Divisi Pembinaan Organisasi, kini menjadi anggota biasa.
  4. MULYADI, Jabatan Lama Ketua Divisi Hubungan Eksternal kini menjadi anggota biasa.
  5. GDE PASEK SUARDIKA, Jabatan Baru Ketua Divisi Komunikasi Publik.
  6. NURHAYATI ALI ASSEGAF, Jabatan Baru Wakil Sekjen.
  7. KASTORIUS SINAGA, Jabatan baru Ketua Departemen Luar Negeri.
  8. MICHAEL WATIMENA, Jabatan baru Ketua Divisi Pembinaan Organisasi.
  9. INDRAWAI SUKADIS, Jabatan baru Wakil Bendahara Umum.
Inilah sembilan Nama Pengurus DPP Partai Demokrat yang di rotasi ada yang mendapatkan tugas baru namun ada pula yang tadinya Pengurus inti menjadi anggota biasa, Semoga imformasi ini bermanfaat **

Minggu, 16 Desember 2012

PESAN BUNG ANAS URBANINGRUM DI PENUTUPAN SILATNAS (1)

                    
                         Suasana di SILATNAS 2012 ( Foto : politik.news.viva.co.id )

KETUA  UMUM DPP Partai Demokrat Bung ANAS URBANINGRUM dalam Sambutan di malam Penutupan Silatnas di Sentul Bogor Jawa Barat ( 16/12/2012 ) dengan tegas mengatakan bahwa PARTAI DEMOKRAT BUKANLAH PARTAI YANG BERMASA DEPAN SURAM ( MADESU pen.) Untuk itu Beliau meminta seluruh Kader untuk BANGKIT, OPTIMIS Dan BEKERJAKERAS MEMENANGKAN PEMILU DI 2014 yang akan datang.


         Ketua DPD Partai Demokrat Sulbar Drs.H.Suhardi Duka dan Jajarannya ( foto : Facebook )

BELIAU Optimis dan punya alasan kuat dan keyakinan bahwa  Partai Demokrat mempunyai masa depan yang baik dan sangat menjanjikan " MASA DEPAN PARTAI DEMOKRAT TIDAK DITENTUKAN OLEH SIAPAPUN melainkan oleh diri kita sendiri ( pengurus, kader dan simpatisan Partai Demokrat tentunya ) untuk itu Beliau meminta kepada seluruh Kader yang ada diseluruh Nusantara  BEKERJA KERAS untuk memenangkan Pertarungan di PEMILU 2014.

Ketua Umum sangat Optimis, melihat SOLIDNYA seluruh kader di seluruh Indonesia membuat Partai Demokrat menjadi Partai yang utuh dan terlihat dalam SILATNAS tahun 2012. Beliau mengucap Syukur Kehadirat Allah karena SILATNAS membuat Partai Demokrat semakin erat dan solid, makin membuat kader menjadi utuh dan bersatupadu membangun solidaritas dalam Internal Partai.

Bung Anas berpesan agar semua kader menancapkan keyakinan didalam batin bahwa KITA BUKAN PARTAI YANG KALAH ATAU HABIS DI PEMILU 2014****

Sabtu, 15 Desember 2012

CATATAN DARI SILATNAS PARTAI DEMOKRAT DI JAKARTA

                              Silatnas Partai Demokrat di Jakarta ( foto : okezone.com )

JAKARTA - Jum'at ( 14/12/2012 ) Hari Pertama Silatnas yang dihadiri oleh kurang lebih 6000 Orang dari Pengurus DPP, DPD, dan DPC serta Fraksi Partai Demokrat di DPR,DPRD se-Provinsi dan Kabupaten Kota diseluruh Indonesia berlangsung khidmat dan meriah walau ada riak-riak kecil muncul dipermukaan namun tidak mengurangi rasa kebersamaan dalam mengikuti SilaturRachmi Nasional sekaligus merayakan HUT. Partai Demokrat Yang ke- XI  yang berlangsung di SICC Bogor Jawa Barat, selama 2 hari dari tanggal 14 s/d 15 Desember 2012.

Kemungkinan besar bahwa Silatnas ini banyak mengundang Pertanyaan dari berbagai kalangan dan masyarakat yang ingin mengetahui apa sesungguhnya makna dari Partai Demokrat menyelenggarakan Silaturrachmi Nasional ( Silatnas ) ?

Ditengah-tengah sedang berlangsungnya SilatuRachmi Nasional Partai Demokrat saat Ketua Umum Bung Anas Urbaningrum dan sekjen Partai Demokrat Mas Edy Baskoro Yudhoyono sedang memberikan pemaparan atau pembekalan kepada para peserta,  Wasekjen Saan Mustafa meluangkan kesempatan diwawancarai Oleh Wartawan ada beberapa yang sempat Saya rekam kemarin sore dari sebuah Media Elektronik, maaf lupa nama Medianya  dan tuliskan agar diketahui oleh semua jajaran Partai para kader dan simpatisan DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat.


                                     Pa Saan Mustofa ( foto : indonesiarayanews.com )
   
Dalam komprensi Persnya dihari pertama,  Wakil SekJen  Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat SAAN MUSTOFA ketika ditanyakan Oleh  Wartawan mengatakan antara lain :
  1. Wartawan : Apa Tujuan dari Siltanas ? SAAN MUSTOFA : Tujuan dari Silaturachmi Nasional ( Silatnas ) adalah konsolidasi bagi Partai yang  merupakan keharusan. Tujuan Pertama  mengkosidasikan seluruh unsur Partai yang ada diseluruh Indonesia sehingga terbangun suatu solidaritas, terbangunnya kebersamaan  Partai untuk menghadapi pertarungan Politik di Pemilu 2014, Yang Kedua Konsolidasi untuk melakukan  sinergi dari semua Potensi Partai, Potensi Partai Demokrat sangat banyak sayap ada struktur sampai ketingkat paling bawa, kita punya banyak anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, potensi-potensi partai ini coba untuk disinergikan agar menjadi kekuatan yang luar biasa  dalam menghadapi 2014 energinya menjadi lebih besar dan menurut Saan ini merupakan salah satu tujuan atau fungsi dari Silatnas.
  2. Wartawan : Belakangan ini badai menerpa Partai Demokrat salah satu Kader terbaiknya Andi Alfian Mallarangeng mundur dari Partai karena diduga  terjerat kasus korupsi, apakah dalam Silatnas ini hal itu akan dibahas ? SAAN MUSTOFA : Kita menyadari bahwa Partai Demokrat Hari ini sedang terjerat masalah Partai Demokrat sedang dilanda badai tapi bagi kita masalah dan badai adalah sebuah tantangan, bagaimana badai ini kita lewati dengan baik kita hadapi dengan baik sehingga ketika kita bisa melewati badai ini Insya Allah Partai Demokrat akan kembali menjadi Pemenang di Pemilu 2014 yang akan datang.
  3. Wartawan : Bukan hanya Pa Andi Mallarangeng beberapa kader  juga tersndung masalah yang sama , apakah dalam Silatnas ini Demokrat  bisa menunjukkan bahwa Ketua Umum masih  punya kekuatan di Demokrat, seperti apa Pa ? SAAN MUSTAFA : Ini bukan forum untuk SHOW OF FORCE tapi ini adalah Forum kebersamaan , tidak ada  salah satu kekuatanpun  untuk menunjukkan kekuatan tapi merupakan forum untuk membangun kebersamaan dan solidaritas diatara semua komponen yang ada, kita menyadari bahwa ada banyak hal atau masalah kader-kader ada yang terkena masalah dan sebagainya, tapi  kita Partai Demokrat tetap akan membangun komitmen dan tekad Partai Demokrat untuk memberantas Korupsi tidak akan pernah berhenti dan itu merupakan bagian dari komitmen kita walau itu mengenai pada kadernya sendiri, istilah dalam Revolusi itu  terkadang Revolusi itu memakan anak kandungnya sendiri itu tak ada masalah itu bagian dari sebuah perjuangan dan komitmen yang harus ditegakkan.
  4. Wartawan : Ada hal yang menarik yaitu  Ruhut Poltak yang sering bernyanyi di Partai Demokrat dan baru saja dipecat dari kepengurusan DPP Partai Demokrat, dan Beliau mengancam....? SAAN MUSTAFA : Kita sudah tak ada masalah apapun tidak ada kekhawatiran apapun kalau Pa Ruhut merasa tidak nyaman dan tidak terima penggantian pengurus , mestinya  sebagai kader yang loyal akan menerima apapun keputusan DPP tetapi apabila tidak puas dan mengancam untuk menyerang balik dan sebagainya,  kita tak ada kekhawatiran sama sekali terhadap upaya-upaya yang akan dilakukan.
                            Pa Ruhut ketika keluar dari Silatanas ( foto.detik.com )

Dalam bagian lain Wasekjen DPP Partai Demokrat Saan Mustafa  menanggapi pemecatan Ruhut Sitompul mengatakan bahwa " semangatnya penyegaran, ini adalah rotasi biasa rotasi dimana banyak pengurus yang memang tidak aktif, posnya kosong di pengurusan harian terbatas ada Bendahara Umum, Wakil Sekjen yang kosong, dengan adanya hal ini tentu akan ada pergeseran ada rotasi, kita ingin membuat Partai itu Solid bisa bekerja maksimal tidak mungkin bekerja maksimal kalau tidak solid, bisa bekerja solid kalau tak ada saling serang antara pengurus, hal ini kita coba tertibkan.

Posisi yang digeser  Andi Nurpati yang tadinya Ketua Divisi Komunikasi menjadi Divisi hubungan LSM, posisi Ibu Andi Nurapati diisi oleh Pa Pasek, Posisi Pa Ruhut diisi Oleh Pa Nurul Qomar Sekretaris Departemen  Komunikasi., Posisi Wasekjen Anggelina Sondakh yang kosong diisi oleh Ibu Nurhayati Assegaf, Posisi Ibu Nurhayati diisi oleh Pa Kastorius Sinaga dan posisi Pa Kastorius diisi oleh Pa Sartono, itu hal biasa, menurut beliau hanya Posisi Pa Ruhut yang diganti dan Beliau tidak lagi masuk dalam struktur kepengurusan DPP namun beliau masih Kader Partai Demokrat.' Katanya.

Demikian untuk sementara laporan dari Siltanas Partai Demokrat, kemungkinan terdapat kekeliruan dalam menyebut nama atau bagian kalimat terpotong itu karena keterbatasan kami dalam menerima laporan melalui media dalam suasana riuh, tapi kami sangat yakin substansi dari wawancara ini sudah sesuai dengan pakemnya. Terima kasih.

Rabu, 12 Desember 2012

PESAN PA SDK DI PRA SILATNAS


1355314416393761765
 Ketua DPD Bapak Drs.H.Suhardi Duka,MM dan Sekertaris DPD PD Sulbar Andi Mappangara ( Foto : Muh.Nur  ).

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat Drs.H.Suhardi Duka, MM dalam Rapat Koordinasi dengan Pengurus Harian DPD Partai Demokrat, anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD se-Sulawesi Barat, dan Pengurus harian DPC Partai Demokrat Kabupaten se-Sulawesi Barat mengambil tempat di Hotel D'Maleo Mamuju Selasa tanggal 11 Desember 2012 dalam rangka persiapan jelang Silaturrachmi Nasional Partai Demokrat yang dirangkaikan dengan Hari Lahir Partai Demokrat yang ke-12 di Jakarta dari tanggal 14 dan 15 Desember 2012.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 100 Orang Peserta Rapat Koordinasi,  Ketua DPD menyampaikan pesan-pesan Politiknya dalam menanggapi  issu Nasional yang sedang Trending Topik Issu Korupsi yang berhembus kencang dari hari kehari yang dampaknya dapat melemahkan elektabilitas Partai maupun issu yang berhembus kencang di daerah untuk di Maintenance:

13553147501893533300
Ketua DPC PD Matra M.Yusri M.Nur sedang memberikan pendapat ( foto : Muh.Nur )

  1. Issu Korupsi yang sedang dihembuskan berbagai pihak dengan kencang terhadap Partai Demokrat menurut pengamatan Beliau issu Korupsi akan terus di desain untuk melemahkan kita Kasus Hambalang dan Wisma Atlet dimana 2 dari 5 Ikon yang menyatakan ' KATATAKAN TIDAK PADA KORUPSI ' tersandung Kasus Korupsi, Angelina Sondakh dan terakhir Andi Alfian itulah Takdir, Pa SDK dalam Pesan Politiknya berharap kepada seluruh kader Partai berlambang Mercy agar bisa mengelola Issu dengan baik yang tadinya bertujuan menyerang untuk menghancurkan Partai  Demokrat dapat dikelola dengan baik  menjadi Issu yang  bermanfaat bagi kepentingan Kemenangan Partai Demokrat menghadapi Pemilu 2014.dengan menekankan bahwa Partai Kita terbukti konsen pada Pemberantasan Korupsi berbeda zaman dulu kalau ada kadernya Korupsi Partai Demokrat akan menyerahkan proses hukum siapapun Dia.
  2. Kepada Fraksi Demokrat di DPRD Provinsi dan DPRD se-Kabupaten Provinsi Sulawesi Barat Pa Ketua berharap agar mereka senantiasa menampakkan karya nyata Demokrat dalam bentuk program  yang berpihak dan diperuntukkan bagi Masyarakat Sulawesi Barat dengan memblowup lewat kerja sama yang baik dengan insan pers  dalam penyampaian pesan-pesan kepada masyarakat konstituen di Sulawesi Barat.
  3. Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat Drs,H. Suhardi Duka,MM dengan jelas menyatakan bahwa Kalau dahulu Partai Demokrat sering jadi penonton kali ini Partai Demokrat akan ikut bermain dalam Pemilukada di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Polman dan Kabupaten Mamasa, untuk itu Beliau berharap akan dapat menentukan siapa Calon yang akan diusulkan dalam waktu yang tidak terlalu lama  melalui mekanisme yang ada di Partai.
Catatan Penulis sebagai tanggapan atas Pesan Politik Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat :
Kasus Korupsi yang menyeret beberapa Orang Kader terbaik Partai Demokrat sudah barang tentu disambut dengan perasaan sukacita dan riang oleh Partai-Partai lain yang merupakan saingan atau kompetitor Partai Demokrat di Pemilu 2014, sebagai Partai Pemenang Pemilu dan Partai berkuasa saat ini Partai-Partai Kompetitor akan berusaha melemahkan Partai Demokrat dimata Rakyat Calon Pemilih dengan mengusung issu Korupsi sebagai senjata untuk melemahkan Partai Demokrat.

                                               Ilustrasi Foto : (  berita8.com )

Bila Partai Kompetitor akan   mengusung isu KORUPSI  untuk melemahkan Partai Demokrat maka senjata akan makan tuan Kasus Korupsi tidak saja menerpa Partai Demokrat tapi juga beberapa Partai Besar di Indonesia tak luput dari Goncangan  Prahara Korupsi yang bisa jauh lebih besar baik kwalitas maupun kwantitasnya, data terakhir yang masih hangat menunjukkan bahwa dugaan keterlibatan ZD anggota Komisi VII DPR  dalam kasus Korupsi Pengadaan Al Qur'an, bayangkan Ayat-ayat suci tega-teganya di Korupsi  atau Kasus Bupati Buol Amran Batalipu , yang diseret ke tahanan KPK dengan tangan diborgol sebagai tersangka kasus suap, merupakan skandal memalukan yang menimpa Partai Kompetitor, untuk jelasnya baca " Ayah dan Anak, Tersangka Kasus Al Quran Segera Disidang "

Untuk memperjelas bahwa Kasus Korupsi yang jadi Issu untuk melemahkan Partai Demokrat bisa jadi juga sangat melemahkan Partai Besar lainnya, Sekertaris Kabinet Dipo Alam merilis berita diberbagai Media termasuk perbincangan di tv Swasta Nasional sekitar jam 19.00 Wita hari senin tanggal 1 Oktober 2012, tentang pemetaan partai politik dan kader partai yang terlibat kasus korupsi. berupa catatan pemberian izin penyelidikan dan penyidikan kepada pejabat negara atau anggota dewan yang terlibat kasus hukum. Jadi rilis mengenai Pejabat Korup oleh SesKab Dipo Alam bertebaran diberbagai media ( jadi bukan karangan Saya ) berikut salah satu diatara puluhan berita,  Klik dan baca disini

Coba mari  kita simak Issu yang sempat menjadi Trending Topik pembahasan di berbagai media sekitar awal Oktober 2012 baru dua bulan yang lalu. Seskab Dipo Alam membeberkan rincian jumlah pejabat yang tersandung kasus hukum dari tiap partai politik, sebagai berikut :

  1. Berada di urutan Pertama Partai Golkar dengan 64 Pejabat.
  2. PDIP diurutan Kedua dengan  32 Pejabat,
  3. Partai Demokrat 20 Pejabat,
  4. PPP 17 Pejabat,
  5. PKB 9 Pejabat,
  6. PAN 7 Pejabat.
  7. PKS 4 Pejabat,
  8. PBB 2 Pejabat.
Masih segar dalam ingatan Saya Wawancara di tv swasta Nasional sore tanggal 1 Oktober 2012 , 3 Orang yang mewakili 3 Partai Besar masing-masing Golkar, PDIP oleh Maruar Sirait dan Partai Demokrat diwakili Didi Irawadi pada intinya tidak terlalu mempersoalkan berita yang dirilis oleh Dipo Alam bahkan mereka hampir sepakat bahwa Berita tersebut dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk melakukan perbaikan dalam rangka menghadapi Pemilu di 2014.

Ketua DPD menyatakan kepada semua Kader agar jeli mengamati Kasus yang terjadi Sulawesi Barat sebagai tameng untuk membentengi diri dari serangan Politik Partai Kompetitor yang ingin melemahkan Partai Demokrat di Sulawesi Barat..kita akan menyerang balik dengan data kalau kita diserang ******

Kamis, 06 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " MANA YANG BISA DILAKSANAKAN DI MAMUJU ??!

13547941311704690824
Pa SDK sedang melakukan Presentasi di Universitas Dalhaousie Nova Scotia ( foto : Facebook )

Dari wikipedia  penulis mengetahui bahwa " Nova Scotia adalah sebuah Provinsi di Kanada letaknya di pesisir Timur dengan Ibukota Halifax, berpenduduk  kurang dari satu juta orang, Provinsi Nova Scotia mempunyai tempat-tempat wisata yang terkenal di dunia tersebar di berbagai kota dan pulau  yang meliputi pantai, lembah, wisata bawah laut dan wisata kuliner ".

Halifax memiliki tempat wisata kuliner dan wisata kota yang cukup indah. Di kota ini tersedia beragam masakan internasional dan tempat-tempat bersejarah di Amerika Utara dan yang paling mengasikkan kalau anda datang  ke sebuah Pulau bernama  Cape preton merupakan pulau yang memiliki garis pantai terpanjang di kanada. Beberapa objek wisata di pulau ini,  Benteng Louisbourg, biola terbesar di dunia dan rumah bagi trail cabot.

Ingin mengunjungi tempat lain yang mengasikkan datang ke Lunenberg ditempat ini ada situs yang telah ditetapkan Oleh Unesco sebagai situs warisan dunia. Tempat wisata di kota Lunenberg ini terdiri dari kota tua yang menggambarkan kehidupan kolonial mengembalikan imajinasi kita pada kehidupan dan tradisi pada jaman kolonial sekitar Tahun 1800-an yang lalu, mengasikkan bukan ?

13547946582050939269
Fortress Nova Scotia foto : tripadvisor.com


Inilah sekilas tentang Parawisata di Nova Scotia tempat dimana Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka dan rombongan melaksanakan Mission Study Public Servise selama 15 hari yaitu dari tanggal 19 Nopember 2012 s/d 2 Desember 2012. Siapa Tahu ada dari pembaca yang beruntung mendapatkan kesempatan berikutnya.

Dari  hasil mengikuti Program kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Kanada Pa SDK memberikan gambaran tentang apa saja memungkinan bisa di Implementasikan di Daerah berikut kami susun dalam bentuk ringkasan dalam daftar agar dapat selesai dibaca dalam satu kali klik serta  memudahkan pembaca menyimaknya ( penjelasan akan penulis buat dalam satu bagian ) terpisah  :

  1. Menciptakan pelayanan yang adil dan baik bagi Warga Negara ( masyarakat ) yang telah membayar pajak dengan menunjukkan Kartu Tanda Pelunasan PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan ). Fasilitas rumah sakit perlu terus dibenahi, Tata cara dan kwalitas pelayanan perlu terus ditingkatkan, jumlah dokter dan dokter akhli, tenaga medis, obat-obatan dan sarana prasarana penunjang   juga harus sesui dengan standard umum pelayanan di rumah sakit sesuai type.
  2. Dibidang Pendidikan diperlukan penguatan Komite Sekolah untuk diikut sertakan dalam penyusunan Perencanaan Program di setiap Sekolah, dengan harapan Komite Sekolah dapat mengetahui besaran anggaran yang dikelola sekolah, karena mereka ikut dalam Penyusunan Program mereka dapat dengan mudah terlibat  untuk mengawasi serta ikut bertanggung jawab atas pelaksanaan anggaran.
  3. Dalam hal pengelolaan air minum dan kebersihan ( persampahan ), Listrik, Parkir,  Cleaning Servis dan angkutan umum  di urus oleh pihak Swasta dengan standard kinerja yang ditentukan oleh Pemerintah.
  4. Manajemen pengelolaan Anggaran baik di Institusi Pemerintah maupun Swasta menggunakan ukuran kinerja yang disebut dengan methode Coorporate Balance Coorvard ( CBC ) sistim pembukuan yang seimbang antara pengeluaran dan pemasukaan , methode ini dapat mengukur secara obyektif, efektif dan Efisien anggaran yang digunakan dalam kurun waktu tertentu di sebuah lembaga Pemerintah atau swasta, dengan menggunakan methode ini akan memperoleh hasil yang sangat terukur antara input ( masukan ) dan output ( keluaran ) hingga ke Outcome ( hasil akhir ). Dalam soal penggunaan CBC Pa SDK mengomentari bahwa " Bila output ( keluaran ) tidak nampak maka akan mengganggu keseimbangan ( sehingga mudah dideteksi dimana yang bermasalah ) dan akan berpengaruh pada output untuk mendapatkan masukan ( input ) berikutnya.

BERSAMBUNG......

Rabu, 05 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis " Bag (4)Pemerintahan Liberal dengan Sistem Humanis


13545528001848580824
Foto : Facebook
Hari ketiga di Kanada,  setelah 2 hari mengikuti diskusi dilanjutkan dengan acara study lapangan di hari ketiga mengunjungi Sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA, dan  di hari keempat peserta program mengunjungi Rumah Sakit dan pengeloloaan air mimun, hari kelima Pa SDK dan rombongan peserta program Mission study Public berkunjung ke Kantor Walikota dan obyek Public Privat Partnership.( ruang khusus bagi masyarakat untuk bersosialisasi menjalin kebersamaan ).

Setelah selesai melakukan kunjungan lapangan menurut Pa SDK  ada beberapa kesimpulan awal yang bisa ditarik dari program ini yaitu bahwa Pemerintah Kanada adalah Negara yang sangat protektif ( melindungi ) terhadap sistim pendidikan mereka, Pemerintahannya Liberal namun sistem yang dibagun justru adalah sistem humanis ( kemanusiaan ).

Campur tangan Pemerintahnya sangat besar, anak pada usia 4 tahun masuk ke TK proses pembelajaran di tingkat TK hanya menanamkan nilai, pengembangan otak, sentuhan seni dan cara bekerjasama menjadi pokok pembelajaran pada tingkat TK.

Pada tingkat Sekolah lanjutan atas siswa-siswi mulai diajarkan untuk bagaimana cara untuk bisa dan menghargai kemandirian dan Profesi untuk pilihan masa depan mereka, setiap provinsi menentukan sendiri kurikulum yang artinya setiap provinsi mempunyai kurikulum sendiri, tidak berlaku secara Nasional untuk provinsi Nova Scotia dan Provinsi Toronto misalnya terdapat perbedaan walau tidak terlalu menyolok.

Di Provinsi Nova Scotia mulai dari elementary ( sekolah dasar ) hingga High School ( Sekolah menengah ) pendidikan Gratis bagi semua murid dan siswa biaya pendidikan ditanggung oleh Pemerintah Kota dan Daerah  dengan subsidi dari Pemerintah Federal ( Pusat )   adapaun keberadaan sekolah Swasta di Provinsi ini tidak berkembang dengan baik. Sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa Undang-Undang  yang mengatur Pendidikan di buat di Provinsi karena otonomi daerah ada di Provinsi bukan di Kota atau kabupaten.

135470010993314196
Siswa-siswi Sekolah Lanjutan di Nova Scotia ( Foto : ucdsb.on.ca )

Perlu diketahui bahwa Rasio antara Guru dan murid sangat baik untuk setiap kelas hanya terdapat 25 murid atau siswa, sedang 5 orang setiap kelas untuk TK, sebagaimana disebutkan bahwa semua tingkatan mulai dari sekolah dasar sampai kesekolah menengah gratis biayanya diambil dari pajak adapun jenis pajak untuk pembiayaan pendidikan adalah Panajak Tanah dan rumah ( Indonesia PBB ).

Menurut Pa SDK Gaji untuk guru S1 dengan masa kerja 7 tahun mencapai USD 50.000/ Tahun ( kalau di kurs dengan rupiah saat ini USD 1 = Rp. 9.563,- ) berarti gaji seorang guru pendidikan S1 dengan masa kerja 7 tahun bisa mencapai Rp.478.150.000,- ( hampir setengah M ) . sedang Untuk Guru dengan pendidikan S2  gajinya mencapai  USD 60.000/ Tahun  .( sekitar lebih dari setengah Milyar Rupiah ), bagi mereka yang masa kerjanya lebih dari 10 Tahun USD 80.000,- bayangkan sekitar  800 Juta Rupiah.itu dalam satu tahun, untuk satu bulan mereka bisa mendapatkan gaji sebesar 52 Juta Rupiah setiap bulannya.

Pemerintah tak akan rugi menggaji Guru mereka sangat disiplin dan menyadari bahwa masa depan Kanada ada ditangan mereka, di Kanada Profesi Guru dianggap  sangat mulia dan dihormati, kita bisa bercermin dari Kanada masaalah kedisiplinan dan penghormatan pada profesi Guru karena tanpa Guru kita bukan siapa-siapa, tapi dalam soal gaji kita segenap masyarakat harus  bekerja keras saling membantu untuk meningkatkan pajak pendapatan demi  mengejar ketinggalan kita dengan Kanada, dengan persatuan dan kesatuan diiringi kerja keras Insya Allah semua mimpi bisa digapai***

BERSAMBUNG.....


CATATAN PA SDK DARI KANADA " Sekilas kOTA HALIFAX dalam Mission Study Public Servis "

13546723891815815562
Halifax Nova Scotia
novascotiatravel.ca

Sesungguhnya tulisan mengenai sekilas tentang Mission Study Public Servis diposting dibagian pertama tapi karena hanya selintas,  maka penulis menaruhnya dibagian ini sebagai selingan yang perlu diketahui dari  program menurut Pa SDK dalam catatannya bahwa " Mission Study Public Servis "  adalah kerjasama antara Indonesia dan Kanada, merupakan upaya kerja sama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Dalam Negeri dengan tujuan Peningkatan Pelayanan Public dan Demokrasi di Indonesia, Program kerja sama ini di pimpin oleh Pejabat eselon I dari Kementrian Dalam Negeri RI Dr. Saut Situmorang. 

13546716571763015934
 Ibukota Provinsi Nova Scotia Halifax
thewestinnovascotian.com)

Para Peserta Bupati dari 5 Kabupaten yang turut dalam Program Study Public ini diajak untuk dapat mengetahui sekaligus agar dapat mengimplementasikan kebijakan public yang sesuai dan dapat diterapkan,  yang dilihat, didengar dan dirasakan selama di Kanada dengan fokus pada sektor Kesehatan dan pendidikan ( dua sektor ini merupakan sektor yang sejak dari dulu menjadi atensi Bupati Mamuju Pa Drs. Suhardi Duka ).

Menurut Pa SDK dalam misi study Public Servis para peserta diperlihatkan bagaimana Kanada mengelola air dengan standard minimal, Pemerintah Lokal ( Daerah ) bekerja sama dengan Pemerinrah Federal ( Pusat ) dengan melibtakan swasta yang didukung oleh masyarakat.

Program ini bertujuan agar para peserta mendapatkan imformasi yang bisa di analisa dengan tujuan  dapat membuat kebijakan sesuai dengan kondisi Daerah masing-masing. Pada intinya Program  agar  Hak masyarakat dapat terpenuhi secara berkelanjutan dapat menjamin kehidupan yang lebih baik dengan sistim layanan yang mendunia.

13546729871795384047
 Halifax foto : isabelleweidemann-project-geo.blogspot.com

Daerah  pertama yang menjadi sasaran Progran Mission Study Public adalah Provinsi Nova Scotia yang beribukota Di Halifax  dengan penduduk lebih dari 400.000 jiwa, rombongan Study Public Servis tiba di Kota Halifax pada Senin 19 Nopember 2012, dan pada hari itu juga acara dibuka oleh Menteri Kerjasama antara Kota Provinsi Nova Scotia ( Kadis Provinsi ) yang dilanjutkan dengan acara diskusi dengan pejabat dari Dinas Ksehatan dan Pendidikan , Badan Pengelolaan Air minum,  badan pengawasan pelyanan public, beberapa orang Guru besar dari Universitas Dalhaousie acara diskusi ini berlangsung  selama 2 hari.

Dalam diskusi ini secara bergantian para Bupati yang ikut dalam program ini mempresentasikan kondisi daerah dan Pelayanan Public-Nya. Dan Bupati Mamuju Drs.H.Suhardi Duka diberi kesempatan Pertama untuk melakukan Presentasi ) seperti apa yang telah penulis posting sebelumnya.

Artikel terkait : Souvenir From Kanada

BERSAMBUNG............


Selasa, 04 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis Bag ( 3 ) Pemerintahan



13545528001848580824
Foto : Facebook
Dalam Sistim  Ketatanegaraan di sebuah Negara dibuat  sebuah aturan yang akan mengatur berbagai macam kelangsungan pemerintahan atau jalannya suatu negara dalam memperbaiki fungsinya, Hal tersebut bisa didapatkan dengan cara membuat Sistem Pemerintahan.

Pa SDK dalam catatannya menulis secara ringkas tentang sistim Pemerintahan di Kanada Negara yang menganut sistim Presidential Parlementer dimana Gubernur dan Walikota adalah Ketua Dewan Kota. Kekuasaan Otonomi ada di tingkat Provinsi yang mempunyai wewenang disamping melaksanakan Pemerintahan secara umum juga membuat Undang-Undang, menentukan besaran pajak dan sistim pelayanan umum termasuk didalamnya kurikulum Pendidikan.

Sementara itu untuk tingkat Kota yang di Kanada disebut dengan municipally ( City ) dipimpin oleh seorang Walikota yang di Kanada disebut sebagai Mayer, sebahagian besar Kota-kota Kanada adalah Kota-Kota Kecil dengan Populasi penduduk yang rendah. Salah satu Kota yang dikunjungi oleh Pa SDK hanya berpenduduk sekitar 8.000 Jiwa, namun ada beberapa Kota besar yang mempunyai Populasi Penduduk cukup besar seperti Kota Halifax yang mempunyai Penduduk  hingga mencapai 400.000 jiwa.

Kalau di Indonesia banyak daerah yang mengajukan Pembentukan daerah Otonomi baru, sebaliknya  di Kanada saat ini sedang giat-giatnya melakukan efisiensi pada Sistim Pemerintahan Kota dengan melakukan penggabungan Kota-kota kecil, dua atau tiga kota kecil digabung menjadi satu Kota. Pemerintah tidak mengalami hambatan yang berarti dalam penggabungan beberapa Kota Kecil menjadi satu Kota saja itu disebabkan karena City Council ( Dewan Kota ) hanya beranggotakan 7 hingga 15 Orang anggota dewan kota yang kalau di Indonesia ( anggota DPRD ).



1354553540946732802
Veterans' Memorial Bridge across the LaHave River,
ns1763.ca


Dalam catatan Pa SDK mengatakan bahwa dalam mengikuti Mision Study Public Servis di Kanada 
beliau hampir setiap hari melakukan diskusi dengan para professor di Kampus Dalhausei Univercity Provinsi Noca Scotya, menurut Pa SDK para Professor banyak menanyakan upaya yang dilakukan Indonesia dalam mengatasi kemiskinan, menjaga solidaritas ummat beragama.

Para Guru Besar di Universitas Dalhausei menaruh perhatian yang sangat besar terhadap Kabupaten Mamuju, dan mengaku heran ketika mengetahui Pemerintah Kabupaten Mamuju hanya dengan Anggaran yang minim dan terbatas dari APBD mampu mengatasi kemiskinan dan menurunkan angka pengangguran.

Mengetahui hal ini Mereka mempertanyakan kepada Saya ( Pa SDK ) " Apakah Swasta ikut berperan dalam mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran ? dan Apakah ada Investor Nasional yang bisa menyerap Tenaga Kerja yang ada, sehingga angka pengangguran setiap tahun menurun hingga hanya mencapai kisaran 2 % dalam tiga Tahun ? katanya.dengan rasa heran.


1354594525635872064

Universitas Dalhousie Nova Scotia Kanada ( foto : freepages.history.rootsweb.ancestry.com )

Pa SDK lalu menjelaskan kepada para Guru Besar itu bahwa " Mamuju masih menjadi Daerah Pertanian dan Perkebunan sedangkan sektor jasa baru sebagai penujang , kami masih menjual hasil Pertanian dan Perkebunan dan belum memasuki era industri. " Jelasnya.

Dan Pada bagian lain Pa SDK menyatakan kepada para Guru Besar di Dalhausei " Tapi dengan dukungan masyarakat yang cukup baik Program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Mamuju dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik " ungkap Pa SDK.

Menjawab pertanyaan mereka soal kerukunan ummat bergama yang terjalin dengan baik Pa SDK memberi penjelasan bahwa " Semua masyarakat di perlakukan sama oleh Pemerintah merangkul masyarakat mayoritas untuk melindungi kaum minoritas, kebebasan bergama dan menjalankan Ibadah sesuai kepercayaan terjaga dengan baik, hak-hak Warga Negara dilindungi dan diperlakukan sama untuk tanpa membedakan RAS dan Agama oleh Pemerintah.

Menurut Pa SDK Pihak pengelola di Universitas Dalhausei pada Hari Jum'at menyiapakan tempat untuk Sholat Jum'a berjammah dengan para Mahasiswa Muslim disini utamanya tentu dengan Mahasiswa Indonesia dan Timur tengah yang sedang menimba Ilmu pengethuan di Kanada.**

BERSAMBUNG........

Minggu, 02 Desember 2012

CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis Bagian (2) Rumah Sakit.

Disusun Oleh : MUHAMMAD NUR OKT
1354415770969413801
Bupati Mamuju Bapak Drs.H.Suhardi Duka,MM di salah satu kamar rumah sakit Bridge Water.
Bridge Water ( Jembatan dan tentu Saja Air ) kemungkinan besar Nama Kota di Nova Scotia diberi nama Bridge Water karena  dibelah oleh Sungai Lehave ( Water ) dimana wilayah Barat dan Timur dihubungkan oleh 2 jembatan ( Bridge ) itu perkiraan Saja dengan menyimpulkannya dari bukti-bukit yang ada.

RUMAH SAKIT DI NOVA SCOTIA.

Dari Catatan yang dikirimkan Oleh Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat, Bupati Mamuju Bapak Drs. Suhardi Duka, MM ( Pa' SDK )  tertanggal 26 Nopember 2012 dari Nova Scotia Kanada beliau menuliskan Tentang Pelayanan Publik dalam tajuknya " Bayar Pajak Adil, Layanan Publik Juga Adil ".

Setelah pada Bagian (1) tulisan ini Pa SDK menceritrakan tentang Tenaga Media ( Perawat, Bidan ) dan Dokter maka pada bagian (2) yang merupakan satu rangkaian dari Bagian (1) secara bersambung ini Pa SDK menyampaikan tentang Rumah Sakit Di Bridge water Nova Scotia  menurut Beliau " Umumnya Rumah Sakit Di Kanada memiliki SOP ( standard operating prosedure ) yang sama ditentukan oleh Pemerintah Federal ( Pusat ) dan Pemerintah Lokal ( Daerah ), di Nova Scotia sebuah Rumah sakit mempunyai kelas ( ruang perawatan ) yang sama untuk semua orang, dengan memberlakukan standard pelayanan yang ketat  tak ada Ruangan  khusus ( Ruangan Kelas I,II atau III ) bagi pasien kelas bawah atau ruangan VIP, VVIP  bagi golongan menengah dan High Class di Negeri dimana Perdana Menteri memerintah.

Intinya pelayanan yang sama untuk setiap Orang pasien yang datang ke Rumah Sakit untuk berobat samarata sama-sama rasa tak ada perbedaan dalam pelayanan dilayani oleh Dokter, perawat dan bidan serta kamar yang sama, tak ada obat generik bagi orang kurang mampu atau obat patent bagi mereka yang berduit semua gratis  ( Adil Namanya )".

Pa SDK mengungkapkan ada tanya yang mungkin  muncul dibenak pembaca, apakah Kanada menganut sistem Liberal, mengingat pelayanan publik-nya yang adil dan samarata ? Jawabannya Tentu Saja Liberal karena Kanada adalah Negera yang menganut sistim liberal.

13545541631292291314

                       
Salah Satu Hotel di Nova Scotia Kanada( Foto From Google )

Pertanyaan kembali muncul ketika mengetahui bahwa Pelayanan Publik itu menganut paham samarasa semua memperoleh kesempatan dan pelayanan yang sama adil dan merata, mengapa bisa begitu ?
Ya..karena dalam membayar pajak juga adil dan pastinya merata untuk setiap Warga Negara.

Masyarakat Kanada sadar betul bagaimana pemtignya arti pajak bahwa bila mereka membayar pajak tepat waktu  dengan baik dan lancar maka akan mendapatkan pelayanan yang baik, tapi bila mereka tak membayar pajak niscaya mereka tak akan memperoleh pelayanan hal ini berlaku tentu untuk setiap Warga Negara  tanpa perbedaan tanpa pandang bulu.

Bagi Masyarakat Nova Scotia Kanada kewajiban membayar Pajak berkisar antara 20 sampai 30 pct setiap tahun berdasarkan tingkat penghasilan setiap warganya. Bagi kita di Indonesia presentasi yang diberlakukan untuk pejak penghasilan di Nova Scotia sangat tinggi,  dengan memotong 20 pct hingga 30 pct penghasilan, dengan asumsi atau contoh berikut ini " Bila Gaji seorang PNS Guru berinisial A hanya sekitar Rp. 2.000.000,- lalu dipotong untuk pajak sebesar 20 pct yang berarti 1/5 x Rp. 2.000.000,- = Rp. 400.000,- maka sisa yang akan diterima Oleh PNS Guru Berinisial A perbulan hanya Rp. 1.600.000,-( dalam catatan beliau menggunakan USD ).
1354596072930691311
     Lokasi Dalhousie Nova Scotia (  foto : otago.ac.nz )


Bagi Warga Negara Kanada yang sudah sejahtera potongan pajak sekitar 20% sampai dengan 30% bukanlah masalah dan wajar-wajat saja itu karena tingkat kesadaran mereka akan dampak yang akan diterima berupa pelayanan prima dari Pemerintah yang dananya bersumber dari pembayaran pajak. Public Servis ( Pelayanan maksimal ) yang didapatkan oleh Masyarakat mulai dari pelayanan standard air bersih sampai pada proteksi ( pencegahan )  terhadap komsumsi memiliki standard kesehatan yang tinggi. Masyarakat tentu tidak sia-sia membayar pajak tinggi.

Ada beberapa penggal kata dari catatan Pa SDK yang kami robah dan tambahi karena catatan Beliau sangat Ilmiah untuk komsumsi Majalah atau Media Cetak sedang kami menggunakan kata-kata yang sesuai dan cocok  untuk Blog.

BIDANG PEMERINTAHAN...

BERSAMBUNG.................

Sabtu, 01 Desember 2012

Selingan dari Catatan Pa SDK " Sekilas Kota Bridge Water Nova Scotia Kanada "


135437379635697393
Museum di Kota Bridge water ( foto : Bridgewater NS King Street Wikpedia )
Sebelum melanjutkan catatan Pa SDK dari Kanada dalam Misi Study Public Servis bagian (2) penulis mencoba mencari dari refrensi yang ada untuk melukiskan Kota Bridge water Provinsi Nova Scotia tempat dimana Pa SDK menjalani study tentang pelayanan Public, dengan keterbatasan imformasi yang ada sehingga artikel ini hanya sebagai pelengkap atau selingan.

Dari sumber yang Saya temukan dalam bahasa Inggris Kanada di google yang kemudian diterjemahkan Kota Bridge Water terletak di Wilayah Lunenburg County, Nova Scotia Kanada  data dari Wikipedia pada tahun 2011,  menunjukkan populasi penduduk Bridge water 8.241 jiwa, Provinsi Nova Scotia dilewati oleh sungai LaHave dan  Bridge Water  adalah kota terbesar di wilayah South Shore. Perlu diktahui  sebagian besar ekonomi Shore Selatan berasal dari sektor parawisata ,  Kota  Bridgewater lebih merupakan pusat komersial dan industri dan kurang menarik untuk turis dibanding bagian lainnya di Nova Scotia. Salah satu perusahaan  utama di Bridge Water adalah pabrik ban Michelin.

Kota Bridge Water sebagai Kota Percontohan dalam Pelayanan Publik di Kanada dibagi  dua oleh sungai LaHave, sebahaian besar wilayah daratan terletak di tepi barat sungai, Kota Bridge water membentang sepanjang Sungai Lehave yang didominasi oleh perbukitan yang mengarah ke Sungai, dengan ketinggian antara 5 meter dan tertinggi  110 meter dari permukaan laut, Lapangan Golf Olde Towne pada batas barat daya kota merupakan tempat tertinggi di Kota Bridge Water.


1354375501674282489
Bupati Mamuju Drs.H,Suhardi Duka, MM bersama 3 Bupati dari Indonesia dalam cuaca dingin di  Kanada.
Selanjutnya Sungai LaHave dilalui oleh dua jembatan di pusat kota, yaitu jembatan jalan raya dan jembatan dengan tinggi  103 kaki (bekas  persimpangan rel kereta api) menuju batas utara, disebutkan sebelumnya bahwa kota ini terbagi dua oleh Sungai LaHave. Tepi barat sungai adalah daerah pertama kali dikembangkan lebih dari 200 tahun yang lalu. Sampai saat ini bagian utara sungai adalah daerah terpadat  penduduknya dan merupakan jantung  bagi Bridgewater Industrial Park (di mana Michelin terletak) dan fasilitas umum  yang paling berarti lainnya. Tepi timur sungai adalah perkampungan, yang selama bertahun-tahun silam dihuni oleh para penebang dan tempat  penebangan kayu besar juga stasiun kereta api.

Perlu diketahui bahwa Iklim di Kota Bridge Water seperti halnya banyak Kota di Kanada bagian Timur beriklim lembab itu disebabkan karena daerah shore dimana Kota Bridge Water dekat ke Samudra Atlantik sehingga sangat mempengaruhi iklim setempat,  apalagi di saat musim dingin seperti sekarang ini udara sangat dingin dan lembab di Kota Bridge Water.

13545954692126460991
Two students walking through campus. With campuses located in the heart of ...
dal.ca Foto : Dalhausie University )

Pada umumnya  mendung ditandai  dengan seringnya hujan salju turun, namun pada musim-musim tertentu suhu udara menjadi panas yaitu sekitar bulan Maret    akibat dari  gelombang  panas dari Amerika Utara, suhu tertinggi  di Bridgewater mencapai 30 derajat Celcius pada musin panas.


Jadi kalau tak tahan dengan suhu dibawa nol derajat celisius jangan datang pada saat musim dingin seperti sekarang ini ***

Bersambung ke..CATATAN PA SDK DARI KANADA " Mission Study Public Servis Bagian (2)... 


CATATAN PA SDK DARI KANADA , Mission Study public Servis Bagian (1) Tenaga Medis

1354348881612309560


Diposting Oleh : Muhammad Nur OKT

Kisah Perjalanan Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Barat yang saat ini menjabat Bupati Mamuju Drs. H. Suhardi Duka ( Pa SDK ) mengikuti  Mission Study Pubic Servis  Canada  kalau di Indonesiakan secara harafiah artinya Beliau ke Kanada ( Membawa amanat dari Rakyat dan Pemerintah Republik Indonesia untuk menimba pelajaran dan pengalaman di Kanada terutama dalam bidang pelayanan masyarakat untuk kemudian yang baik dan bisa diterapkan di Daerah-Nya akan diterapkan, kemudian  yang tidak sesuai tentu akan dijadikan pengalaman dan disimpan sebagai arsip ), jadi bukan jalan-jalan biasa seperti yang kerap dilakukan oleh Orang-Orang yang berkelebihan Duit untuk dihambur-hamburkan.

Perlu diketahui bahwa dalam program mission study public servis hanya ada 5 Kepala Daerah di Indonesia  yang mendapatkan kesempatan langkah ini dari 300 lebih Bupati di Indonesia,  disamping Pa SDK dari Mamuju, ada Bupati Kutai Kartanegara ( Kukar ) Kalimantan Timur Ibu Rita Wydiaswari ( Beliau ini pernah Saya tulis di Kompasiana sebagai salah satu dari sembilam Wanita cantik  yang memimpin Daerah baik itu Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati ), selanjutnya  ada Bupati Banyuwangi Jawa Timur Abdullah Azwar Anas, Bupati Fakfak Papua Barat Mohammad Uswanas dan Bupati Solok Sumbar Syamsu Rahim.

Pa SDK berangkat meninggalkan Kota Mamuju melalui Bandara Tampapadang pada Hari Jum,at tanggal 16 Nopember 2012 sekitar jam 14.40 Wita menuju Kanada ( Dominion Of Canada ) Negara yang berbentuk Federasi yang terletak  paling utara di Amerika Utara terdiri dari 10 Provinsi dan 3 teritori dengan sistim disentralisasi dengan bentuk Pemerintahan Presidential parlementer,  Konstitusional yang terbentuk sejak tahun 1867 berdasarkan Undang-Undang Konfederasi, Ibukota Canada adalah Ottawa dimana  Perdana Menteri bermukim. Kanada digolongkan negara maju  ekonominya dimana penghasilan Negara   terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.yang bersumber dari Luas wilayah 9.970.610 kilometer persegi, merupakan Negera terluas di Amerika Utara, dan Pelayanan Public merupakan  prioritas yang terus di benahi dan ditingkatkan dari tahun ke Tahun. ( Data Wikipedia )

Pa SDK dalam perjalanan misinya di Canada menyempatkan diri untuk membuat catatan perjalanan , Beliau menulis tentang kegiatan yang dilakukan bersama para Bupati dan Walikota yang ikut serta dalam misi tersebut dan Beliau kirim ke Mamuju lewat email kepada Direktur Eksekutif Abd. Wahab Abdy, S.Sos, M.AP yang kemudian Saya rangkum dalam Catatan Perjalanan " Pa SDK, Souvenir From Study Mission In Canada ) secara bersambung.

  Bupati Mamuju Drs. H.Suhardi Duka,MM dan Walikota Bridge Water Nova Scotia kanada David W.

Dari Kota Bridge Water ( Provinsi  Nova Scotia Kanada ) tanggal 24 Nopember 2012   Bupati Mamuju Drs. H. Suhardi Duka, MM ( Pa SDK ) mengirim catatan pertemuannya dengan Walikota Bridge water Kanada David Walget pada tanggal 23 Nopember 2012.

                     
1354594957738370958
              "Here in Nova Scotia universities offer a variety of incentives.( ib.ednet.ns.ca )

TENAGA MEDIS PERAWAT, BIDAN DAN DOKTER 

Dalam Catatan Beliau berceritra tentang apa yang dilihat, didengar dan dirasakan selama mengikuti misi tersebut, menurut Pa SDK Di Kanada pelayanan terhadap masyarakat menjadi prioritas utama yang terus diupayakan oleh Pemerintah Kanada untuk ditingkatkan, salah satu pelayanan masyarakat yang maha penting dan menjadi salah satu aspek yang beliau amati di Provinsi Nova Scotia  adalah masalah Kesehatan yang menurut Beliau menjadi tanggungan  oleh Pemerintah Provinsi, federal dan Kota, dengan melakukan sharing ( berbagi ) pembiayaan pada tiga tingkatan Pemerintahan.

Pemerintah dalam hal ketiga tingkatan Pemerintahan mempunyai kewajiban membangun prasarana dan sarana kesehatan serta membangun rumah sakit penyediaan tenaga medis, serta menjamin ketersediaan dokter, tenaga medis tentu termasuk dokter disiapkan berdasarkan ratio jumlah Penduduk sesuai standard yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat ( Pemerintah Federal ) dengan mengacu pada standard pelayanan minimun.

Mari kita simak contoh kongkrit yang Pa SDK jelaskan dalam catatannya  " Bila dalam satu Daerah membtuhkan perawat dalam kurun waktu tertentu cuma 2.000 ( dua ribu ) orang dan sudah terpenuhi maka untuk kurun waktu tertentu Sekolah yang menelourkan tenaga medis tersebut ditutup dalam kurun waktu tertentu pula  dengan kata lain tidak menerima siswa tenaga medis baru lagi.Begitu pula dengan tenaga medis lainnya, Bidan umpamanya. Perencanaan yang dibuat Pemerintah Kanada sudah terintegrasi mulai dari hilir hingga kehulu, Sekolah Pendidikan kejuruan dibuka berdasarkan kebutuhan dengan begitu semua lulusan dari Lembaga Pendidikan terserap oleh lapangan kerja yang memang tersedia untuk mereka.

Menurut Pa SDK, Sebagaimana di Indonesia di Kanada Tenaga Medis Perawat dan Bidan diangkat dengan status Pegawai Negeri. Berbeda dengan perawat dan bidan tenaga Dokter bukan Pegawai Negeri tapi pekerja ( Tenaga Kerja ) di Rumah Sakit dan sarana kesehatan di Kanada tentu dengan aturan yang berbeda dengan Perawat dan Bidan yang Pegawai Negeri.

Bersambung......